√Wedang Ronde Kaya Manfaat
Header catatantirta.com

Wedang Ronde Kaya Manfaat



Wedang Ronde

Wedang Ronde.
Awalnya tidak begitu tertarik dengan kuliner yang satu ini. Hanya  melihatnya sekilas dan berlalu setiap kali melewatinya. Namun, berhubung malam agak dingin dan baru saja selesai sinoman, pak suami mengajak mampir ke kedai wedang ronde. Sebuah gerobak sederhana dikelilingi mangkok dan gelas berukuran kecil. Seorang pedagang paruh baya menjajakan wedang ronde di sebrang pintu gerbang komplek. Kami pun tertarik untuk mencicipinya.

Menurut Wikipedia, Ronde merupakan makanan tradisional dari dataran China dengan nama Tangyuan. Makanan ini biasa disajikan ketika ada perkumpulan keluarga seperti pesta pernikahan dan lain - lain. Ronde terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan sedikit air dan dibentuk bulat kecil maupun besar. Ada yang diberi isi, ada pula tanpa isian. Isiannya bisa berupa wijen atau kacang. Bulatan - bulatan itu kemudian di rebus dan disajikan dengan kuah manis.

Perpaduan Komplit Wedang Ronde
Setelah memesan satu porsi wedang ronde, saya memerhatikan si penjual. Pelayanan yang gesit dan ramah menjadi nilai tambah yang diberikan kepada konsumennya. Dalam sekejap, wedang ronde telah siap untuk dinikmati. Ronde tersebut berkuah jahe hangat yang segar. Aroma jahe membuat hidung terasa lega. Bola - bola ronde dibuat warna - warni dan berisi kacang tanah yang ditumbuk kasar. Sebagai pelengkap, ronde yang telah diberi kuah jahe diberi potongan roti tawar, kolang - kaling, agar - agar, susu kental manis, dan kacang tanah.

Wedang ronde ini, paling tepat dinikmati dalam kondisi masih hangat. Kepulan aroma jahe memberi efek menyegarkan ketika dihirup. Saat kuah jahe menempel di lidah kemudian mengalir ke tenggorokan, meninggalkan rasa hangat hingga badan terasa bertenaga. Tekstur ronde lembut di luar dan agak kenyal. Ketika di gigit memberi kejutan rasa kacang yang gurih. Hangat dan gurih, menjadi perpaduan spesial yang memanjakan lidah.

Kandungan jahe dan susu pada wedang ronde menghasilkan beberapa manfaat. Diantaranya yaitu :

~        Menghangatkan badan
Kuah ronde yang terbuat dari jahe memberi sensasi hangat dan bisa meningkatkan sushu tubuh. Ini membuat tubuh menjadi lebih hangat dan segar.
~        Meringankan sakit tenggorokan
Meminum air jahe hangat membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan sehingga bisa meringankan sakit tenggorokan.
~        Menambah stamina tubuh
Efek hangat yang didapat dari wedang ronde menciptakan semangat hingga tubuh jadi segar dan stamina tubuh meningkat.
~        Mencegah masuk angin
Ketika cuaca dingin, tubuh lebih sensitif terkena masuk angin. Dengan mengonsumsi wedang ronde kuah jahe, tubuh menjadi hangat dan terhindar dari masuk angin.
~        Menurunkan Kolesterol dalam tubuh
Kandungan jahe dalam wedang ronde mampu meluruhkan kadar kolesterol dalam tubuh. Wedang ronde bisa diminum setelah makan gorengan dan makanan berlemak lain yang menjadi sumber kolesterol.
~        Meringankan rasa mual dan sakit kepala
Dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Center, diketahui bahwa kandungan di dalam jahe bisa mengatasi rasa mual dan meringankan sakit kepala.
~        Meningkatkan daya tahan tubuh
Jahe merupakan tanaman herbal kaya vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
 


Mengacu dari beberapa manfaat di atas, wedang ronde sangat cocok dikonsumsi ketika cuaca dingin atau musim penghujan.
Kuliner nusantara ini bisa menjadi alternatif menu pendamping yang enak dan bermanfaat bagi tubuh.

Selamat mencoba.


#KulinerNusantara
#WedangRonde
#RuangMenulis
#WritingTresnoJalaranSokoKulino
#Odopfor99days9Jan18

2 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. Mbak itu wedang rondenya warna pink, aju baru tau loh. Ada yg pink.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya Bening kecokelatan khas wedang jahe. Kayaknya terkontaminasi dari kolang - kalingnya jadi agak pink., Hehehehe

      Hapus