√Menemukan Bakat Sebagai Tahapan Menuju Bunda Produktif
Header catatantirta.com

Menemukan Bakat Sebagai Tahapan Menuju Bunda Produktif



Awal Maret 2018 menjadi pekan ketujuh saya bergabung dikelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch5 Bekasi2. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, ada tugas yang diberikan agar kami ( saya ) semakin memahami peran dalam kehidupan. Melakukan apa yang telah direncanakan secara konsisten dan bersungguh-sungguh agar mendapat hasil yang membahagiakan. Menemukan keunggulan yang dimiliki agar semakin bertumbuh menjadi individu, istri dan ibu yang profesional.

Nice home work tujuh ( NHW#7 ) memberikan materi tentang tahapan menuju bunda produtif. Tahapan pertama untuk mencapai bunda produktif  yaitu melalui potensi bakat. Institut Ibu Profesional memberikan rujukan untuk menggunakan situs www.temubakat.com sebagai media untuk mengetahui potensi bakat yang dimiliki. Dengan mengisi questioner dalam web yang diciptakan oleh Abah Rama Royani tersebut, maka akan muncul potensi atau kemampuan diri yang mengarah pada sebuah bakat.

Ketika hasil dari tes pemetaan bakat dari situs terlampirkan, maka baca baik-baik. Jangan dulu mempercayai hasilnya 100%, karena belum tentu sesuai dengan apa yang ada pada diri. Cermati dan rasakan hasil yang telah diberikan dari tes temu bakat tersebut.
Saya telah mencobanya dan berikut hasil dari tes bakat yang dikeluarkan oleh situs temubakat.com:

Penjabaran bakat dari tes tersebut mewakili 85% yang ada pada diri saya. Cukup memuaskan dan menjadi pembangkit semangat saya dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Mencermati dan memahami tes bakat yang terlampir membuat saya semakin yakin tentang potensi yang saya miliki. Saya memang senang berbagi dalam bentuk apapun. Baik materi maupun nonmateri. Saya senang berteman dengan siapa pun. Bahagia ketika memberikan manfaat bagi oranglain. Terutama berbagi ilmu kebaikan yang bisa dipakai sepanjang hayat. Berlimpah manfaat dan pahala yang mengalir dari apa yang telah saya bagi.

Hasil Tes Bakat di www.temubakat.com
Sebagai unsur tambahan tentang tahapan menuju bunda produktif, saya membuat kuadran aktifitas yang berisi Bisa, Suka, Tidak bisa, Tidak suka.
Kuadran Aktifitas Harian
BISA
TIDAK BISA



SUKA
- Memasak
- Menyapu
- Mencuci pakaian
- Menjemur pakaian
- Berkebun
- Menyetrika pakaian
- Menyiapkan keperluan suami
- Menyiapkan keperluan anak
- Menulis fiksi dan nofiksi
- Membaca buku fiksi dan nofiksi
- Bermain sambil belajar bersama anak
- Mengajar diluar rumah / tempat formal
- Olahraga
TIDAK
SUKA
- Mencuci piring
- Mengepel lantai
- Membersihkan selokan
- Membersihkan kamar mandi
- Membersihkan sarang laba-laba


Meski ada aktifitas yang bisa tetapi tidak suka saya kerjakan, namun tidak menjadikan saya mengabaikan aktifitas tersebut. Saya tetap melakukannya karena ada yang memang telah menjadi kewajiban saya sebagai seorang istri. Saya akan terus berusaha produktif setiap kali menjalankan peran dalam rumahtangga. Sedangkan untuk aktifitras lain yang saya tidak suka padahal bisa saya kerjakan, saya bekerjasama dengan suami menjadi tim yang solid. Saling membantu dalam menyelesaikan kegiatan sehingga meminimalisir aktifitas yang terbengkalai.




Sumber:
~ Materi Matrikulasi Institut Ibu Profesional NHW7
~ Situs www.temubakat.com




#NHW7
#KelasMatrikulasiBekasiIIPBekasi2
#Day7
#KuliahMatrikulasiBatch5
#TahapanMenujuBundaProduktif
#RuangMenulis
#Odopfor99days10Maret18




Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta