√Tips Berkunjung Ke Galeri Rasulullah Di Masjid Al Jabbar Bandung
Header catatantirta.com

Tips Berkunjung Ke Galeri Rasulullah Di Masjid Al Jabbar Bandung

Hai Sahabat,
Catatan Tirta akan mengajak kalian untuk wisata religi ke Galeri Rasulullah SAW di Masjid Al Jabbar, Bandung.

Sebelum mengetahui apa saja yang ada di dalamnya, yuk kita baca info tentang Galeri Rasulullah SAW terlebih dahulu.

Tentang Galeri Rasulullah SAW

Galeri Rasulullah SAW berada di dalam kawasan Masjid Raya Al Jabbar Bandung. Galeri Rasulullah menjadi salah satu ikon menarik yang ada di Masjid Raya Al Jabbar Bandung. Para pengunjung akan mendapat pengalaman yang tidak terlupakan. Selain itu juga menambah wawasan dan ilmu tentang perkembangan agama Islam secara global dan juga proses sampainya agama Islam di Jawa Barat.

Ketika pengunjung berada di area galeri, akan ada petugas yang memandu untuk menyampaikan dan menjelaskan setiap tahapan atau isi dari setiap bagian yang dilewati. Petugas yang mengawal dan mendampingi selama berada di dalam galeri membuat para pengunjung lebih mudah memahami dan mengetahui kejadian atau peristiwa yang ada di balik gambar atau ornamen yang ada.

Ruangan galeri Rasulullah dilengkapi dengan efek cahaya dan juga suara yang menambah kesan nyata setiap replika yang ada di dalam galeri. Selain itu, seluruh ruangannya juga dingin sehingga para pengunjung merasa nyaman selama melakukan tour di dalam galeri.

Cara Masuk Galeri Rasulullah SAW

Galeri Rasulullah SAW merupakan salah satu fasilitas spesial yang beradad di Masjid Raya Al Jabbar, Bandung. Bagi sahabat yang ingin masuk dan melihat seluruh isi galeri dapat memesan tiketnya melalui aplikasi Sapawarga. Sapa Warga merupakan aplikasi resmi milik pemerintah Jawa Barat yang di dalamnya berisi banyak informasi dan juga menu lainnya. Salah satu menu yang tersedia di aplikasi Sapawarga tersebut adalah fitur untuk memesan tiket masuk ke Galeri Rasulullah di masjid Raya Al Jabbar Bandung.

Sahabat bisa mendownload atau mengunduh aplikasi Sapawarga melalui google play store maupun apple store. Unduhan ini gratis alias tanpa biaya. Setelah mengunduh aplikasi Sapa Warga ke gawai sahabat bisa mencari menu pembelian atau pemesanan tiket ke Galeri Rasulullah.

Panduan sederhananya adalah sebagai berikut :

  1. Download aplikasi Sapawarga
  2. Registrasi akun untuk aplikasi Sapawarga
  3. Pilih banner Masjid Al Jabbar
  4. Isi formulir yang tersedia berupa tanggal kunjungan dan jumlah orang
  5. Setelah berhasil maka akan muncul kode atau QR code sebagai bukti tiket
  6. Tunjukan QR code tersebut pada petugas saat akan masuk galeri 

Pemesanan Tiket Galeri  Rasulullah SAW

Tiket masuk galeri Rasulullah hanya bisa dipesan di aplikasi Sapa Warga. Harganya Rp. 0 alias gratis. Setiap satu akun atau satu email bisa memesan tiket sebanyak 5 buah. Jumlah ini sudah paling maksimal kecuali Sahabat membeli dengan pilihan rombongan. Dalam satu rombongan bisa terdiri dari maksimal 20 orang.

Harga tiket Galeri Rasulullah SAW di Masjid Al Jabbar Bandung yang gratis ini  membuat tiket nya selalu habis dipesan bahkan untuk satu bulan ke depan. Jadi, saran Tirta bagi sahabat yang punya rencana ingin berkunjung ke Galeri Rasulullah, maka segera pesan tiket nya jauh-jauh hari agar bisa mendapatkannya.

Ada syarat dan ketentuan yang diterapkan di Galeri Rasulullah SAW, yaitu :

  • Pemesanan tiket masuk Galeri Rasulullah SAW hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Sapawarga.
  • Dalam setiap kunjungan di Galeri Rasulullah SAW terbatas hanya 120 orang setiap harinya.
  • Ada enam sesi setiap hari kunjungan yang terdiri dari 20 orang per sesi nya.
  • Galeri Rasulullah dibuka pada hari Rabu sampai Minggu, sedangkan Senin dan Selasa libur.
  • Wajib menunjukan QR Code pada petugas sebelum masuk Galeri Rasulullah SAW.
  • Setiap akun di aplikasi Sapawarga hanya bisa memesan maksimal 5 tiket.

Jam Operasional Galeri Rasulullah SAW

Galeri Rasulullah SAW di Masjid Raya Al Jabbar Bandung memiliki jam operasional tertentu yaitu dibuka pada hari Rabu sampai Minggu dari pukul 13.00 wib sampai 17.00 wib. 

Jam operasional tersebut dibagi menjadi 6 sesi agar pengunjung yang masuk tidak membludak. Jumlah pengunjung yang berada di dalam pun dibatasi agar tidak saling berdesakan saat ingin ke Galeri Rasulullah SAW. Dalam satu sesi tour di dalam Galeri Rasulullah maksimal berjumlah 20 orang.

Galeri Rasulullah di kelola oleh DKM Masjid Raya Al Jabbar sehingga setiap kunjungan berjalan dengan baik dan lancar. Para pengunjung akan diarahkan dan ditemani selama tour di dalam Galeri Rasulullah SAW. Hal ini sangat memudahkan pengunjung untuk lebih memahami setiap proses dan tahapan yang ada di dalam Galeri Rasulullah SAW.

Isi Galeri Rasulullah SAW

Galeri Rasulullah SAW di Masjid Raya Al Jabbar Bandung berisi tentang perkembangan agama Islam dari awal hingga penyebarannya ke Jawa Barat. Ada banyak diorama yang mewakili keadaan masyarakat dan budaya semasa Islam datang. Diorama-diorama tersebut menjadi media untuk memudahkan pengunjung dalam mendalami sejarah perkembangan Islam karena terlihat lebih nyata dari pada gambar atau lukisan.
Selama berada di dalam Galeri Rasulullah, para pengunjung juga diberi kesempatan untuk melihat diorama tersebut dalam bentuk video melalui aplikasi yang disediakan. Petugas yang mendampingi akan membantu pengunjung untuk menggunakan layar sentuh yang ada. Dalam hal ini Galeri Rasulullah menjadi semakin menarik untuk diselesaikan hingga ujung ruangan.

Apa saja isi di dalam Galeri Rasulullah?
  • Secara singkat, ada banyak peristiwa dan pengetahuan lain yang dijabarkan secara lengkap di Galeri Rasulullah, diantaranya yaitu :
  • Asmaul Husna
  • 25 Nabi dan Rasul
  • Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW
  • Masa Kecil Rasulullah hingga Dewasa
  • Masa Kenabian Rasulullah SAW
  • Masa Perjuangan Menyebarkan Agama Islam
  • Masa Hijrahnya Rasulullah
  • Berbagai Perang yang Terjadi
  • Masa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW
  • Masa Wafatnya Rasulullah SAW
  • Masa Khalifah-Khalifah
  • Masa Penyebaran Islam Sampai ke Jawa Barat

Semua peristiwa dan perkembangan agama Islam dari masa ke masa di jelaskan dengan detail dan menarik oleh petugas galeri melalui diorama dan juga video.

Satu lagi yang paling menarik dan paling ditunggu oleh setiap pengunjung yang datang ke Galeri Rasulullah yaitu ruangan tempat simulasi terjadinya peristiwa Isra Miraj yang dialami oleh baginda Rasulullah SAW.

Sebuah ruangan dengan alas kaca dan teknologi cahaya juga proyektor dipadukan menjadi media yang sangat apik hingga setiap pengunjung bisa merasakan sensasi Isra Miraj bersama nabi Muhammad SAW yang dibawa untuk bertemu dengan Allah SWT dan menerima wahyu berupa kewajiban salat lima waktu. Rasanya ikut terbang tinggi menembus lapisan ke tujuh langit dan ikut bersama Rasulullah bertemu langsung dengan Allah SWT.

Pengalaman Berharga Di Galeri Rasulullah SAW

Alhamdulillah, Tirta dan keluarga diberi kesempatan dan kemudahan oleh Allah SWT untuk bisa masuk ke Galeri Rasulullah SAW. Pengalaman ini tidak akan bisa kami rasakan tanpa ijin dan rejeki dari Allah SWT.

Seperti yang sebelumnya telah Tirta jelaskan bahwa tiket Galeri Rasulullah sulit didapatkan. Selain jumlahnya terbatas untuk setiap harinya, pemesanan tiket pun harus dilakukan jauh-jauh hari. Nah, ketika kami berencana untuk ke Masjid Raya Al Jabbar Bandung tentu saja kami juga berburu tiket Galeri Rasulullah. Sayangnya, tidak ada tiket tersisa di tanggal kunjungan kami. Kami sudah pasrah jika pun memang belum rejeki bisa masuk ke Galeri Rasulullah.

Tirta dan keluarga tiba di Masjid Raya Al Jabbar sebelum azan Zuhur berkumandang. Kami bergegas masuk dan mengambil wudhu agar bisa ikut salat Zuhur berjamaah. Dengan penuh rasa kagum dan bahagia, kami menyusuri setiap sisi masjid hingga naik ke lantai atas untuk salat berjamaah. Selepas salat Zuhur berjamaah, kami kembali berkeliling dan mencari lokasi Galeri Rasulullah. Penasaran dengan tiket yang terjual habis di aplikasi Sapawarga, Tirta memberanikan diri untuk bertanya langsung pada petugas galeri.

Masya Allah, rejeki datang tanpa di duga. Petugas galeri memberi kami tiket yang ada di akunnya. Beliau bilang bahwa kami bisa memakainya tanpa dipungut biaya alias gratis. Bahagia rasanya mendapat kabar gembira ini hingga kami pun sabar menanti giliran untuk masuk ke galeri.

Ketika sedang menunggu giliran, kami didatangi oleh seorang ibu dan anak perempuannya. Mereka menanyakan perihal tiket masuk galeri. Berhubung petugas memiliki 5 tiket sedangkan kami hanya ber 4, maka kami meminta ijin pada petugas untuk membagi tiket tersebut pada ibu dan anaknya. Alhamdulillah, dengan niat tulus untuk berbagi rejeki kami pun bergabung menjadi satu rombongan. Lima tiket untuk 4 orang dewasa, 1 anak usia 9 tahun, dan 1 balita. 

Alhamdulillah, kemudahan dan kebahagiaan kami dapat sekaligus. Rejeki bisa masuk ke galeri untuk menambah wawasan dan pengetahuan sejarah perkembangan Islam. Rejeki untuk berbagi pada orang lain yang juga ingin merasakan pengalaman simulasi peristiwa Isra Miraj nabi Muhammad SAW.

Nah, bagi Sahabat yang ingin berkunjung ke Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar Bandung, Tirta sarankan untuk memesan tiketnya di aplikasi Sapawarga jauh-jauh hari. Semoga bisa dapat rejeki dan kesempatan seperti kami.


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta