√Guci Forest Wisata Alam Terlengkap Di Tegal
Header catatantirta.com

Guci Forest Wisata Alam Terlengkap Di Tegal

Guci Forest Wisata alam terlengkap di Tegal

Hai Sahabat Tirta,

Setiap musim liburan tiba tentu saja bawaannya ingin jalan-jalan, mengunjungi tempat-tempat menarik dan juga asyik. Apalagi buat yang tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi pasti ingin rehat sejenak menjauh dari hiruk pikuk dan bising nya kota. Daerah pegunungan menjadi tempat yang paling banyak dicari dan paling tepat untuk menikmati suasana yang tenang dan damai. Ditambah dengan udara yang sejuk serasa membersihkan paru-paru yang penuh dengan polusi.

Guci Forest Tegal bisa menjadi pilihan utama untuk disambangi. Ada banyak wahana dan keunggulan yang ditawarkan oleh Guci Forest Tegal hingga kalian wajib banget mendarat di sini.

Apa saja keunggulan yang di sajikan oleh Guci Forest ?

Simak sampai selesai supaya kalian makin penasaran dan ingin segera berada di Guci Forest.

Tentang Guci Forest

Tentang Guci Forest Tegal

Guci Forest merupakan tempat wisata alam yang berada di kota Tegal, Jawa Tengah. Guci Forest menjadi wisata alam terlengkap di Tegal karena menyediakan banyak wahana dan fasilitas yang lengkap. Letaknya berada di pegunungan yang sejuk dengan pemandian air panas asli dari kaki gunung. Naungan hutan pinus yang menjulang tinggi menciptakan suasana yang teduh dan nyaman untuk bersantai.

Guci Forest merupakan resort yang mengusung konsep etnik Jawa yang khas. Bangunan sekitar Guci Forest dibuat dengan gaya khas masyarakat Jawa. Ditambah dengan hutan pinus alami dan air hangat asli pegunungan membuat siapapun yang berkunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di Guci Forest.

Guci Forest menyajikan banyak fasilitas unggulan seperti villa, kolam renang, area campervan, glamping, outbond dan juga area gathering. Semua fasilitas ini menjadikan Guci Forest sebagai wisata alam terlengkap di Tegal.

Lokasi Guci Forest

Lokasi Guci Forest Tegal

Guci Forest merupakan salah satu objek wisata di kawasan Guci Tegal. Lokasinya berada di Jalan Raya Objek Wisata Guci Tegal, Jawa Tengah. Sahabat bisa mencari lokasi detailnya di google map agar bisa langsung sampai dengan tepat. Sejatinya tidak sulit menemukan lokasi Guci Fosert. Apabila sahabat sudah masuk ke kawasan wisata Guci Tegal, maka bisa terus melajukan kendaraan mengikuti jalan utama kawasan Guci.

Ada banyak objek wisata di sepanjang jalan raya dan semuanya memiliki papan nama yang besar dan jelas. Jadi kalian bisa mencari setiap obejk wisata dengan mudah terutama ketika menuju ke Guci Forest.

Fasilitas Guci Forest

Guci Forest menjadi resort alam dengan fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas Unggulan Guci Forest terdiri dari :
  • Villa
  • Glamping
  • Camping Ground
  • Kolam Renang Air Panas
  • Outbond dan Gathering
  • Resto Cafe

Selain fasilitas utama tersebut, Guci Forest juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya yaitu :

  • Parkir
  • Pusat Oleh-Oleh
  • Musala
  • Saung
  • Kamar Bilas
  • Toilet
  • Spot Foto Instagramble
  • Kuda Wisata

Fasilitas Unggulan Guci Forest

Guci Forest memiliki fasilitas unggulan yang menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yaitu Villa, Glamping, Camping Ground, Kolam Renang Air Panas, Outbond dan Gathering, serta Resto Cafe.

1. Villa

Villa di Guci Forest Tegal

Villa Guci Forest mengusung desain khas etnik Jawa dengan warna cokelat kayu yang unik. Ada banyak pilihan jenis villa yang bisa diseuaikan dengan kebutuhan dan budget sahabat. Tersedia beberapa tipe Villa yaitu :
  1. Villa Utama Triple Room
  2. Villa Utama Double Room
  3. Villa Utama Single Room
  4. Villa One Bedroom
  5. Villa Two Bedroom

2. Glamping

Glamping di Guci Forest

Guci Forest menyediakan area Glamping di sisi atas dengan pemandangan hutan pinus dan juga kolam renang air hangat. Bangunan Glamping dibuat unik dan menarik dengan kayu-kayu khas etnik Jawa. Warnanya pun didominasi cokelat yang memang kental dengan budaya Jawa.

3. Camping Ground

Camping Ground Guci Forest

Area Camping Ground di Guci Forest sedikit bergeser dari kolam renang air hangat dan Glamping. Lokasi Camping Ground juga berada di sisi atas dengan hamparan hutan pinus. Tata letak camping sangat menarik karena bisa menikmati keindahana Guci Forest dari atas ditemani sejuknya udara hutan pinus.

4. Kolam Renang Air Panas

Kolam renang air panas di Guci Forest

Tersedia beberapa kolam rendam dan kolam renang air panas yang bisa dinikmati oleh seluruh pengunjung Guci Forest. Kolam ini sudah tidaj dikenai biaya lagi. Semua pengunjung bisa bersantai sambil berendam air panas asli dari pegunungan. Relaksasi badan sambil menghirup udara segarnya hutan pinus.

5. Outbond Dan Gathering

Area outbond dan gathering di Guci Forest

Bagi sahabat yang mau melakukan gathering bersama rekan kerja, komunitas, maupun keluarga besar, bisa banget di Guci Forest. Tersedia area gathering yang cukup luas sehingga bisa bebas berkumpul bersama.
Selain area gathering juga ada area outbond. Pengunjung bisa mencoba berbagai wahana seru dan menantang adrenalin.

6. Resto Cafe

Nah buat sahabat yang berkunjung ke Guci Forest jangan khawatir kesulitan mencari makanan sebab sudah tersedia resto cafe dengan aneka pilihan makanan. Ada makanan berat dan juga ringan. 

Fasilitas Pendukung

Selain fasilitas utama tersebut, Guci Forest juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya. Fasilitas pendukung ini ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

1. Parkir

Area parkir yang luas di Guci Forest

Area parkir di Guci Forest cukup luas. Letaknya tepat di depan pintu masuk dan di sekitarnya ada kios-kios kecil yang menjual makanan, minuman, juga oleh-oleh.

2. Pusat Oleh-Oleh

Pusat oleh-oleh di Guci Forest

Buat sahabat yang ingin membawa buah tangan, bisa membeli oleh-oleh di kios sekitar area parkir. Beragam jenis jajanan tradisional dan juga kerajinan tersedia untuk dipilih sebagai cinderamata.

3. Musala

Musala dan tempat wudu di Guci Forest

Sebagai tempat wisata yang luas dan lengkap, Guci Forest menyediakan musala di beberapa titik untuk memudahkan para pengunjung saat beribadah.

4. Saung

Saung-saung di Guci Forest Tegal

Berjajar saung-saung di sekitar area Guci Forest. Paling banyak terletak di area kolam renang air panas. Saung-saung ini biasa digunakan untuk bersantai dan mengawasi anak-anak atau pengu jung yang sedang bermain di kolam renang.

5. Kamar Bilas

Kamar bilas di Guci Forest Tegal

Kamar bilas berada dekat dengan kolam renang air panas. Terpisah antar kamar bilas pria dan wanita. Senangnya di Guci Forest adalah air di kamar bilas merupakann air hangat. Jadi pengunjung yang sudah selesai menikmati kolam renang maupun berendam bisa membersihkan diri dengan air hangay juga. Hal ini tentu saja menjadi nilai tambah bagi Guci Forest sebab pengunjung merasa nyaman dengan air bilas yang hangat.
Selain airnya hangat, kamar bilas juga cukup bersih. Tingkat kenyamanan para pengunjung bisa dilihat dari kondisi atau kebersihan kamar bilas dan juga area sekitarnya.

6. Spot Foto Instagramable

Spot foto instagramable di Guci Forest Tegal

Hampir semua sudut di Guci Forest bisa dijadikan background untuk berfoto. Semua spot foto instagramable banget. Kalian tidak akan rugi berfoto di banyak tempat.

7. Kuda Wisata

Guci Forest juga menyediakan wahana kuda wisata. Kuda ini bisa dinaiki oleh pengunjung dengan rute keliling kawasan Guci Forest. Wahana kuda wisata ini dikenakan biaya diluar dari uang masuk maupun menginap

Jam Operasional Guci Forest

Jam operasional Guci Forest Tegal

Objek wisata alam Guci Forest Tegal buka setiap hari dari pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 16.00 wib. Jam operasional ini berlaku untuk pengunjung yang tidak menginap. Bagi pengunjung yang menginap di villa maupun camping dan glamping, maka bebas beraktifitas di area Guci Forest.

Biaya Masuk Guci Forest

Biaya masuk Guci Forest Tegal

Biaya masuk Guci Forest disesuaikan dengan tujuan awal saat berkunjung. Apabila sahabat datang untuk menginap di villa, maka akan mendapat tagihan biaya sesuai dengan jenis villa yang dipilih. Begitu pula dengan camping serta glamping. Semua biayanya disesuaikan dengan jenis fasilitas utama yang dipilih.

Namun, satu yang pasti untuk semua pengunjung baik itu yang menginap di villa, camping, maupun glamping, semua mendapat fasilitas kebebasan berenang maupun berendam di kolam air panas tanpa batas waktu. Kapan pun ingin menikmati air panas, maka bisa langsung terjun saja.

Nah buat sahabat yang hanya ingin mencoba berendam dan berenang air panas di kolam, tanpa menginap, maka tidak perlu khawatir. Guci Forest membuka fasilitas kolam air panas bagi pengunjung yang tidak menginap. Jadi kalian bisa datang hanya untuk menikmati sensasi berendam dan berenang di kolam air  panas. Biayanya sangat terjangkau yaitu Rp. 25.000/ orang.

Biaya Parkir Kendaraan

Biaya parkir kendaraan di Guci Forest berbeda-beda yaitu :

Motor : Rp. 5.000
Mobil : Rp. 10.000
Bus : Rp. 50.000

Sistem pembayaran di Guci Forest sudah up to date yaitu kalian bisa melakukan transaksi dengan uang cash maupun QRIS. Mode pembayaran ini memudahkan para pengunjung yang senang menggunakan pembayaran non tunai.

Biaya Masuk Kawasan Wisata Guci

Biaya masuk kawasan wisata Guci Tegal


Sahabat pasti terkejut ada saat membaca judul di atas.

Jadi perlu sahabat ketahui bahwa pemerintah daerah kabupaten Tegal khususnya kawasan Guci memberlakukan biaya masuk saat awal memasuki kawasan wisata Guci. Banyaknya pilihan wisata di daerah Guci ini bebas kalian pilih dengan biaya yang berbeda sesuai dengan jenis wisatanya. Salah satunya yaitu Guci Forest.

Biaya masuk kawasan wisata Guci yaitu sebesar Rp. 12.400 /orang. Biaya ini hanya untuk orang dewasa atau anak di atas usia 5 tahun. Sedangkan anak-anak di bawah 5 tahun tidak dikenakan biaya masuk.

Selain biaya masuk untuk tiap orang, juga ada tambahan biaya asuransi sebesar Rp.1.800.
Biaya masuk kawasan wisata Guci ini dikelola oleh pemerintah daerah Tegal melalui Perda No. 12 tahun 2021.

Harga atau biaya yang kami sampaikan di atas adalah biaya yabg berlaku pada bulan April 2024. Bisa saja terjadi perubahan sewaktu-waktu.

Pengalaman Berkunjung Ke Guci Forest

Pengalaman Keluarga Jejak Lampah ke Guci Forest

Keluarga Jejak Lampah (sebutan keluarga kami) sangat senang saat berada di kawasan Guci Forest. Saat kami berkunjung di awal bulan April 2024 masih dalam masa puasa Ramadan 1445 H.

Mulai dari perjalanan menuju ke Guci Forest dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan sudah langsung menghipnotis. Jalan berkelok, naik dan turun, dan terkadang cukup curam tak membuat kami gentar sebab sisi kanan dan kiri jalan terhampar pesona alam yang indah.

Meskipun saat itu Guci Forest masih dalam tahap pembangunan di beberapa titik, namun kesan khas etnik Jawa dan keindahan hutan pinus sudah sangat mengesankan bagi kami.

Kami yang awalnya hanya ingin melihat-lihat untuk survey tempat camping akhirnya tergoda oleh kolam air panas yang mendayu. Kami pun memutuskan untuk mencoba kolam air panas padahal tidak membawa pakaian ganti.

Dengan bantuan petugas di Guci Forest, kami diarahkan ke pasar yang tidak jauh dari lokasi Guci Forest untuk membeli pakaian. Beruntung sudah ada toko pakaian dan juga oleh-oleh yang sudah buka jadi kami bisa mendapat pakaian cadangan.

Suasana Guci Forest saat itu cukup ramai meski masih masa puasa. Beberapa keluarga yang datang terlihat sama seperti kami yang baru saja pulang kampung untuk Idulfitri.

Guci Forest wisata alam terlengkap di Tegal ini wajib banget kalian sambangi saat liburan. Bisa akhir pekan ataupun liburan panjang seperti lebaran dan tahun baru.

Selamat liburan

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta