√Khotmil Qur'an, TPQ An-Nahdliyah
Header catatantirta.com

Khotmil Qur'an, TPQ An-Nahdliyah



Review Aktifitas si balita hari ini.
Pagi yang cerah, seindah hati para pecinta Alqur'an. Hari ini, anak gadis mengikuti acara Khatam Alqur'an Bersama. Kebetulan anak gadis sudah terdaftar menjadi salah satu santriwati di TPQ Al- Barakah (dekat rumah). Kegiatan ini diselenggarakan oleh  MABIN TPQ AN-NAHDLIYAH se-Kabupaten Bekasi. Bertempat di Gedung Serba Guna Perumahan Gramapuri Persada, Desa Sukajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Acara ini bekerjasama dengan Team Nusantara Mengaji, Kab. Bekasi.
Dua puluh TPQ yang bernaung di bawah Mabin An - Nahdliyah berkumpul semenjak pukul 06.30 WIB. Diawali dengan pawai serempak dari semua TPQ, berjalan bersama dari lingkar tiga perumahan menuju ke Gedung Serba Guna. 
Para santriwan dan santriwati sangat antusia mengikuti acara ini. Pagi - pagi sudah berdandan, siap melangkah menuju tempat acara. Sambil menunggu santri dari TPQ lain, semua peserta bersiap dengan kelompoknya masing - masing. Melakukan beberapa selingan supaya tidak bosan.
Tepuk Semangat !
(Prok Prok Prok) We are the best
(Prok Prok Prok) We are the best
(Prok Prok Prok) The best, the best, the best
Yeeeeeeees!
Tepuk tangan ini sedikit mengurangi kegaduhan yang mulai muncul. Anak - anak memang mudah sekali bosan, tidak akan bertahan lama dalam diam. Mereka mulai kegerahan dan bercucuran keringat. Para ibu yang mendampingi putra - putrinya membantu mengeringkan peluh yang tak hentinya mengalir.
Matahari beranjak naik ketika team Marching band yang akan mengiringi pawai telah tiba. Kami pun bersiap memulai pawai akbar dengan iring - iringan marching band. Semua santri bergembira, makin bersemangat mengikuti irama yang mengalun. Marching band menyajikan irama Shalawat dan beberapa lagu Islami. Butuh waktu sekitar tiga puluh menit berjalan kaki untuk mencapai lokasi acara.
Sesampainya di Gedung Serba Guna, para santri menuju tempat yang telah disediakan. Satriwati berada di sisi kiri, sedangkan santriwan di sisi kanan. Sebuah panggung sudah siap digunakan sebagai media sambutan dan ceramah. Butuh waktu sekitar tiga puluh menit untuk berkumpul di dalam gedung. Sebagian ada juga yang duduk di luar karena di dalam gedung sudah penuh.
Sebagai pembuka acara, ditampilkan team Marawis yang membawakan beberapa lagu. Sajian Marawis membuat suasana menjadi makin bersemangat. Para wali santri sibuk mengabadikan penampilan marawis yang mengagumkan. Mereka juga menyempatkan diri untuk selfi ( yang ini mah ga usah ditanya lagi yah, udah lumrah ). Semua hadirin menikmati lantunan suara sang vokalis marawis yang merdu, menciptakan suasana yang menyejukkan jiwa.
Selepas Marawis, dilanjutkan dengan sambutan dari para petinggi. Ini moment yang lumayan menjenuhkan. Para santri yang kebanyakan be usia 3 - 10 tahun mulai bosan. Mereka bercanda dan berlarian. Sesekali terdengar gelak tawa diantara kalimat sambutan. Para wali santri pun mulai gelisah, menggeser posisi duduk, mengibas - ngibaskan jilbab karena karbondioksida mulai mendominasi ruangan. Situsai mulai tidak kondusif dan sepertinya panitia tahu akan hal itu.
Demi menjaga kelancaran acara, panitia pun menyingkat acara. Tiba saatnya proses Khatam AlQur'an serentak bersama team Nusantara Mengaji. Pembacaan satu juz AQur'an untuk setiap orang, baik para pengajar, wali santri, dan para santri itu sendiri. Semua larut dalam lantunan ayat- ayat suci AlQur'an.
Namun, sebelum mengaji bersama selesai, anak gadis rupanya mengantuk. Saya pun segera menghubungi suami. Kebetulan suami sedang ada keperluan lain, jadi tidak mendampingi kami mengikuti acara ini. Sekitar sepuluh menit berselang, kami sudah berada di rumah. Anak kami nampak begitu lelah, sepertinya sisa demam kemarin masih terasa. Beruntung dia masih bersemangat mengikuti kegiatan ini.
Dari beberapa acara yang saya lalui, ada beberapa hal yang menurut saya perlu diperbaiki oleh panitia penyelenggara. Diantaranya yaitu, komunikasi antar panitia perlu lebih dikompakkan, manajemen waktu pelaksanaan, dan kreatifitas penyajian acara. Anak - anak cenderung mudah bosan, alangkah baiknya penyajian acara dibuat lebih menarik agar para santri terus fokusdan bersemangat.
Tapi, terlepas dari semua itu, acara ini bagus. Luar biasa bisa mengumpulkan banyak TPQ dalam satu acara Akbar.
Semoga acara - acara seperti ini bisa terus berlangsung. Mudah - mudahan menjadi motivasi bagi para santri untuk terus menghapal dan mengamalkan AlQur'an.
Sukses untuk MABIN TPQ An - Nahdliyah.
Ciptakan generasi Qur'ani penerus bangsa.


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta