√Warna Warni Bermain Kolase
Header catatantirta.com

Warna Warni Bermain Kolase

Bermain Kolase


Berhubung cuaca sedang gerimis - gerimis cantik, saya mengupayakan agara anak betah di dalam rumah. Mengingat anak balita yang energinya tidak pernah habis, saya memutar otak agar anak senang berlama - lama di rumah. Saya selalu coba memperkenalkan bermacam permainan menarik dan edukatif. Kali ini pilihan saya jatuh kolase sebagai permainan edukatif  yang menyenangkan.

Dikutip dari Wikipedia ( https://id.wikipedia.org/wiki/Kolase ), Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar. Kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan. Selama bahan tersebut dapat dipadukan dengan bahan dasar, akan menjadi karya seni kolase yang dapat mewakili perasaan estetis orang yang membuatnya.

Secara garis besar, kolase merupakan seni menempel potongan - potongan bahan ke dalam media gambar yang telah disediakan. Nah, proses menempel ini memerlukan daya imajinasi yang cukup tinggi. Ketelitian, kerapihan, dan tata letak potongan yang pas menjadikan seni kolase hidup dan indah.
 
Kolase merupakan permainan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dengan bermain kolase, mampu melatih kemampuan motorik anak dan anak juga diajak untuk berkreasi. Selain itu, daya imajinasinya pun dapat diasah bersamaan dengan berlatih menggambar dan mewarnai.
 
Wah, cukup lengkapkan ?
"Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui".
Satu permainan menyajikan banyak manfaat. Begitulah yang saya harapkan dari permainan kolase ini.

Sebagai modal dasar, saya menggunakan bahan dan alat yang tersedia di rumah.

                                                                Bahan - bahan :

                                                               ~ Buku
                                                               ~ Pensil warna dan krayon
                                                               ~ Buku gambar




                                                                  Alat :

                                                                 ~ Gunting
                                                                 ~ Lem kertas



Mula - mula ajak anak untuk membuat bermacam warna pada buku tulis. Biarkan anak menuangkan warna - warni pensil warna atau krayon pada buku yang telah disediakan.
Proses mewarnai ini melatih anak untuk mengenal warna, melatih motorik halus, dan melatih ketangkasan jari tangan.
 
Setelah warna yang dihasilkan cukup banyak, bantu anak untuk menggunting kertas menjadi potongan - potongan kecil. Polanya boleh beraturan atau bentuk apapun sesuai selera. Letakkan potongan - potongan kertas warna pada sebuah wadah agar tidak berserakan.
Kemudian bantu anak untuk membuat sketsa atau gambar yang akan dijadikan sebagai model dasar kolase. Pada kesempatan ini saya menggambar seekor ikan ( lebih mudah dan sederhana ).
 
Tahap terakhir yaitu menempelkan potongan - potongan kertas pada gambar yang telah siap dengan menggunakan lem kertas.
Beri kebebasan sepenuhnya pada anak untuk menentukan warna yang akan ditempel. Ini berguna agar anak berkreasi dan mengembangkan daya imajinasinya. Proses menempel tanpa campur tangan ini juga mengasah ketekunan dan rasa percaya diri pada anak.
Biarkan anak menuangkan imajinasi dan kreatifitasnya.

Meski memakan waktu dan energi yang cukup lama, permainan kolase ini kaya manfaat serta bisa menjadi alternatif kebersamaan yang menyenangkan.

Selamat mencoba.
Mengalirkan kreatifitas




#BermainKolase
#RuangMenulis
#Odopfor99days8Feb18  

  

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta