√Wahana Baru Di Taman Bunga Celosia Bandungan, Semarang
Header catatantirta.com

Wahana Baru Di Taman Bunga Celosia Bandungan, Semarang

Taman bunga Celosia Bandungan Semarang

Hai Sahabat

Sudah tahu belum kalau Taman Bunga Celosia Bandungan, Semarang kini sudah mengalami banyak perubahan.

Saat ini terdapat wahana baru taman Celosia yang menjadi daya tarik unggulan untuk menarik pengunjung.

Taman Bunga Celosia merupakan destinasi wisata di lereng kaki gunung Ungaran, Bandungan Kabupaten Semarang. Pemandangan sekitar khas pegunungan, ditambah dengan iklim yang sejuk membuat wisatawan berkunjung ke Taman Bunga Celosia.

Alamat Taman Bunga Celosia

Alamat taman bunga Celosia Bandungan Semarang

Taman Bunga Celosia Bandungan beralamat di Jalan Wisata Candi Gedong Songo Km 0.5 Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.

Lokasinya sangat terjangkau sebab berada tepat di tepi jalan utama atau jalan raya.

Sebelumnya Taman Bunga Celosia merupakan tempat wisata sekaligus sebagai pusat budidaya aneka tanaman bunga. Wahana utamanya adalah taman bunga yang terbentang di seluruh penjuru area. Berbagai jenis bunga dibuat dengan dekorasi dan konsep yang cantik dan indah. Sangat cocok untuk melepas lelah dan penat. Semua sudut Taman Bunga Celosia menjadi tempat terbaik untuk berfoto. Pokoknya instagramable banget.

Fasilitas Taman Bunga Celosia

Fasilitas pendukung di Taman Bunga Celosia sudah cukup lengkap. Mulai dari toilet, musala, foodcourt, dan parkir semua tersedia dengan baik. 

1. Area Parkir



Taman Bunga Celosia menyediakan area parkir yang sangat luas. Hal ini dikarenakan kebanyakan pengunjung yang datang adalah rombongan atau kelompok karya wisata yang menggunakan bis.

2. Musala dan Masjid

Masjid dan Musala Taman bunga Celosia Bandungan Semarang


Ada musala yang cukup nyaman sebagai tempat salat bagi pengunjung yang beragama Islam. Musalanya tidak terlalu luas akan tetapi air dan tempatnya bersih.

Ada juga masjid yang cukup besar di dekat area parkir Taman Bunga Celosia Bandungan, Semarang.

3. Foodcourt

Taman Bunga Celosia memiliki foodcourt di luar dan dalam tempat wisata. Semuanya menawarkan berbagai jenis makanan yang enak dan lezat. Bukan hanya makanan berat tetapi juga terdapat aneka cemilan, makanan ringan, dan juga berbagai jenis minuman.

4. Toilet

Ada beberapa lokasi yang disediakan untuk memudahkan para pengunjung yang ingin ke toilet. Ukurannya cukup luas, bersih, dan gratis.

Wahana Taman Bunga Celosia

Mulai tahun 2023, Taman Bunga Celosia berhasil mengembangkan dan menambah banyak wahana seru yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung.

Jika sebelumnya hanya terdapat aneka bentuk taman dan beberapa wahana, saat ini sudah bertambah wahana hiburan berupa permainan yang membuat pengunjung makin betah berada di Taman Bunga Celosia.

Yuk kita simak wahana lama dan baru yang ada di Taman Bunga Celosia.

Wahana Lama Di Taman Bunga Celosia

Sebelum melalukan renovasi dan penambahan wahana, Taman Bunga Celosia Bandungan sudah memiliki wahana rekreasi yang cukup banyak dan menarik. Terutama yang menjadi andalan adalah aneka bentuk taman bunga yang dibuat cantik, menarik dan indah untuk berfoto. Taman bunga dipenuhi aneka jenis tanaman dan bunga yang disusun dan di tata dengan apik bersama ornamen-ornamen tambahan lainnya.

1. Aneka Taman Bunga

Taman bunga Celosia Bandungan Semarang


Seluruh wilayah dipenuhi dengan banyak bunga. Tak perlu dipertanyakan lagi tentang keindahannya sebab wahana utama di sini adalah taman bunga yang membanjiri seluruh wilayah rekreasi.

2. Kolam Renang

Ada kolam renang cukup luas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Kolam renang ini cocok untuk anak-anak bermain air. Ada tambahan biaya bagi pengunjung yang ingin mencoba wahana air ini.

3. Feeding Rabbit

Feeding Rabbit atau memberi makan kelinci menjadi wahana favorit para anak. Mereka bebas berinteraksi dengan kelinci-kelinci yang menggemaskan. Sebelum masuk ke area kelinci diwajibkan membeli makanan kelinci terlebih dahulu. Harga pakannya kisaran Rp. 10.000 - Rp. 15.000.

4. Penyewaan Hanbok

Ada tempat penyewaan Hanbok atau pakaian khas dari negara Korea yang bisa dicoba oleh para pengunjung. Penyewaan Hanbok ini dikenakan biaya sesuai dengan besar kecilnya nya ukuran Habok. Sedangkan asesorisnya bebas memilih tanpa tambahan biaya.

Setelah memakai Hanbok, pengunjung bisa berfoto dengan background pemandangan khas negara gingseng tersebut.

Ada pohon-pohon sakura dan juga foto-foto besar artis ternama dari Korea Selatan yang sengaja di pasang untuk dijadikan media berfoto. Selain itu juga ada dekorasi lain yang menyerupai kondisi di negara Drakor (drama korea) tersebut.

5. Spot Foto Instagramable

Spot foto Taman bunga Celosia Bandungan Semarang


Hampir di semua area Taman Bunga Celosia bandungan merupakan spot foto yang dijamin instagramable banget. Mulai dari bunga-bunga yang indah, dekorasi aneka bentuk, dan juga pemandangan gunung yang menawan. Semuanya menjadi kesatuan dan perpaduan yang indah untuk dijadika moment kebahagiaan.

Wahahan Baru Di Taman Bunga Celosia

Setelah mengalami perbaikan dan penambahan wahana rekreasi, Taman Bunga Celosia Bandungan semakin digandrungi banyak orang. Baik pada musim liburan ataupun tidak, Taman Bunga Celosia Bandungan, Semarang tidak pernah sepi pengunjung.

Taman Bunga Celosia menjadi tempat rekreasi yang disukai banyak orang dari smeua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua, semua bisa merasakan hiburan dan kebahagiaan di Taman Bunga Celosia.

Berikut wahana baru di Taman Bunga Celosia Bandungan yang membuatnya semakin digemari oleh semua kalangan.

1. Spot Foto Instagramable

Semakin banyak spot foto yang fitawarkan oleh Taman Bunga Celosia. Tempat-tenpat foto ini smeua gratis alias tanpa biaya. Ini dia area spot foto Instagramble telengkap di Taman Bunga Celosia.

  • Selfi Gedung Museum
  • Lorong Wisteria
  • Lorong Tanpa Batas
  • Taman Vertikal
  • Italia Kecil
  • Korea Kecil
  • Kaktus Raksasa
  • Dermaga Putih
  • Taman Tropis
  • Taman Bunga
  • Taman Laut Putih
  • Piramida
  • Lorong Bunga
  • Tebing Celosia
  • Bunga Rumah Hijau

2. Wahana Permainan Trampolin

Para pengunjung usia anak-anak bisa bermain trampolin yang seru dan menyenangkan. Wahana permainan trampolin ini dikenakan biaya dengan waktu bermain yang tidak terbatas.

3. Ontang-Anting

Wahana permainan Ontang-Anting menjadi pilihan semua kalangan usia mulai dari 10 tahun ke atas. Bagi sahabat yang senang dengan permainan adrenalin, bisa bangete nih nyobain wahana Ontang-Anting.

4. Kolam Renang

Wahana kolam renang yang baru dibuat lebih luas dan ada penambahan permainan airnya. Para pengunjung khususnya anak-anak akan semakin bertah bermain air di sini.

5. Taman Domba dan Kelinci

Ada taman domba dan kelinci yang siap menjadi wahana interaksi anak-anak dengan dua binatang lucu ini. Pemberian makan domba dan kelinci diberikan oleh petugas setelah pengunjung membeli pakannya. Jadi tidak sembarang makanan boleh diberikan pada domba dan kelinci yang ada di Taman Bunga Celosia Bandungan.

6. Sekuter Listrik dan Riding Dino

Sekuter listrik dan riding dino taman bunga Celosia Bandungan Semarang


Ada penyewaan sekuter listrik dan juga mini dinosaurus yang bisa ditunggangi. Wahana permainan ini dikenakan biaya cukup mahal. Waktu bermainnya juga sebentar hanya sekitar 10 sampai 15 menit. Menurut saya permainan ini perlu dikaji ulang terkait biaya penyewaannya.

7. Rainbow Slide

Rainbow slide taman bunga Celosia Bandungan Semarang


Wahan permainan Rainbow Slide ini biasa disebut dengan srodotan donat. Para pengunjung bisa meluncur dari ketinggian melalui seluncuran warna-warni yang bergerigi dengan menaiki ban yang telah diberi pegangan di kanan dan kirinya.
Bagusnya di Raincow Slide ini, petugas memberikan helm keselamatan untuk semua pengunjung yang akan menaikinya. Hal ini mengantisipasi terjadinya benturan atau tabrakan ketika meluncur ke bawah.
Ohya, di wahana Rainbow Slide ini juga ditawarkan jasa foto dan video rekaman saat pengunjung meluncur. Apabila ingin mengambil hasil videonya, pengunjung dikenakan biaya tambahan di luar dari biaya naik Rainvow Slise.

8. Dino Land

Dino Land menjadi wahana berupa taman yang di dalamnya ada beberapa replika dinosaurus. Aneka dinosaurus berdiri di sepanjang jalan dengan mengeluarkan suara auman yang mengejutkan. Di sini pengunjung juga bisa berfoto dan berkeliling mengamati aneka jenis dinosaurus.

9. Flying Bee

Wahana taman bunga celosia bandungan semarang


Wahana permainan Flying Bee merupakan salah satu permainan yang cocok untuk anak-anak. Cara kerja wahan ini adalah dengan mengayuhnya sehingga bisa naik dan turun sambil berputar. Butuh tenagan yang cukup besar untuk mnegayuh secaa bersamaan agar bisa naik dan turun.

10. Golf Car

Golf Car menjadi pilihan yang tepat apabila Sahabat ingin berkeliling Taman Bunga Celosia tanpa berjalan kaki. Golf Car ini disewakan dengan biaya yang cukup merogoh kocek tetapi untungnya bisa di isi oleh beberapa orang. Kapasitasnya bisa 4 sampai 6 orang.

11. Kora-Kora

Ada wahana Kora-Kora berukuran sedang yang ketinggiannya cukup menantang. Bagi kalian yang tidak tahan goncangan, terpaan angin, dan juga takut ketinggian sebaiknya tidak mencoba wahana Kora-Kora ini. Meski ukurannya lebih kecil dibanding dengan Kora-Kora yang ada di Dufan tetapi cukup menggetarkan adrenalin dan juga mengocok perut. 
Tak sedikit pengunjung yang pusing bahkan muntah ketika mencoba wahana permainan KoraKora.

12. Biang Lala

Biang lala wahana taman bunga celosia bandungan semarang


Sebuah Biang Lala besar dan tinggi menjadi ikon kebanggaan di Taman Bunga Celosia Bandungan. Setiap pengunjung wajib banget nih mencoba naik Biang Lala. Meski laju perputarannya pelan, Tetapi sensasi menantang berada di ketinggian cukup mengglitik adrenalin.
Saat berada di puncak Biang Lala sahahabt bisa melihat seluruh wilayah Taman Bnga Celosia yang indag dan menawan. Sahabaty juga bsisa melihat gunung Ungaran yang aggah berdiri ketika tidak ada awan atau kabut di sekitarnya.

13. Rodeo Rotari

Wahana permainan Rodeo Rotari letaknya berdekatan dengan Trampolin. Meski berdekatan keduanya merupkan dua wahana dengan biaya yang berbeda.
Rodeo Rotari berbentuk bantung yang akan bergerak-gerak, berputar, dan seperti mengamuk ke segala arah. Pengunjung yang naik akan dibuat jatuh. Namun tidak perlu khawatir sebab area di bawah Rodeo Rotari dibaut empuk dan melambung seperti trampolin sehingga aman saat terjatuh.

14. Lorong Tanpa Batas

Wahan yang satu ini snagat unik dan menarik. Lorong Tanpa Batas merupakan wajana di dalam ruangan yang setiap sisinya terpasang cermin. Cermin-cermin ini saling memantulkan sehingga membuat pengunjung bingung saat berada di dalamnya.
Keseruan di dalam Loorng Tanpa Batas ini adalah pengunjung diajak berkeliling, berjalan mencari pintu atau jalan keluar yang tepat diantara barisan kaca yang manipulatif.
Selama berada di wahana Lorong Tanpa Batas, pengunjung disajikan dekorasi-dekorasi yang cak=ntik dan juga instagramable. Jadi setiap sudutnya bisa dijadikan background untuk berfoto. Tak jarang pengunjung betah berlama-lama di wahana ini untuk emndapatkan foto-foto terbaiknya.

15. Penyewaan Hanbok dan Kimono

Jika sebelumnya hanya ada penyemwaan Hanbok sebagai pakaian khas Korea Selatan, sekarang ini sudah tersedian penyewaan Kimono yang menajadi pakaian orang-orang Jepang.
Sahabat bisa meyewa Hanbok atau Komono dengan berbagai asesorisnya dan berfoto dan berjalan-jaalan di Taman Bunga Celosia.

Kelebihann Taman Bunga Celosia

Sangat diakui bahwa Taman Bunga Celosia Bandungan ini patut menjadi temapat wisata terbaik untuk smeua kalangan. Berbagai macam wahana permainan ditawarkan sebagai hiburan yang menyenangkan dan juga mengagumkan menjadi keunggulan tempat rekreasi ini.
Kelebihan lainya yaitu area parkirnya yang luas, tolietnya bersih, foodcourt banyak, dan udaranya yang sejuk juga bersih tentu saja menjadi alasan yang kuat agar dipilih menjadi tempat wisata favorit keluarga.

Kekurangan Taman Bunga Celosia

Berdasar pengamalan Tirta saat mengunjubgi Taman Bunga Celosia Bandungan, hanya satu yang mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk pihak pengelola yaitu terkait harga tiket. Hampir semua wahana permainan di Taman Bunga Celosia berbayar. Menurut saya hal ini cukup memberatkan pengunjung seperti saya. Alangkah baiknya ada alternatif lain seperti pembelian tiket terusan untuk semua wahana atau tiket bundling yang bisa dipilih untuk beberapa wahana permainan.
Saya rasa dengan adanya tiket terusan atau tiket bundling akan membuat Taman Bunga Celosia semakin ramai dan digemari banyak orang.

Tips Berkunjung Ke Taman Bunga Celosia

Buat Sahabat yang akan berkunjung ke Taman Bunga Celosia, Tirta punya beberapa tips nih yang mungkin bisa bermanfaat.

1. Cek Peta / Jalur Berkendara

Jalur menuju Taman Bunga Celosia sering kali mengalami kemacetan yang cukup panjang terutama di masa liburan. Saran dari Tirta sebaiknya coba mencari jalur alternatif yang bisa dilalui ketika kemacetan terjadi. Hal ini akan sangat membantu karena sahabat tidak akan membuang-buang waktu untul bermacetan di jalan yang menanjak dan menurun.

2. Cek konsdisi kendaraan

Jalur menuju Taman Bunga Celosia merupakan jalan dataran tinggi yang tanjakannya cukup tajam di beberapa titik. Pastikan kendarana kalian dalam kondisi prima untuk emncegah mogok dan hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Membawa Payung

Lokasi Taman Bunga Celosia merpakan daerah pegunungan yang jika panas maka akan cuku terik. zsedangakan hujan pun sering kali tiba-tiba turun tanpa peringatan, Maka dari itu aknnbgkah baiknya sedia payung sebelum hujan dan antisipasi saat matahri cukup terik.

Oke Sahabat. Itulah catatan Tirta untuk Taman Bunga Celosia Bandungan, Semarang. Buat kalian yang berada di wilayah Semarang dan sekitarnya, wajib banget main ke sini dan mencoba semua wahananya.
Jangan lupa siapkan fisik yang sehat, stamina yang kuat, dan juga dompet yang tebal.

Selamat liburan


18 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. Awalnya neng Ai kira De Laponte wisata di Batu karena hampir mirip.hehe Setelah membacanya, ternyata tempat wisata ini lebih lengkap dan bagus-bagus. Semoga bisa kesana suatu saat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mirip ya Neng Ai. Bismillah semoga bisa main ke Celosia ya

      Hapus
  2. Terakhir kali ke Celosia, masih dalam tahap pembangunan. Masih sepi, tapi sudah banyak tempat buat spot foto bersama bunga-bunga bermacam warna. Sekarang sudah bagus banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Nia. Wahana makin banyak dan bisa dinikmati hampir semua usia

      Hapus
  3. Lihat dari fotonya aja bikin ngiler pengen main kesana, kebayang serunya musim liburan kaya gini main kesan, apalagi disana nampak instagramnable sekalian, cocok buat yang suka ngonten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget buat NgeVlog mba. Semua sudutnya instagramable banget ditambah lagi udaranya sejuk

      Hapus
  4. Celosia ternyata sekarang tambah cantik dan fasilitasnya tambah banyak. Saya terakhir kesana pas masih di renovasi mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa titik juga masih pembangunan mba Yayuk, tetapi yang sekarang pun sudah banyak wahana dan fasilitas lainnya yang komplit

      Hapus
  5. Iya ya mbak, mungkin kalau dibuat harga paket lebih irit bagi pengunjung ya. Kalau menelusur dari wahananya emang komplit, sampe gempor itu kaki. Kalau berbayar semua wahananya, jadi bisa pilih wahana yang terjangkau saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya pun punya usul yang sama. Semoga nanti bisa ada tiket terusan ya minimal bebas pilih 5 wahana

      Hapus
  6. Oo ternyata lokasinya dekat dengan Candi Gedong Songo ya. Anak saya wisata pondok ke Celosia pas barengan syuting Celebriti On Vacation Trans Tv. Malah beberapa anak diminta sekalian syuting. Jadinya pas di rumah langsung nyari videonya, ketemu....celosia pas itu jadi penuh santriwati bergamis. Oh ya ada layanan foto juga di sana. Murah dapetnya banyak dan hasilnya bagus, anak-anak pada patungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, Gedong Songo tinggal naik sedikit lagi.
      Masya Allah para santri pasti suka ya seru tempatnya

      Hapus
  7. Wah seru banget ada penyewaan hanbok juga. Aku pengen banget bisa sewa hanbok sambil foto di spot yang Instagramable ala2 Korea, hehe. Harga sewanya berapa mbak dan selama berapa jam? Taman wisatanya mirip yang di Subang, sekilas aku bacanya Bandung 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga sewa Hanbok dan asesorisnya sekitar 50k, waktunya kurang belih 15 menit karena antriannya puanjang. Nah spot foto ala Korea sudah disediakan di dekat penyewaan tetapi boleh kalau mau cari spot lain

      Hapus
  8. Masya Allah, makin bagus saja ya Celosia. Bak di negeri dongeng. Bisa puas banget ya jalan-jalan dan main di sana, karena banyak alternatif pilihan permainan plus pemandangan yang memanjakan mata. Auto sibuk pengen Selfi di semua spot 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, puas banget swafoto sebab hampir semua areanya cantik dan instagramble banget plus bonus udara segar pegunungan

      Hapus
  9. Tertarik dengan banyak spot foto yang cakep nya...dari foto terlihat luas ya..musti siapkan tenaga ekstra ya kalau mau jajal semua spot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, mesti siapkan kaki yang kuat dan jiwa yang bahagia biat bisa menikmati indahnya Celosia

      Hapus