√Rahasia Gerak Tariku
Header catatantirta.com

Rahasia Gerak Tariku



 
Ini Gayaku Menari Suka-Suka. Mana Gayamu ?
Betapa setiap yang dilihatnya selalu membekas. Meski awalnya hanya menatap, bahkan tidak menunjukkan respon ketertarikan. Nyatanya gadis balita ini mampu mengeksplore setiap hal yang ia dapat. Usianya kini menginjak 4 tahun. Masa dimana anak masih belum nampak bakat apa yang dimiliki.
Lalu bagaimana mengetahui potensi bakat yang dimiliki anak?

Saya sendiri masih menggali dan mencari keunikan yang ada pada diri putri kecil yang semakin lincah ini. Kata "unik" disini bisa diartikan dengan suka. Karena seringkali bakat ada kaitannya dengan kesukaan atau hobi.

Perjalanan saya mencari bakat anak salah satunya yaitu dengan mengenalkan berbagai aktifitas atau biasa disebut tour talent. Bermacam kegiatan saya kenalkan pada anak melalui permainan dan aktifitas harian. Nah, salah satunya tour talent yang saya berikan yaitu aktifitas menari.

Melihat energinya yang terus melimpah, saya selalu mencari kegiatan untuk menyalurkan energinya tersebut. Pengenalan tentang menari saya berikan melalui beberapa video berisi lagu dan tarian, acara menari di televisi, serta video menari dari seseorang yang ia kenal. Ketika aktifitas ini berlangsung, ia terlihat biasa saja. Tidak ada gerak tubuh yang ditunjukkan untuk mengikuti gerakan yang ia lihat. Hanya beberapa komentar yang muncul dari bibir mungilnya.

"Kakak pintar menarinya ya, Ma"
"Itu yang dipakai di kepala namanya apa?"
"Kakaknya cantik ya, Ma"

Hanya rangkaian kalimat yang menjadi timbal balik dari apa yang dilihatnya. Saya sempat berpikir mungkin anak ini tidak tertarik dengan dunia seni tari. Namun betapa terkejutnya saya ketika diperlihatkan penampilannya yang luar biasa. Dia berpose dengan menggerakkan kaki, tangan, serta jari-jari tangannya seperti penari. Dengan senyum ceria melengkuk-lengkukkan kaki, tangan serta tubuhnya. Bergerak naik dan turun serta berputar. Lebih memukau lagi ketika ia meminta dipakaikan sebuah pita di kepalanya. Kemudian mengambil kipas sebagai pelengkap menari.

Disetiap gerak tubuhnya mirip dengan beberapa gerak tari yang sering dilihatnya. Bahkan ada gerakan mata ke sudut kanan dan kiri layaknya penari Bali. Saya terpesona dengan pemandangan ini. Segera menggapai gadget dan mengabadikannya. Tak lupa memberinya award berupa tepuk tangan, senyum lebar, kata-kata pujian, serta pelukan hangat.

Sungguh saya semakin paham bahwa apapun yang dilihat dan didengar anak mudah sekali terekam di pikirannya. Ini menjadi catatan bagi saya pribadi untuk lebih berhati-hati dan  memberi batasan terkait apapun yang boleh dan belum boleh didapatkan anak. Hal ini sebagai salah satu tugas saya sebagai orangtua yang telah diamanahi anak yang unik.

Teruslah melanjutkan pencarianmu, Nak. Temukan kesukaan dan bakatmu. Kami sebagai orang tua hanya memfasilitasi, mengarahkan, dan memotivasi. Semua pilihan sepenuhnya ada padamu.
Semoga banyak ilmu bermanfaat yang kami berikan sebagai bekal hidupmu kelak.







#RuangMenulis
#MenariSuka-suka
#Odopfor99days14Maret18

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta