√Sambal Goreng Kentang Favorit Keluarga
Header catatantirta.com

Sambal Goreng Kentang Favorit Keluarga




Sambal Goreng Kentang

 " Ma, hari ini masak apa ?" Kucium punggung tangan mama seraya melirik ke arah meja makan.
" Masakan favorit anak mama yang kedua," Jawabnya menahan senyum.
Kembali kupeluk tubuhnya, masih ada wangi bumbu masakan di sana. Wajah semringahnya merekah seiring sorak sorai dari bibirku. Sambal goreng kentang, masakan sederhana kesukaanku juga seluruh isi rumah. Seorang ibu memang paling mengerti anak - anaknya. Mulai dari hal kecil hingga cita - cita para penerusnya. Aku beruntung punya mama seperti beliau. Wanita sederhana, lembut, dan penyabar. Jarang sekali ada kata - kata kasar keluar dari mulutnya.

Setiap kali pulang sekolah, mama selalu menyuruh anaknya untuk ganti baju lalu makan. Hidangan sederhana ala rumahan siap disantap oleh putra putrinya. Hasil olahan dari tangannya jarang sekali tersisa di hari berikutnya. Apapun yang dimasak oleh mama pasti ludes disambar semua penghuni rumah. Apalagi jika masakan itu adalah masakan favorit keluarga, sudah dijamin akan dilahap tanpa bekas. Masakan mama selalu juara bagi seluruh anggota keluarga.

Sambal goreng kentang atau ada yang menyebutnya kentang balado merupakan menu andalan keluarga kami. Semua anggota keluarga menyukainya sehingga mama sering kali membuat masakan ini. Cara membuatnya cukup mudah dan cepat. Kentang dikupas dan diiris kotak - kotak  kemudian digoreng dan ditiriskan. Lalu tumis bumbu yang telah disiapkan hingga wangi, tambahkan sedikit air dan masukkan kentang yang telah di goreng tadi. Aduk - aduk hingga kentang dan bumbu menyatu. Diamkan beberapa saat agar bumbu meresap ke dalam kentang dan masakan siap disantap.

Sejatinya banyak campuran yang bisa dikombinasikan ketika membuat sambal goreng kentang. Ati dan ampela ayam serta petai biasanya menjadi pilihan yang bisa dijadikan sebagai pelengkap pada pembuatan sambal goreng kentang. Namun, mama lebih sering memasaknya tanpa mengajak semua pilihan tersebut. Alasannya sederhana, karena diantara kami tidak suka dengan pilihan kombinasi itu. Kami lebih senang dan lahap jika sambal goreng kentang dimasak original tanpa campuran. Rasanya lebih mengena pada khas kentangnya dan itu adalah favorit kami.

Meskipun kentang sudah mengandung cukup karbo, tetapi keluarga kami menyantapnya bersama nasi putih dan lauk pelengkap lainnya. Rasanya yang sedap dan menggugah selera menjadi pemicu nafsu makan semua orang. Bahkan sering kali sambal goreng kentang dimakan tanpa nasi juga tanpa lauk atau istilah kerennya digadoin. Ya, itu menjadi salah satu kegemaranku jika mama menyajikan menu spesial kesukaan keluarga, sambal goreng kentang yang dimasak dengan penuh cinta. Cinta seorang mama untuk seluruh keluarga.

Kini, setelah ke luar dari rumah dan telah hidup mandiri, aku mencoba membuat masakan favoritku itu. Namun, rasanya berbeda dari yang biasa mama buat. Padahal aku sudah mengikuti resep dan petunjuk olah yang diajarkan langsung dari mama. Ada kemiripan rasa ketika aku membuatnya sendiri, tetapi hasil tangan mama lebih sedap dibanding buatanku. Entah kenapa bisa begitu, mungkin butuh usaha lebih keras untuk menandingi kehebatan masakan mama. Atau mungkin aku tidak akan pernah bisa menyaingi masakan beliau yang selalu sedap dan nikmat.



#RuangMenulis
#WritingTresnoJalaranSokoKulino
#IbuBagian02

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta