√Manfaat Boneka Bagi Anak
Header catatantirta.com

Manfaat Boneka Bagi Anak


Hai., Ini Boneka ku



Boneka. Bentuk - bentuk lucu dan menggemaskan serta teksturnya yang lembut dan empuk membuat anak - anak tertarik dan ingin memilikinya. Bukan hanya anak - anak, bahkan orang dewasa juga banyak yang menyukainya. Mulai dari karakter binatang, buah - buahan, hingga tokoh kartun tersedia dalam bentuk boneka. Untuk mendapatkannya pun sekarang sangat mudah. Pembeliannya bisa datang langsung ke toko dan bisa juga membeli dengan system online. Sangat mudah didapat dengan harga yang bervariasi. Setiap boneka dibandrol berdasarkan ukuran, bentuk, tekstur dan bahan dasar dari boneka tersebut. 

Sebagai orang tua, baik yang mempunyai anak perempuan maupun laki - laki sangat gemar memberikan boneka sebagai mainan anak. Tahukah ayah bunda, bahwa boneka mempunyai manfaat lebih dari pada sebagai mainan anak ? Kegunaan lain dari boneka yaitu bisa dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak, terutama anak - anak balita dan juga bisa sebagai hadiah. Berikut beberapa manfaat dari boneka, yaitu  :

1. Boneka sebagai Mainan
Pada umumnya, ayah dan bunda membeli boneka untuk putra - putrinya sebagai mainan. Boneka yang dibeli biasanya hanya mengikuti trend market. Karakter yang sedang populer menjadi daya tarik tersendiri. Anak menginginkan boneka karena melihat iklan - iklan yang bersliweran dan ingin segera memilikinya. Boneka digunakan sebagai teman bermain dan pelengkap koleksi mainan anak.


 
Karakter Binatang
2. Boneka sebagai Sarana Edukasi Anak
Meskipun pada dasarnya digunakan sebagai mainan, sebenarnya boneka bisa dimanfaatkan sebagai sarana edukasi anak. Melalui boneka, anak bisa dikenalkan macam - macam warna, bentuk, macam benda, jenis binatang, buah - buahan, berhitung juga mengenal huruf. Boneka juga bisa digunakan sebagai media mendongen, mengajarkan sifat - sifat dan contoh yang baik bagi anak.
Untuk mengenalkan berbagai jenis binatang, ayah bunda dapat menggunakan boneka dengan karakter bintang. Contohnya boneka dengan karakter sapi, jerapah, babi, kucing, anjing, monyet, singa dan lain - lain. Melalui boneka binatang tersebut, akan mempermudah ayah bunda untuk mengenalkan berbagai jenis binatang, terutama untuk binatang - binatang yang belum dilihat secara langsung. Dari contoh boneka binatang, bisa juga diajarkan tentang warna, misalnya saja sapi. Boneka sapi biasanya mempunyai corak warna hitam dan putih. Boneka babi berwarna merah muda. Boneka kucing berwarna jingga / oranye. Boneka monyet berwarna cokelat. Ada juga boneka lumba - lumba yang berwarna biru .Banyak warna yang bisa dikenalkan pada anak melalui boneka binatang .
 
Huruf pada Ulat
Untuk mengenalkan bentuk, ayah bunda bisa membelikan boneka berbentuk bola, bantal persegi dan persegi panjang dengan karakter tertentu. Mengajak anak belajar tentang huruf juga bisa melalui boneka ulat. Biasanya pada boneka ulat terdapat abjad atau huruf dari A sampai Z. Ini media pengenalan huruf yang menyenangkan, karena anak bermain sambil belajar. Boneka dengan karakter pisang, tomat, atau jagung memudahkan ayah bunda agar anak mau mengkonsumsi buah dan sayuran. Gunakan boneka - boneka tersebut sebagai media bercerita / mendongeng. Anak - anak paling gemar mendengarkan sebuah kisah. Berikan sugesti - sugesti terkait manfaat dari buah dan sayur dari cerita yang disampaikan.

  
Boneka Buah
Dengan melihat manfaat yang bisa diambil dari boneka dengan berbagai macam karakter, bukan berarti ayah dan bunda tidak layak memberikan boneka dengan karakter kartun atau yang lain. Boneka dengan karakter disney yang sangat menjamur bisa juga dijadikan sebagai media edukasi. Misalnya saja boneka Frozen, Princess Elsa dan Anna. Keduanya bisa dijadikan media mengenal anggota tubuh. Mulai dari rambut, mata, hidung, pipi, kaki dan tangan, semua bisa dijadikan alat agar anak lebih mengenal anggota tubuhnya. 



3. Boneka sebagai hadiah
Anak - anak sangat menyukai hadiah. Sebagai motivasi dan apresiai atas apa yang telah dilakukan anak, maka ayah bunda dapat menjanjikan sebuah hadiah agar anak semakin bersemangat. Nah, boneka bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan hadiah atas keberhasilan anak. Tentunya memberikan boneka yang punya manfaat juga ya.
 
Boneka Tokoh


Bagaimana ayah bunda, boneka apa saja yang sudah diberikan pada anak - anak anda. Sudahkan ayah bunda mengoptimalkan boneka agar menjadi lebih bermanfaat. Jika belum, maka bisa dimulai dari sekarang.
Selamat mencoba.




#RuangMenulis
#WritingTresnoJalaranSokoKulino
#BonekaEdukasi




3 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. Kereeenn..👏👏 aku setuju banget!! Boneka memang punya banyak manfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Jenk Naris Attawa., aku pakai sebagai media edukasi.

      Hapus
  2. Kereeenn..👏👏 aku setuju banget!! Boneka memang punya banyak manfaat.

    BalasHapus