√Ayo Ke Perpustakaan Umum
Header catatantirta.com

Ayo Ke Perpustakaan Umum



Perpustakaan Umum Cabang Kab. Bekasi


Bagi warga Cikarang, Cibitung, dan sekitarnya, sudah tahukah keberadaan "Perpustakaan Umum cabang Kabupaten Bekasi ?
Kalau belum, yuk simak ulasan di bawah ini.

Perpustakaan Umum cabang kabupaten Bekasi atau yang lebih familiar dengan sebutan Perpustakaan Cikarang. Beralamat di Jl. Gatot Subroto No.5, Karangasih, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17530.
Lebih mudahnya yaitu di belakang Stasiun Cikarang atau sebelah timur Polsek Cikarang. Lokasinya cukup terjangkau dengan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Bagi yang tinggal di wilayah Tambun, Bekasi dan sekitarnya, bisa menggunakan KRL yang sekarang telah beroperasi.
Meja pustakawan tempat mengisi daftar hadir, meminjam, dan mengembalikan buku
Ruang referensi, hanya untuk dibaca, tidak boleh pinjam / bawa pulang

Perpustakaan umum Cikarang ini, normalnya beroperasi setiap hari Senin - Jum'at dari pukul 07:30 WIB hingga pukul 15:30 WIB. Namun berdasarkan saran dan kritik dari para pengunjung dan pemustaka ( peminjam buku ), tim pustakawan akhirnya memperpanjang waktu operasional hingga pukul 19:00 WIB.  Rencananya juga akan ada hari operasional tambahan yaitu di hari sabtu dan minggu. Hal ini sedang diupayakan oleh tim pustakawan karena banyak pengunjung yang mengusulkannya akhir pekan agar tetap beroperasi.
Kotak kritik dan saran
Papan informasi



















Petugas perpustakaan atau pustakawan berjumlah 12 orang. Enam orang bertugas di perpustakaan dan enam orang yang lain bertugas di perpustakaan keliling ( pusling ). Ada 2 mobil operasional yang digunakan sebagai sarana pendukung perpustakaan keliling. Operasional perpustakaan keliling terjadwal ke sekolah - sekolah. Selain itu jika ada organisasi kemasyarakatan yang ingin mengundang perpustakaan keliling, maka bisa melakukan pengajuan untuk mengundangnya tim pusling.

Bapak. Sandi, seorang pustawakan

Perpustakaan ini menjadi salah satu tempat referensi para pelajar, guru, mahasiswa dan masayarakat umum. Bahkan bisa menjadi destinasi edukasi bagi keluarga. Pelajar dari tingkat kanak - kanak, sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dan para mahasiswa memanfaatkan perpustakaan untuk mencari buku - buku referensi tambahan yang menunjang proses belajar mereka. Selain para pelajar, ada juga guru dan banyak masyarakat umum yang berkunjung untuk menambah bacaan mereka.

Berdasarkan penuturan dari Bapak. Sandi, salah satu pustakawan di perpustakaan umum cikarang ini, jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan terus meningkat setiap tahunnya. Mulai dari 50 orang pada tahun 2015, hingga kini  rata - rata mencapai 100 orang setiap harinya di tahun 2017. Jumlah yang cukup menggembirakan dan menandakan bahwa minat baca warga ternyata makin bagus. Semua ini tidak lepas dari hasil inovasi dan perbaikan fasilitas yang dilakukan terus menerus oleh tim pustakawan dan pemerintah kabupaten Bekasi.


Perpustakaan umum cikarang memberikan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi para pengunjungnya. Fasilitas yang cukup mendukung juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung atau pemustaka. 
Diantara fasilitas tersebut yaitu:
1. Kartu anggota
Perpustakaan menyediakan fasilitas kartu anggota sebagai media pinjam buku. Pembuatannya  tanpa biaya / gratis. Cukup dengan menyerahkan fotokopi identittas diri ( kartu pelajar, kartu mahasiswa, KTP ) dan pas foto ukuran 2x3 atau 4x6. Setelah data diri di input oleh petugas, kemudian cetak kartu sekitar 1 bulan. Dengan kartu ini, pengunjung sudah terdaftar sebagai anggota perpustakaan dan kartu dapat digunakan untuk meminjam buku. Lama peminjaman buku yaitu satu minggu semenjak buku dipinjam.

2. Lantai beralaskan karpet halus dan bersih
Seluruh ruangan perpustakaan beralaskan karpet yang halus dan bersih. Hal ini membuat pengunjung lebih nyaman dan bisa duduk di lantai sambil membaca buku atau sekedar berisitrahat ketika sedang mencari buku.
Ruang diskusi
Rak sepatu dan sandal

3. Rak sepatu dan penitipan tas
Perpustakaan menyediakan rak sepatu atau sandal bagi pengunjung agar tidak berserakan di luar pintu. Selain itu juga ada tempat penitipan tas dengan nomor rak yang telah disediakan petugas.

4. Papan informasi
Sebuah papan white board berdiri di sisi kanan pintu masuk. Bentuknya mirip majalah dinding. Papan ini berisi informasi terkait perpustakaan. Ada diagram peningkatan jumlah pengunjung, dokumentasi kegiatan perpusakaan, dan contoh surat pengajuan tour edukasi di perpustakaan.

5. Meja pustakawaan
Sebuah meja mirip resepsionis ini berdiri tepat di sebelah pintu masuk. Fungsinya sebagai tempat pengisian absen pemustaka dan transaksi pinjam-balik buku.

6. Kotak saran dan kritik
Kotak saran dan kritik ini cukup sederhana. Terletak di samping meja pustakawan. Kotak ini bertujuan untuk menampung saran dan kritik dari para pemustaka demi kemajuan perpusakaan.
Charging area untuk menambah batere Hp atau laptop
Rak tempat tabloid dan majalah



















7. Charging Area
Beberapa kotak berisi panel untuk mengisi batere handphone atau laptop juga disediakan di perpustakaan. Letaknya di sudut pintu sebelum ruang baca anak. Tetapi selain di sana, masih ada beberap titik charging yang bisa digunakan secara fleksibel.  

8. Meja dan kursi baca
Penyediaan meja dan kursi baca cukup banyak. Terdapat meja panjang dengan barisan kursi yang mengelilinya. Meja kursi ini biasanya digunakan para pelajar yang sedang diskusi atau belajar kelompok. Ada juga sepasang meja dan kursi di tepi jendela bagi pengunjung yang ingin fokus membaca sendirian. Satu lagi ada meja dan kursi bulat yang unik di ruang anak. Semuanya bebas dipilih oleh pengunjung.
Meja panjang dikelilingi banyak kursi

9. Pendingin udara
Sebagai pendukung kenyamanan pengunjung, perpustakaan juga dilengkapi dengan pendingin ruangan / AC dibeberapa titik. Pengunjung akan lebih betah berlama - lama karena suhu ruangan yang cukup sejuk.

10. Rak majalah
Perpustaakan umum ini juga menyediakan bacaan ringan berupa majalah atau tabloid. Kesemuanya disusun pada sebuah rak yang mudah dilihat oleh para pengunjung.
Rak buku berjajar memenuhi ruang perpustakaan

11. Rak / lemari buku
Buku - buku di perpustakaan ini disusun pada rak dan lemari yang cukup memadai dengan tata letak yang mudah dijangkau. Ada keterangan jenis buku di rak bagian atas. Hal ini mempermudah ketika pemustaka mencari jenis buku yang diinginkan.

12. Free Wifi
Perpustakaan umum ini ternyata punya akses wifi, loh. Lagi - lagi semuanya gratis. Para pengunjung dapat memanfaatkan jaringan wifi untuk membantu mencari referensi lain di media online.
Ruang baca anak unik dan nyaman

Ruang theater untuk menonton film edukasi

Ruang referensi berisi kamus, naskah, dan ensiklopedia

13. Ruang perpustakaan
Perpustakaan umum cikarang menyediakan beberapa ruangan.
a. Ruang baca umum
Ruangan ini terbentang luas diantara barisan rak buku. Para pemustaka bebas duduk dimanapun selama tidak mengganggu pemustaka lain.
b. Ruang  Diskusi
Ada ruang yang diperuntukkan bagi pemustaka yang akan berdiskusi bersama kelompoknya. Ruangan ini sengaja dipisahkan demi menjaga ketenangan pengunjung lain sehingga tetap fokus ketika membaca.
c. Ruang referensi
Ruang referensi ini dibuat khusus untuk menyimpan buku - buku yang tidak dapat dipinjam / dibawa pulang. Sengaja dibuat karena ada buku - buku yang memang hanya boleh dibaca di perpustakaan. Ini karena jumlahnya terbatas dan harganya mahal. Contohya peta, ensiklopedia, atau naskah - naskah khusus.


Area parkir cukup luas
 
Ruang baca anak favorit semua pengunjung

d. Ruang baca anak
Ruangan ini patut diacungi jempol. Keberadaannya menjadi daya arik tersendiri bagi para pengunjung khususnya anak - anak. Dinding ruangan didekorasi dengan bermacam bentuk yang mencerminkan dunia anak. Meja dan kursi berbentuk bulat menambah daya pikat siapapun yang menyambanginya. Bahkan selain anak - anak pun tertarik untuk menggunakan ruangan anak tersebut. Ruang baca anak menyediakan berbagai buku anak yang didominasi buku bergambar. Wadah bukunya pun berbentuk rak susun belakang yang mudah dijangkau anak - anak.
e. Ruang theater
Kelebihan lain dari perpustakaan umum ini yaitu adanya ruang teater. Ruangan ini bisa digunakan untuk menonton film edukasi ataupun seminar kecil bagi para pengunjung. Dengan layar besar di tengah depan, ruangan ini mampu menampung sekitar 100 orang.
14. Parkir
Fasilitas parkir untuk para pengunjung berada di samping gedung perpustakaan dan areanya cukup luas.

Banyak sekali fasilitas pendukung yang telah disedikan oleh perpustakaan. Kesemuanya sebagai daya tarik pengunjung dan untuk meningkatkan minat baca warga. Semua fasilitas tersebut diberikan secara cuma - cuma alias gratis. Mulai dari pembuatan kartu, peminjaman buku, akses wifi dan kendaraan semuanya gratis.
Pelajar kelas 3, SMP N 1 Cikarang Utara.Dari kiri ke kanan : Emong, Razi, Rani, Indah, Chen-Chen, Ela, Maisya, dan Deby.

Kenyaman perpustakaan ini sangat dirasakan oleh banyak pengunjung. Salah satunya disampaikan oleh sekelompok pelajar kelas 3 dari SMP N 1 Cikarang Utara ini. Mereka datang ke perpustakaan setelah jam sekolah selesai. Tujuannya yaitu ingin mencari buku kumpulan soal atau try out ujian nasional tingkat SMP/ SLTP. Berdasarkan penuturan mereka, suasana perpustakaan yang nyaman dan ketersediaan buku yang memadai membuat mereka senang berkunjung dan berlama - lama di perpustakaan.
Anak - anak senang ke Perpustakaan

Selain sebagai rumah sumber segala ilmu, perpustakaan juga bisa dijadikan wahana rekreasi bagi keluarga. Mengenalkan budaya membaca kepada anak - anak sejak mereka masih kecil.
Menciptakan generasi penerus yang cinta buku, cinta baca, dan cinta ilmu.

Nah, di atas beberpa ulasan tentang perpustakaan umum Cikarang cabang kabupaten Bekasi. Dengan fasilitas yang memadai menciptakan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengunjungnya.

Jadi, ayo ke perpustakaan umum.
Generasi penerus cinta buku dan ilmu




Sumber:
~ Wawancara bersama Bapak. Sandi, salah seorang pustakawan di perpustakaan umun Cikarang
~ Wawancara bersama pelajar kelas 3 SMP N 1 Cikarang Utara
~ Dokumentasi pribadi







#RuangMenulis
#Odopfor99days15Feb18

2 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. di perpusnya ada ruangan mushollahny ga ya?

    BalasHapus
  2. Lokasinya masih di samping polsek kah ? Soalnya sy lihat di google maps, samping polsek itu taman kanak-kanak.

    BalasHapus