√Tracking Seru Ke Kebun Teh Camping Ground Nyampay
Header catatantirta.com

Tracking Seru Ke Kebun Teh Camping Ground Nyampay

Hai Sahabat Tirta

Siapa nih yang suka main ke kebun teh? Sini-sini Tirta mau cerita sedikit tentang pengalaman tracking ke kebun teh Camping Ground Nyampay yang ada di Bandung.

Lokasi Kebun Teh

Akhir pekan sebelum bulan suci Ramadan 1445 H, Keluarga Jejak Lampah menyempatkan campervan di Camping Ground Nyampay, Bandung. Pilihan berkemah di Nyampay karena tempat camping ini sedang banyak di bicarakan oleh para pecinta camping. Ulasannya juga bagus-bagus, jadi kami penasaran dan ingin mencobanya.

Kebun teh camping ground Nyampay

Salah satu keunggulan dari Camping Ground Nyampay adalah letaknya yang berada di tengah perkebunan teh. Hamparan kebun teh menjadi pemandangam yang indah layaknya permadani hijau.

Camping Ground Nyampay terletak di Indragiri, Kec. Rancabali, Kab. Bandumg, Jawa Barat 40973. Nah, kebun teh yang kami jadikan media tracking adalah kebun teh yang mengelilingi Camping Ground Nyampay ini. Kebun teh ini  menjadi salah satu fasilitas unggulan dari Camiping Ground Nyampay.

Persiapan Tracking Kebun Teh Nyampay

Kebun teh camping ground Nyampay

Dua minggu sebelum berangkat berkemah di Camping Ground Nyampay, kami sudah melakukan diskusi terlebih dahulu. Bersama dengan anak-anak membicarakan rencana aktifitas yang akan dilakukan saat berada dk Camping Ground Nyampay. Salah satunya adalah melakukan tracking ke kebun teh yang berada di sisi timur perkemahan.

Kami sepakat untuk berangkat tracking ke kebun teh pada pagi hari. Targetnya adalah sebuah gubuk kecil yang berada di puncak kebun teh. Gubuk ini lebih mirip menara pemantau perkebunan yang sengaja di buat untuk beristirahat dan melihat kebun teh dari ketinggian. Banyak orang menyebutkan saung kebun teh atau pondok di kebun teh. Pondok di puncak kebun teh Nyampay terbuat dari kayu yang kokoh. Tangganyanya pun dibuat dari kayu. Namun tidak perlu khawatir saat berada di atas pondok keran pilar-pilarnya di cor semen dengan kuat.

Persiapan tracking kebun teh Nyampay tidak terlalu berat. Kami hanya perlu sedikit sarapan sebagai modal tenaga untuk mendaki kebun teh. Selapis roti bakar dan segelas teh hangat mengisi perut kami sebelum melangkahkan kaki menyusuri kebun teh yang luas. Kami juga membawa satu botol minum untuk sekeluarga. Selebihnya bebas saja tidak ada persiapan khusus karena kami melihat puncak kebun teh tidak terlalu tinggi dan jalur untuk sampai ke sana juga sudah ada. Jadi akan lebih mudah hanya membawa diri dan minuman secukupnya agar lebih ringan saat berjalan.

Ayo Tracking Kebun Teh Nyampay

Kebun teh camping ground Nyampay

Selepas sarapan roti bakar dan minum segelas teh manis hangat, badan rasanya segar dan siap tracking kebun teh Nyampay.
Suhu udara pagi itu masih di angka 20⁰C. Dingin bagi kami yang biasa hidup di perkotaan dengan suhu kisaran 30-31⁰C.

Namun, kami tidak memakai pakaian hangat. Kami tanggalkan jaket yang melapisi tidur semalam. Hanya pakaian biasa saja yang kami kenakan. Berharap tubuh kami bisa menyerap sebanyak-banyaknya udara segar di kebun teh.

Jarum pendek jam baru sedikit bergeser dari angka 7. Kami mulai ke luar area camping dan memulai petualangan ke kebun teh. Jalur tracking kebun teh Nyampay sudah tersedia dengan baik. Ada dua pilihan jalur yang bisa di coba.
  • Jalur utama
  • Jalur pintas

1. Jalur Utama

Jalur utama tracking Kebun teh camping ground Nyampay

Tracking kebun teh Nyampay bisa melewati jalur utama. Jalur ini luasnya sekitar 3 meter. Jalur yang digunakan untuk arah ke luar dari Camping Ground Nyampay. Jadi saat kita akan meninggalkan Camping Ground Nyampay makan harus melewati jalur ini.

Tujuan tracking pagi ini adalah puncak kebun teh Nyampay yang di tandai dengan saung atau pondok kecil di ujung atas. Terlihat cukup tinggi, namun sangat menantang untuk dicapai.

Jalur utama tracking kebun teh Nyampay cukup lebar dan landai. Hal ini memudahkan kita saat mendaki. Meski di beberapa titik ada tanah yang licin akibat hujan, namun masih bisa dilalui dengan aman.

Jalur utama ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena arahnya memutar beberapa kali. Sengaja dibuat seperti itu agar kemiringannya lebih landai sehingga memudahkan pendakian. Sambil mendaki kebun teh Nyampay, kita bisa menikmati indahnya hamparan pohon teh yang memenuhi sekeliling. Sejauh mata memandang hanya ada teh dan teh. Kemudian jangan lupa untuk memghirup udara dalam-dalam sehingga paru-paru terisi penuh dengan oksigen yang bersih dan segar.

Rasanya seperti membersihkan kantong-kantong udara di paru-paru dan membuatnya jadi lebih kuat dan segar.

2. Jalur Pintas

Jalur pintas tracking Kebun teh camping ground Nyampay

Jika jalur utama tracking kebun teh Nyampay lebar dan landai, maka jalur pintas sempit dan cukup curam.

Jalur pintas adalah jalur yang menjadi pola tanam teh. Jalur ini seperti labirin yang membagi kebun teh menjadi berbagai bentuk. Biasanya digunakan oleh para pemetik teh saat memanen daun teh.

Jalur pintas lebarnya hanya seukuran badan dengan kemiringan yang cukup tajam. Pijakannya pun lumayan licin karena tanah merah yang lembab dan juga basah. Harus ekstra hati-hati apabila ingin mencoba jalur pintas kebun teh Nyampay sebab tubuh bisa terkena ranting-ranting pohon teh yang rapat. Kaki pun harus terus waspada dan menapak dengan kuat agar tidak terpeleset.

Jalur pintas kurang cocok digunakan saat mendaki sebab lebih cepat menciptakan kaki pegal dan rasa lelah sekujur badan. Kaliam bisa menggunakan jalur pintas ketika menuruni kebun teh setelah mencapai pondok. Keunikan jalur pintas ini menjadi tantangan tersendiri sebab jalurnya sangat mirip dengan labirin. Namun bisa terbaca bentuk jalurnya saat kita berada di atas sehingga kecil kemungkunan untuk tersesat.

Perjalanan Seru Tracking Kebun Teh Nyampay

Keluarga Jejak Lampah Tracking ke Kebun teh camping ground Nyampay

Selepas sarapan roti bakar dan minum teh manis hangat, kami mulai tracking kebun teh Camping Ground Nyampay. Tanpa jaket dan alat bantu tracking, kami berangkat dengan bahagia.

Jalur utama menjadi pilihan kami untuk mendaki ke pondok di puncak kebun teh. Hujan yang turun deras kemarin membuat jalanan licin dan becek. Kami mengajak anak-anak sehingga memilih jalur utama demi kebaikan semua anggota keluarga Jejak Lampah.

Udara pagi itu masih cukup dingin, sekitar 20⁰C. Ternyata sudah ada pengunjung lain yang tracking kebun teh lebih dahulu. Kami berangkat bersama pengunjung lain. Bahkan di jalan utama ini kami berpapasan dengan pengunjung yang sudah arah turun dari puncak kebun teh. Wajah-wajah mereka nampak segar dan bahagia. Sepertinya tarcking kebun teh ini merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan bersama-sama.

Keseruan tracking kebun teh Camping Ground Nyampay makin bertambah karena kami melakukannya bersama dengan keluarga lain yang juga menjadi teman kami berkemah. Anak-anak senang sekali hingga berkejaran sebab ingin segera sampai di atas.

Jalur utama yang cukup landai memudahkan kami untuk sampai di puncak pondok tanpa halangan. Kami tiba di atas dengan bahagia. Anak-anak pun memanjat pondok dan menikmati hamparan kebun teh yang hijau dan indah.

Pondok Kebun teh camping ground Nyampay

Sampai di pondok atas kami beristirahat sambil menikmati permadani kebun teh yang indah. Tidak lupa juga kami mengabadikan seluruh keindahan tersebut dan juga berfoto bersama.

Puas berfoto dan menghirup udara dalam-dalam, kami pun memutuskan untuk turun dan kembali ke tenda. Perjalanan berangkat melalui jalur utama pun kami pakai kembali. Anak-anak pun masih sangat antusias turun kembali ke tenda.

Setengah perjalanan dari pondok kebum teh, saya mencoba melalui jalur pintas. Benar saja, jalanannya licin dan sempit. Bahkan saya beberapa kali harus jalan menyamping untuk menghindari himpitan pohon teh di kanan dan kiri. Meski bersusah-susah turun, namun jalur pintas ini memotong panjang jalur utama. Saya sampai di bawah lebih dulu dari pada yang lainnya.

Nah sahabat, itu tadi catatan kami saat melakukam tracking kebun teh Camping Ground Naympay.

Buat kalian yang mau mencobanya, jangan lupa persiapkan fisik yang sehat sebab udara dingin di Nyampay bisa membuat badan lebih mudah terserang flu. Selain itu siapkan juga baju hangat, jaket, dan minuman hangat untuk menjaga kesehatan.