√Resume Diskusi WAG FIB Smansa05 Dengan Tema ”TORCH”
Header catatantirta.com

Resume Diskusi WAG FIB Smansa05 Dengan Tema ”TORCH”

Assalamu’alaikm Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Sehat untuk Kita Semua,

Tulisan ini adalah resume Diskusi WAG FIB Smansa05 dengan tema “TORCH”
§  Pengisi           : Bunda Isti Anandya  S.SI, M.Sc ( Founder komunitas peduli TORCH, biomedis activist, film social edukasi “Tak Sekadar Jalan
§  Hari / Tanggal: Senin, 17 Juli 2017
§  Waktu            : Pukul 12.00 ~ 13.10 WIB
Materi tentang TORCH dapat dibaca disini :

Materi#1Pengetahuan Umum Seputar TORCH(Isti Anindya)

TENTANG SEKADAR JALAN THE MOVIE

Berikut Hasil Tanya jawab bersama bunda Isti Anindya :
    ➤Zaenur faridah,  pemalang
Assalamualaikum bunda, saya mau tanya :
1. Sejauh mana seorang ibu hamil tidak boleh berinteraksi dengan kucing. Kebetulan saya adalah tipe orang yang tidak suka kucing tetapi sering kali banyak kucing tetangga  yang bersliweran di rumah.
2. Pemeriksaan apa saja yang harus dilakukan bumil agar dapat dg cepat mendeteksi apabila terinfeksi virus TORCH?

*ANSWER*
Wa'alaykumsalam Bunda, saya coba jawab ya...
1. Kucing yang harus dihindari adalah kucing yang tidak jelas pengasuhannya, atau kucing liar. Karena kita tidak dapat memastikan apa yang mereka makan dan bagaimana kebersihan badan mereka. Infeksi Toxoplasma gondii yang disebarkan salah satunya lewat kucing (resiko lebih besar dibanding hewan lain) umumnya lewat  Feses Kucing yang kering. Jadi ketika Kucing buang kotoran, mereka cenderung sembarangan, nah parasit Toxo itu ngumpulnua di Kotoran. Lalu kenapa orang mengatakan hindari mengelus rambut kucing? Karena kucing memiliki kebiasaan guling2 di tanah atau dilantai, jika tadi bekas pup kucing, maka bisa menempel dibadannya. Sehingga saat kita mengelus, parasit toxo bsa masuk lewat saluran pernapasan.
2. Sebaiknya melakukan pemeriksaan Panel TORCH, untuk tips menghemat biaya, cukup periksakan IgG saja, jadi bisa hemat sentengah harga dari harga paket. Jika semuanua negatif dan masih penasaran bisa cek IgM untuk memastikan kita tidak terinfeksi.
Semoga menjawab yaaa
😘🙏🏻


 ➤  Dwi-Cikarang
~ Bunda, ketika seseorang terinfeksi TORCH apakah harus langsung di isolasi mulai dari lingkungan kecil/keluarga dan sekitar?

*ANSWER*
Tidak perlu isolasi yang esktrim, karena TORCH tidak mudah menular manusia ke manusia. Penularan umumnya lewat aktivitas seksual, transfusi darah, dan makanan yang terkontamonasi. Khusus Herpes bisa tertular melalui sentuhan kulit. jika kulit penderita herped sedang muncul gelembung2 seperti bunga dan rasanya panas. Rubella juga mudah tertular via pernapasan,  contoh jika org dewasa mengganti popok bayi+ Rubella.
Namun sebaiknya, tetap menjaga kebiasaan tidak sharing alat makan dan mandi dengan siapapun, meskipun keluarga. Dan menggunakan sarung tangan dan masker saat membersihkan kotoran bayi + Rubella.

~ Terima kasih jawabannya bunda,
Pertanyaan lagi bunda, yang sering terjadi adalah Herpes dan pengobatan dengan Acyclovir. Setelah sembuh,di lain waktu akan muncul lagi herpes di tempat yang sama. Apakah sebenarnya virus herpes tersebut masih menetap di tempat yang sama? Karena kejadian berulang-ulang. Lalu apakah herpes bisa benar-benar sembuh,bagaimana pengobatannya?

*ANSWER*
Herpes Simplex Virus umumnya memang dorman, atau menetap di lokasi yang sama, khasnya sebelah kiri kiri aja, sebelah kanan kanan aja, satu sisi. Dan harusnya pasien diminta mengkonsumsi acyclovir jika sudah tegak diagnosa dari hasil.pemeriksaan laboratorium. Karena khusus Herpes Simplex Virus berbeda dengan Herpes Zooster dan lainnya. HSV yang menyumbang huruf H untuk TORCH sangat berbahaya krn dapat mengakibatkan kelumpuhan dan mati mendadak karena yang di serang sistem saraf. Untuk pengobatan sejauh ini hanya bsa mengendalikan virus tidak bisa membinasakan dan 100% hilang dri tubuh.

~Bunda., Apakah TORCH bisa menurun? Misal orangtua punya sejarah TORCH pny anak free TORCH,apakah ada kmungkinan bisa muncul digenerasi selanjutnya?

*ANSWER*
Rata rata ibu yang pernah terinfeksi TORCH, saat hamil menularkan ke janinnya bun..
Tidak diturunkan tapi ditulaekan
Jika vaksin dilakukan usia dibawah 14 tahun,apakah ada alternatif utk usia yg diatasnya  yg ingin menjaga2 dri torch ini?
Menjaga pola hidup sehat bunda.. ada di halama terakhir slide PDF saya lebih rincinya. dan terpenting menjaga kekebalan tubuh
😘


 ➤  Dian W- Sleman
Balita boleh berinterksi dengan kucing ndk? seberapa jauh bahaya kucing/ bulu kucing buat balita?

*ANSWER*
Boleh, jika kucing telah divaksin Toxo dan dinyatakan sehat oleh dokter hewan, kucing yg dipelihara dengan baik, bersih dala lingkungan yang sehat. Dan kucing tidak berinteraksi dengan kucing liar, alias kucing rumahan


 ➤  Titin - Karawang
Saya mau tanya , bagaimana cara membedakan kucing yang bisa menularkan virus tersebut dengan kucing yang sehat agar kita bisa merasa aman ketika bermain dengan kucing?

*ANSWER*
Tidak bisa membedakan kucing yg membawa parasit toxo dengan yang tidak, namun jika kucing sudah divaksin toxo, cenderung lebih aman dibanding yang belum apalagi kucing liar yg beresiko tinggi terinfeksi Toxoplasma gondii

~Terima kasih jawabannya berarti akan lebih aman kucing peliharaan sendri jd kita bisa memberinya vaksin gitu y

*ANSWER* 
Yuupps


   ➤Saya zakiyyatun mar'ah,pemalang.
~Seperti yg banyak beredar di masyarakat tentang kehalalan vaksin,sbnrnya proses pembuatan vaksin bgmn..apa bnr2 berkaitan dgn hal2 yg haram?knp tdk ada logo halal dr MUI jika memang MUI sdh mengeluarkan fatwa bahwa vaksin itu hukumnya mubah.

*ANSWER*
Maaf bunda, untuk soal Vaksin, ilmu saya masih minim
 Tapi setahu saya, proses pembuatan vaksin itu telah menggugurkan sifat keharaman suatu zat, jika memang menggunakan zat yg haram. Tapi setahu saya kandungan semua vaksin beda beda ga semua pasti pakai zat haram.
Saya kurang paham kenapa tidak ada logo Halal MUI.
karena kalau kita juga pernah minum obat2an sejenis parasetamol, obat batuk, dkk jarang di bungkusnya ada logo MUI. Teknis pelabelannya mungkin yg paham bisa sharing sama sama yaaaak.
~ Untuk wanita yang mengalami abortus berulang & kemudian di cek positif TORCH..apakah pengobatannya hanya untuk istri..atau dengan suami?

*ANSWER*
Sebaiknya suami dan istri diperiksa bersamaan. Jika suami + juga harus diobati. Jadi tidak pingpong, tular menular.

~ Bagaimana cara memesan DVD&novelnya😍

ANSWER*
Japri nanti ya bunda 😘

~Pemerintah tahun ini menggalakkan kampanye MR..seberapa pentig kegiatan tersebut?

*ANSWER*
PemerintaH prefer mengedarkan yg MR saja, 1 vaksin 2 kandungan
Penting, karena tingkat kejadian measles di indonesia cukup tinggi.


~ Umumnya yg dikampanye kan adalah yg memiliki risiko tinggi terjadi kejadian luar biasa (KLB).  Tahun ini pulau jawa smua bun…2018 luar jawa.

~ MMR harus 2 x minimap, untuk merefresh ulang kemampuan tubuh menghasilkan antibodi thd virus. 2 kali usia berapa saja bun ?

*ANSWER*
Harusnya usia 6-7 tahun bun, tapi konsulrasi aja ke dokter. Biasanya tetap bisa kalau terlambat.



 ➤  Hepi
~ Mbak, vaksin torch bisa ut suami istri ya mbak? mengingat skema penularanya?
Vaksin manusia sejauh ini hanya Rubella, TO *R* CH
vaksinpun biasanya diberikan pada anak anak usia 14 th kebawah
Vaksin MR dan MMR beda kah mbak?

*ANSWER*
Beda bun
MR -> Measles Rubella
MMR -> Mumps Measles Rubellak
Jadi karena stok MMR sering sold out

~ Betul MMR kosong dr nov tahun lalu di sini mbak,
  

Nia Jepara
Anak saya pada umur 2.5 th pernah vaksin MMR tp saya lupa kapan persisnya dan sekarang sudah umur 7.5th belum prnh diulang lg. Apakah harus diulang?

*ANSWER*
Perlu bun, MMR harus 2 x minimal, untuk merefresh ulang kemampuan tubuh menghasilkan antibodi terhadap virus.

NOTE:
ü   ➤Untuk pemesanan buku tentang TORCH dan DVD “Tak Sekadar Jalan” bisa hubungi Admin Peduli TORCH : Habil ( 08238933969 ).
ü  ➤Apabila masih ada pertanyaan bisa Japri Bunda Isti Anandya ( 081363266233)



Terima Kasih Bunda Isti Anindya atas waktu dan Ilmunya tentang TORCH.
Terima Kasih juga buat teman – teman FIB Smansa05 atas partisipasinya.

Semoga bermanfaat.
Salam SEHAT.


2 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. Jereng gak mindahin dari WA ke blog? ��
    Makasih ya Wi. Bisa buat rujukan buat anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan Pik., tp nambah ilmu jadi tahu cara input pdf ke blog

      Hapus