√Sajian Komplit dari Kota Surabaya
Header catatantirta.com

Sajian Komplit dari Kota Surabaya


Bandeng Asap, Sambal Kecap, Capcay sayur, dan Sambal Bu Rudy
Ikan bandeng asap khas Surabaya menjadi menu utama siang ini. Ditemani capcay sayur warna-warni penu sensasi. Lalu sebagai pelengkap cita rasa berdiri sambal bu Rudy yang super pedas. Perpaduan masakan yang sedap dan menggugah selera hingga sepiring nasi ludes dengan cepat.

Bandeng asap merupakan satu diantara jajaran makanan khas kota Surabaya yang bisa dijadikan buah tangan. Bandeng asap ini dibuat dari ikan bandeng utuh dengan berbagai ukuran. Para pedagang menjualnya dengan digantung berjajar di depan lapak mereka. Harganya bervariasi disesuaikan dengan berat ikan bandeng. Ketahanan bandeng asap bisa mencapai 3 hari pada suhu ruangan. Apabila di dalam kulkas bisa sampai satu minggu.

Penyajian bandeng asap dapat dengan di kukus atau dibakar agar hangat dan lebih nikmat. Pelengkap bawaan dari bandeng asap ini berupa sambal kecap pedas manis. Apabila kurang menyukai sambal kecap, maka dapat diganti dengan sambal lain sesuai selera.
Bandeng Asap, Sedap dan Nikmat

Kali ini bandeng asap bersanding cantik dengan sambal bu Rudy yang melegenda. Sambal bu Rudy merupakan oleh-oleh andalan khas dan utama dari kota Surabaya. Rasanya belum puas jika tidak membawa pulang sambal bu Rudy setelah menginjakkan kaki di kota Surabaya. Bagi para pecinta pedas, sambal bu Rudy menjadi oleh-oleh wajib dan harus dicoba. Tekstur sambal bu Rudy tidak kasar dan tidak terlalu halus. Masih terlihat gerombolan biji cabai yang berdesakan diantara minyak dan rempah lainnya.

Sebagai menu penunjang, semangkuk capcay aneka sayuran duduk menemani bandeng asap dan sambal bu Rudy. Capcay kuah diracik dari bermacam sayuran segar yaitu wortel, jagung muda, buncis, brokoli, kembang kol, kubis, dan  sawi putih. Ditambah potongan tomat sebagai toping penyeimbang tampilan yang sekaligus bisa dimakan.

Menu makan siang ini menciptakan sensasi rasa yang lengkap. Asin, manis, pedas, dan gurih menyatu dalam setiap suapan.
Bersyukur atas segala nimat yang telah Engkau berikan. Wahai zat yang Maha Memberi.



#RuangMenulis
#KulinerSurabaya
#Odopfor99days31Maret2018


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta