√Pengalaman Seru Naik Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung
Header catatantirta.com

Pengalaman Seru Naik Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung

Pengalaman seru naik kereta cepat whoosh jakarta-bandung

Hai Sahabat,

Jalan-jalan bareng kak Tina
Jauhnya sampai ke Kenya
Kereta cepat Indonesia Cina
Itu si Whoos namanya

Sahabat sudah tahukah tentang kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung yang baru saja diluncurkan oleh pemerintah Indonesia?

Tentang Kereta Cepat Whoosh

Kereta cepat Jakarta-Bandung ini merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Cina. Kereta dengan kecepatan super ini diberi nama Whoosh. Rute yang dibuka saat ini adalah perjalanan dari Jakarta sampai Bandung.

Dikutip dari situs resmi KCIC Indonesia, ternyata proyek kereta cepat Whoosh ini sudah digagas sejak tahun 2015. Proses yang cukup lama dengan segala macam pembangunan, akhirnya kereta cepat Indonesia Cina atau KCIC Whoosh berhasil diresmikan pada tahun 2023. Tepatnya pada awal bulan Oktober 2023.

Presiden Indonesia, bapak Joko Widodo melakukan uji coba pertama kali perjalanan kereta cepat Whoosh bersama para staft dan banyak influencer juga artis dari berbagai kalangan. Uji coba ini tentu saja langsung trending sebab dipublikasikan oleh banyak tokoh di media sosial. Namun, bukan berarti kereta cepat Whoosh terkenal karena kehadiran mereka ya Sahabat. Peluncuran dan peresmian kereta api cepat Whoosh memang sudah dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Khususnya para warga Bandung, Jakarta, dan sekitarnya. Bahkan saya selaku warga Bekasi pun ikut penasaran dan ingin mencobanya.

Rute perjalanan kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung melewati 4 stasiun utama yaitu stasiun Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. Namun, saat saya mencoba pertama kali kereta cepat Whoosh hanya melewati 3 stasiun yaitu berangkat dari stasiun Halim, berhenti di stasiun Padalarang, dan berakhir di stasiun Tegalluar. Sedangkan untuk stasiun Karawang belum dilakukan pemberhentian.

Sahabat bisa membaca lebih lengkap tentang sejarah dan proses kereta api cepat Whoosh Jakarta-Bandung pada situs resmi KCIC.

Kecepatan dan Waktu Tempuh Kereta Api Cepat Whoosh

Kecepatan maksimal kereta cepat whoosh jakarta-bandung


Kereta api cepat Whoosh Jakarta-Bandung memiliki kecepatan maksimum hingga 350km/jam. Dengan kecepatan tersebut, jarak antara Jakarta-Bandung hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit. Waktu tempuh tersebut bisa saja bertambah apabila kereta cepat Whoosh transit atau berhenti di stasiun Karawang atau Padalarang.

Selama perjalanan kereta api cepat Whoosh rute Jakarta-Bandung ataupun sebaliknya, kecepatan laju kereta tidak selalu berada di batas maksimal. Hanya sekitar 5 menit kereta cepat Whoosh melaju stabil di kecepatan 350km/jam. Selebihnya, kereta bergerak dengan kecepatan berubah-ubah mulai dari 80km/jam hingga 275km/jam.

Apabila sahabat mengambil rute stasiun Halim-Padalarang, maka waktu tempuh tang dibutuhkan hanya sekitar 22 menit saja. Apabila Sahabat ingin berwisata di daerah Bandung kota dan sekitarnya, maka paling tepat mengambil rute stasiun Halim-Padalarang ini.

Pengalaman Seru Naik Kereta Cepat Whoosh

Pengalaman seru naik kereta api cepat Whoosh Jakarta-Bandung dimulai dari awal kami memesan tiketnya. Kami mendapat info bahwa tiket kereta api cepat Whoosh sedang promo. Harganya hanya Rp. 150.000 / satu orang. Tanpa berpikir lama, kami langsung memesan tiket promo tersebut. Dan benar saja yang kami tebak. Tiket promo kereta api cepat Whoosh langsung ludes terjual dalam waktu kurang dari satu jam. Terlebih lagi kami memesan tiket di akhir pekan. Beruntungnya masih kebagian tiket promonya.

Kami mengambil rute perjalanan dari stasiun Halim menuju titik akhir stasiun Tegalluar. Sengaja kami mengambil rute ini agar bisa merasakan secara penuh perjalanan dari Jakarta ke Bandung dengan kcic Whoosh. Ini menjadi pengalaman seru bagi saya dan keluarga terutam anak-anak.

Setelah berhasil mendapatkan tiket kereta api cepat Whoosh, kami pun melakukan beberapa persiapan. Persiapan yang kami lakukan meliputi :
  • Pakaian
  • Perlengkapan
  • Bekal
  • Uang saku
  • Tempat wisata

a. Pakaian

Kami memilih pakaian yang sederhana dan nyaman dipakai selama perjalanan. Ada tujuan tempat wisata yang akan sengaja kami singgahi yaitu Masjid Agung Al Jabbar. Sebab akan mampir ke Masjid Agung Al Jabbar, kami pun menggunakan pakaian yang sopan dan layak untuk melakukan wisata reliji.

b. Perlengkapan

Tidak banyak perlengkapan yang kami bawa. Cukup dengan charger handphone, topi, kacamata hitam, alat salat (mukena), plastik, dan juga goodibag. Semuanya kami masukkan dalam satu tas agar lebih ringkas dan mudah saat dibawa. jadi kami hanya menggunakan satu tas untuk seluruh perlengkapan keluarga.

Topi, kacamata hitam, mukena, plastik, dan goodibag kami siapkan untuk kunjungan ke Masjid Raya Al Jabbar. Topi membantu kami terlindungi dari panasnya matahari. Kacamata hitam menjadi penghalang teriknya sinar matahari. Sedangkan goodibag dan plastik kamu gunakan untuk menyimpan sandal ketika memasuki wilayah Masjid Raya Al Jabbar. Aturan di masjid mengahruskan kami untuk melepas alas kami dan menyimpannya dalam kantong baru kemudian diletakkan pada loker yang telah disiapkan.

c. Bekal

Tidak banyak bekal makanan ringan yang yang kami bawa. Hanya satu jenis cemilan dan satu thumbler yang bisa diisi ulang. Masjid Al Jabbar menyediakan air minum di sekitar wilayah masjid. Para pengunjung bebas mengambil air tersebut tanpa dikenakan biaya alias gratis.

d. Uang Saku

Di jaman yang serba digital ini, kami hanya membawa uang cash seperlunya saja. Tidak banyak sebab semua kemudahan bertransaksi bisa dilakukan melalui telepon seluler yang selalu dibawa kemana pun.

e. Tempat Wisata

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, kami berencana mengunjungi Masjid Raya Al Jabbar. Pilihan wisata religi ini menjadi kunjungan wisata paling tepat ketika Sahabat melakukan perjalanan denga kereta api cepat Whoosh. Lokasi masjid Raya Al Jabbar hanya sekitar 1km dari stasiun Tegalluar. 

Sambil menunggu jadwal kereta api Whoosh rute balik yaitu dari stasiun Tegalluar ke stasiun Halim, kami melakukan salat Zuhur dan Asar di Masjid Raya Al Jabbar. Ohya Sahabat, kami membeli tiket pertama dengan rute stasiun Halim-Tegalluar pada pukul 10.45 wib. Sedangkan untuk rute baliknya yaitu dari stasiun Tegalluar-Halim, kami mendapat tiket di pukul 16.20 wib. Selama rentang waktu tersebut kami berada di masjid saja.

Pengalaman seru naik kereta api cepat Whoosh Jakarta-Bandung menjadi kenangan yang menyenangkan bagi kami saya dan keluarga. 

Fasilitas Kereta Api Cepat Whoosh

Ada beberapa fasilitas yang bisa Sahabat dapatkan ketika mencoba perjalanan dengan kereta api cepat Whoosh. Meski stasiun yang dibangun masih sangat baru, tetapi semuanya sudah memenuhi kebutuhan dasar yang diperlukan oleh para penumpang.

1. Toilet

Toilet di stasiun kereta cepat whoosh jakarta-bandung kcic


Toilet penumpang disediakan di dalam stasiun dan juga gerbong kereta. Toilet di stasiun bersih dan nyaman. Jumlah kamarnya juga banyak sehingga para pengunjung terhindar dari antrian yang mengular.

Sedangkan toilet di dalam gerbong kereta api cepat sangat bagus. Meski toiletnya kecil tetapi lengkap, bersih, unik, dan mewah. Toilet di gerbong kereta cepat Whoosh dilengkapi dengan tisu, wastafel, closed duduk, dan pewangi ruangan. Saya sampai terkagum ketika memasuki toilet. Kebetulan saat perjalanan pulang, anak kedua kami ingin beuang air kecil.

2. Eskalator

Kami belum menemukan lift di stasiun. Eskalator menjadi tangga otomatis yang membantu mobilitas penumpang dari pintu masuk menuju kereta cepat Whoosh. 

3. Replika Kereta Cepat Whoosh

Replika kereta cepat Whoosh Jakarta Bandung


Ini nih yang bikin penasaran para pengunjung. Replika atau miniatur kereta cepat Whoosh sengaja diletakkan tepat di sekitar ruang tunggu stasiun. Replika ini mengundang banyak pengunjung untuk berfoto dan mengamati keunikan kereta cepat Whoosh.

4. Mini Market

Stasiun kereta cepat Whoosh sudah dilengkapi dengan mini market dan beberapa outlate makanan. Pengunjung bisa membeli makanan ringan maupun berat di sekitar ruang tunggu stasiun.

5. Mesin Cetak Tiket

Mesin cetak tiket kereta cepat whoosh jakarta bandung


Saat berada di stasiun Halim, kami melihat beberapa mesin cetak tiket yang telah berjajar di runag tunggu. Mesin tersebut bisa digunakan oleh pengunjung untuk mencetak tiket kereta.

6. Petugas Siaga

Ada beberapa petugas siaga yang siap melayani para pengunjung. Mereka siap memandu dan membantu penumpang yang mengalami kesulitan ataupun kebingungan.

7. X-Ray

Mesin x-ray di stasiun kereta cepat jakarta bandung kcic whoosh


Setiap stasiun kereta cepat Whoosh dilengkapi dengan mesin X-Ray. Para penumpang wajib melakukan pengecekan X-Ray atas barang-barang yang dibawa.

8. Papan Informasi

Papan informasi di ruang tunggu stasiun halim kereta cepat whoosh


Ada papan informasi besar di area ruang tunggu yang menjadi himbauan untuk seluruh penumpang kereta api cepat Whoosh. Papan informasi tersebut berisi larangan-larangan di sekitar area stasiun.

9. Ruang Tunggu

Setiap stasiun kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung dilengkapi dengan ruang tunggu yang luaa dan nyaman. Para calon penumpang bisa bersantai, berfoto, belanja, dan mengisi daya handphone di ruang tunggu.

Sedikit info tambahan buat Sahabat semua bahwa stasiun kereta api cepat Whoosh didesain berbeda dari stasiun kereta pada umumnya. Stasiun kereta cepat sangat menyerupai bandara. Rasanya seperti akan naik pesawat daripada naik kereta ketika pertama kali masuk ke stasiun Halim.

Nah, Sahabat. Itu tadi pengalaman seru naik kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung.
Makin penasaran kan ingin coba naik kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung. Pantau terus berita seputar tiket kereta api cepat Indonesia Cina KCIC Whoosh supaya bisa dapat promonya.

Selamat berpetualanga.



Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta