√Akhir Pekan Fullmom
Header catatantirta.com

Akhir Pekan Fullmom



Akhir Pekan.
Bagi seorang fullmom seperti saya, akhir pekan menjadi hari yang istimewa. Setelah lima hari berkutat dengan segala dunia ke rumahtanggaan, maka ujung minggu adalah waktu yang sangat dinanti. Sekedar mengubah suasana hati dan booster energi, agenda akhir pekan menjadi sangat berarti. Tidak harus merogoh kocek terlalu dalam, apalagi samapi gesek kartu hingga saldo menipis. Cukup dengan sebuah tawaran, "Hari ini kita mau kemana, Ayah siap jadi supir gratisan". Kalimat ini yang selalu bikin para IRT seperti saya berbunga - bunga. Sebuah tawaran yang dinanti dan biasanya sudah direncanakan di pertengahan minggu.

Weekend menjadi moment penting bagi para IRT yang benar - benar fokus mengelola segala sisi rumah dan mengurus anak. Ini bertujuan agar suasana hati tetap stabil, mengurai otot - otot kaku yang sudah bekerja keras menjaga agar rumah tetap terawat.

Para suami hendaknya memberi kesempatan pada istri untuk menyampaikan keinginannya di akhir minggu. Tentu saja dengan tetap memperhitungkan biaya, waktu, juga tenaga. Bertamasya juga butuh tenaga kan, jadi perlu dipertimbangkan efeknya setelah jalan - jalan selesai. Jangan sampai rencana yang awalnya ingin bergembira ria bersama keluarga menghasilkan capek badan dan lelah hati. Ini sangat tidak baik, karena modal IRT untuk minggu depan sangat mempengaruhi mood sepanjang hari.

Apabila ingin mengunjungi tempat rekreasi yang agak jauh dari rumah, maka perhitungan waktu, tenaga, dan biaya sangatlah penting. Semua demi kebaikan bersama, demi tercapainya hari yang menyenangkan.

Bersilaturahim ke handai taulan juga bisa menjadi alternatif untuk mengisi agenda akhir pekan. Bertemu dengan orang lain, berbagi cerita yang baik dan menyenangkan, bisa menjadi sarana melepas kepenatan. Mengumpulkan semangat untuk menjalani aktifitas di awal pekan.
Atau mengunjungi salah satu Mall untuk sekedar menyegarkan mata, asal tidak kalap mata ya. Melihat - lihat suasana meriah atau makan di salah satu resto juga bisa menambah semangat tempur  minggu depan. Menyambangi pusat perbelanjaan tidak harus shopping ya, cukup menentukan target belanja dan agendakan untung minggu depan ( Ooops, ini rahasia. Utarakan dipertengahan minggu depan ).

Apabila situasi kurang mendukung untuk keluar rumah, maka bisa bersantai - santai di dalam rumah saja. Kurangi aktifitas harian yang menyita banyak waktu, seperti mencuci dan menyetrika. Gunakan waktu akhir pekan untuk bergembira bersama keluarga. Cukup dengan tertawa bersama, bermain, dan saling merangkul bisa membuat hati ringan. Energi positif siap dikumpulkan sebagai bekal menghadapi hari - hari di minggu selanjutanya.

Hindari pemaksaan bahwa akhir pekan wajib mengunjungi tempat wisata. Harus pergi ke tempat yang jauh dan keluar biaya banyak.  Isi akhir pekan dengan hal - hal sederhana tapi menyenangkan. Ini akan jauh lebih baik daripada keharusan yang menimbulkan kekecewaan. Niatnya ingin meng-upgrade mood malah justru akan merusak mood. bisa bahaya dunia perumahan kalau ibu badmood.
Nikmati kebersamaan bersama suami dan buah hati. Lihat tawa bahagia mereka, maka hati akan menjadi lebih ceria. Banyak bersyukur atas segala pemberian Sang Maha Pencipta menjadikan hati lebih damai dan tentram. Lihatlah ke bawah dimana banyak orang - orang yang masih harus bekerja keras setiap harinya. Tidak ada kata libur di jadwal mereka, karena bekerja sama dengan makan. Jika tidak bekerja maka hidup berhenti. Beruntungnya masih bisa menikmati hari libur.

Ingatlah bahwa Sang Maha Penyayang punya kasih sayang yang tak pernah terbilang.
Bersyukur dan terus bersyukur, maka hati dan pikiran akan selaras dan sejalan. Bahagia menjaga cinta keluarga.



Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta