√Cara Jadi Blogger Pemula Banyak Cuan Lewat Blog Plan
Header catatantirta.com

Cara Jadi Blogger Pemula Banyak Cuan Lewat Blog Plan

Hai Sahabat,
Makin banyak belajar blogging di Blogspedia, Tirta makin bertambah ilmu nih di dunia blog. Satu yang wajib dan ini baru Tirta ketahui adalah tentang cara jadi blogger pemula banyak cuan lewat blog plan. Kok bisa?

Apa itu blog plan?

Seperti apa bentuk dan cara buatnya?

Kenapa sih harus bikin blog plan? Memang apa manfaatnya?

Yuk, merapat kita kupas bareng tentang blog plan bagi para blogger. Pastinya ada banyak manfaatnya dong. Apalagi buat blogger pemula seperti Tirta. Ini cara jadi blogger pemula banyak cuan lewat blog plan.

Tentang Blog Plan

cara jadi blogger pemula banyak cuan lewat blog plan


Jika diartikan secara kata, blog plan berarti rencana blog atau sederhananya adalah perencanaan blog.
Dari beberapa artikel yang Tirta baca, blog plan merupakan sebuah cara seorang blogger untuk mengelola konten di blog agar lebih terencana sehingga menghasilkan goals yang tepat.

Blog plan bisa dibuat secara berkala mulai dari harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan. Semua dibuat sesuai kebutuhan dan target yang ingin dicapai. Membuat blog plan perlu memperhatikan empat hal yaitu :

  • Niche
  • Outline
  • Goals
  • Schedule

1. Niche

Buat blog plan sesuai dengan niche atau tema yang ada di dalam blog. Kesesuaian ini akan memudahkan sahabat saat menentukan artikel mana yang akan direncanakan lebih dulu.

2. Outline

Saat membuat blog plan, sertakan outline artikel secara detail. Outline ini akan menjadi jalan aman saat artikel di garap.

3. Goals

Dengan membuat blog plan, maka akan terlihat target pencapaian yang ingin didapatkan. Sahabat blogger bisa menganalisa dan membuat strategi sendiri agar antinya tujuan blog bisa tercapai dengan baik.

4. Schedule

Blog plan tentu saja berisi jadwal postingan artikel yang tekah disesuaikan dengan niche dan goals blog. Dari schedule yang dibuat, maka akan menjadi pengingat waktu posting artikel yang telah direncanakan.

Niche, outline, goals, dan schedule dan blog plan merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. Keempatnya menjadi salah satu cara jadi blogger pemula banyak cuan lewat blog plan ini.

Manfaat Blog Plan

Manfaat blog plan sebagai cara blogger pemula banyak cuan lewat blog plan

Sebuah perencanaan yang baik tentu saja akan memberikan banyak manfaat. Begitu pula dengan blog plan. Ada beberapa manfaat blog plan yang bisa mendukung blog kalian makin tertata dan bagus.
  • Jadwal posting lebih teratur
  • Keseimbangan konten
  • Kemudahan mencari keyword sesuai niche blog
  • Menemukan konten di hari spesial
  • Menetapkan ide-ide menarik
  • Terhindar dari beku ide
  • Kemudahan mencari postingan konten
  • Hemat waktu

a. Jadwal Posting Lebih Teratur

Dengan membuat blog plan, maka jadwal postingan lebih teratur. Sahabat bisa menentukan jadwal postingan apakah setiap hari satu konten, satu minggu 2 konten, atau yang lainnya. Bebas merdeka sesuai dengan target yang ingin kalian capai.

b. Keseimbangan Konten

Apabila Sahabat memiliki blog dengan banyak niche, maka dengan membuat blog plan kalian akan dapat menyusun jadwal postingan secara teratur dan seimbang. Setiap niche mendapat jatah konten sehingga blog tetap pada jalur niche yang ditargetkan.

c. Kemudahan Mencari Keyword Sesuai Niche Blog

Sebagai blogger tentunya kita ingin banyak pengunjung membaca konten atau artikel yang dibuat. Selain untuk meningkatkan rating pengunjung juga agar isi konten bisa sampai pada target yang tepat. Apalagi jika konten yang kita buat bermanfaat, maka besar harapannya bisa menebarkan manfaat itu seluas-luasnya.

Nah, blog plan ini akan memudahkan kita saat mencari keyword yang sesuai dengan niche blog dan konten yang diinginkan pembaca. Ada waktu yang lebih untuk melakukan pencarian keyword karena sudah ada blog plan yang dibuat dengan rapi.

d. Menemukan Konten Di Hari Spesial

Saat membuat blog plan, tentu saja kita melihat kalender. Dari kalender ini akan ditemukan informasi tentang hari-hari spesial yang biasanya dirayakan atau diperingati pada waktu tertentu. Penulisan artikel atau konten bisa disesuaikan dengan hari-hari spesial tersebut. Misal hari raya besar, peringatan kemerdekaan, dan lain sebagainya.

e. Menetapkan Ide-Ide Terbaik

Blog Plan bisa menjadi acuan ide terbaik mana yang akan kita posting lebih dulu. Banyak ide yang tentunya sudah dibuat, namun dengan blog plan kalian bisa mengutamakan ide terbaik yang selesaikan terlebih dahulu.

f. Terhindar Dari Beku Ide

Dalam membuat blog plan tentunya sudah ada daftar ide konten yang akan dikerjakan. Dengan daftar tersebut Sahabat akan terhindar dari beku ide sehingga blog akan terus aktif dan produktif.

h. Kemudahan Mencari Postingan Konten

Setelah memposting konten, Sahabat bisa langsung melampirkan link artikelnya ke blog plan. Hal ini menjadi pertanda atau laporan bahwa konten yang direncanakan sudah berhasil dibuat sesuai jadwal. Selain sebagai bukti pencapaian target, lampiran link postingan di blog plan juga memberi kemudahan saat mencari postingan.

i. Hemat Waktu

Ketika blogger lain sedang mencari ide konten, Sahabat blogger sudah memiliki daftar ide dan artikel yang akan di posting dalam blog plan. Daftar ide di blog plan ini akan memberikan bonus hemat waktu untuk kalian. Tidak butuh waktu lama lagi untuk membuat satu konten sebab sudah terlampir ide, waktu, dan outline di dalam blog plan.

Media Membuat Blog Plan

Media membuat blog yang dipakai sebagai cara jadi blogger pemula banyak cuan lewat blog plan

Ada tiga media yang bisa Sahabat pakai untuk membuat blog plan.
  1. Manual
  2. Worksheet/Printable
  3. Digital

1. Manual

Media manual yang biasa digunakan untuk membuat blog plan adalah buku dan alat tulis. Bagi kalian yang suka mencatat menggunakan buku dan bolpoin atau pensil, media manual ini sangat cocok untuk menyusun blog plan.

2. Worksheet Atau Printable

Saat ini sudah banyak media dan aplikasi yang menyediakan worksheet dan printable secara gratis maupun berbayar. Sahabat tinggal mencarinya atau bisa membuatnya di beberapa aplikasi pendukung lainnya. Kelebihan dari worksheet atau printable biasanya pada desainnya yang lucu, unik, dan menggemaskan. Ini membuat kita lebih bersemangat saat membuat blog plan.  

3. Digital

Selain menggunakan cara manual dan worksheet / printable,  membuat blog plan juga bisa dilakukan dengan media digital seperti excell, power point, dan berbagai aplikasi android. Sahabat tinggal memilih mana yang sangat membantu dan nyaman untuk digunakan.

Peluang Job Blogger

Peluang job blogger pemula dapat cuan lewat blog plan


Menjadi seorang blogger tentu bukan hanya sekedar hobi dan hiburan belaka. Ada tujuan lain yang juga merupakan bonus dari konten yang kita buat di blog yaitu cuan alias penghasilan. Dari mana uang itu datang? Tentu saja dari job yang kita dapat dari ngeblog. Peluang job blogger bisa kita dapatkan melalui beberapa cara yaitu :
  1. Konsisten update blog dan media sosial
  2. Bergabung di komunitas blogger
  3. Bergabung di grup SMSC di facebook, BPNetwork, Raja Backlink, Viral.id, Sociago, dan media online lainnya.
  4. Membuat rate card
Konsistensi dalam update blog tentu saja sangat berpengaruh pada peluang job blogger. Ketika blog kita aktif dari postingan konten yang sudah terjadwal di blog plan, maka pembaca dan pengunjung blog akan mengenali blog kita. Ini bisa juga menjadi branding blog sehingga kehadiran konten blog ditunggu-tunggu oleh pembaca dan pengunjung.

Selain rutin update blog, Sahabat juga perlu aktif di media sosial. Ingat bahwa salah satu cara personal branding adalah aktif di media sosial? Nah, maka dari itu Sahabat harus rajin update media sosial kalian supaya semakin banyak peluang job blogger yang masuk.

Sebagai blogger tentu saja perlu meluaskan pergaulan agar bisa lebih dikenal dan juga update informasi di dunia blogging. Caranya yaitu dengan bergabung di berbagai komunitas blogger dan juga jaringan sosial lain seperti grup SMSC di facebook, BPNetwork, dan lain sebagainya.

Ketika Sahabat mulai mendapat job, ada baiknya membuat rate card. Rate card ini berisi kualifikasi kalian saat menerima job. Tidak ada standar paten untuk mebuat rate card sebab setiap klien memiliki ketentuan komisi yang berbeda-beda. Namun, tidak menutup peluan kalau kalian bisa melampirkan angka tertentu di rate card. Hal ini bisa menjadi dasar komisi yang mungkin ditawarkan oleh klien saat mendapat peluang job blogger

Apa saja sih job yang bisa dilakukan seorang blogger?
Seorang blogger berpeluang menjadi reviewer, placement content, google adsense, jasa banner space, dan affiliate.

1. Reviewer

Sebagai blogger, job reviewer biasanya berkaitan dengan event, product, maupun jasa. Kalian akan bertugas membuat review atau ulasan dari sebuah product atau event tertentu. Ulasan ini biasanya dibuat sesuai dengan keinginan klien.

2. Placement Content

Job placement content cukup mudah yaitu kalian memposting konten yang sudah disipakan oleh klien. Bisa juga berupa backlink dan lain sebagainya.

3. Google Adsense

Google AdSense adalah program periklanan milik Google. Layanan periklanan ini memiliki basis CPC atau Cost Per Click dan memungkinkan pemilik situs atau website untuk memperoleh penghasilan melalui iklan yang terpasang pada situs mereka.
Blog akan diisi dengan iklan-iklan tertentu yang muncul di beberapa tempat. Dari sinilah menghasilkan cuan.

4. Jasa Banner Space

Klien akan meminta kita untuk memasang banner mereka di blog. Jadi, ada tempat yang sengaja disediakan sebagai area banner milik klien.

5. Affiliate

Dalam istilah bisnis, affiliate adalah salah satu strategi atau program dalam teknik pemasaran yang dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan secara online dengan waktu yang singkat. Sistem affiliate biasanya menggunakan cara komisi. Ketika klien berhasil mendapat keuntungan dari promosi produknya di blog kita, maka ada komisi yang akan kita dapatkan.

Jenis Blog Plan Dan Cara Membuatnya

Seperti yang Tirta sebelumnya bahwa blog plan bisa dibuat secara harian, mingguan, bulanan, dan tahuan. Kali ini Tirta 

1. Blog Plan Tahunan

Blog plan tahunan berisi target yang ingin dicapai dalam satu tahun, seperti jumlah konten setahun, nominal penghasilan, rencana upgrade blogging, dan juga jadwal rapi-rapi blog.

2. Blog Plan Bulanan

Blog plan bulanan merupakan turunan dari blog plan tahunan. Bisa diisi dengan target jumlah konten dalam satu bulan, judul konten, dan catatan hari-hari spesial dalam bulan tersebut.

3. Blog Plan Mingguan

Sama seperti blog plan bulanan, blog plan mingguan menjadi penjabaran dari target bulanan. Isinya semakin spesifik mulai dari jadwal postingan, perencanaan konten sesuai niche, dan menyiapkan berbagai referensi pendukung konten.

4. Blog Plan Harian

Rincian konten blog berada di blog plan harian. Isinya paling detail dari pada blog plan lainnya. Kalian bisa menuliskan outline konten seperti tema, kategori, judul, tanggal posting, referensi, tujuan konten, dan manfaatnya.

Contoh Blog Plan

Berikut Tirta coba membuat blog plan tahunan dan mingguan.
contoh blog plan mingguan jadi blogger pemula




8 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. MasyaAllah penjelasan dan content plannya detail

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, kak Nzul, semoga bisa membantu ya

      Hapus
  2. Target blog plan tahunannya keren kak.

    BalasHapus
  3. wah aku baru tahu.. ada jasa banner space..memang jadi bloger banyak peluangnya ya kak, sesuatu yang kelihatannya engga mungkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kak. Banyak peluang saat kita konsisten dan terus berusaha

      Hapus
  4. wah peluang mendapatkan uang dari blog banyak juga ya kak... semangat semoga semakin banyak peluang job untuk kita para blogger pemula.. :)

    BalasHapus