√10 Aktivitas Seru di Pantai Pandawa, Bali
Header catatantirta.com

10 Aktivitas Seru di Pantai Pandawa, Bali

10 aktivitas seru di pantai pandawa yang bisa kalian lakukan


Ada banyak aktivitas seru di Pantai Pandawa yang bisa Sahabat lakukan selama liburan di Bali. Seperti banyak diketahui bahwa Pantai Pandawa menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi apabila berlibur ke Bali. Keindahan tebing dan pantainya merupakan daya tarik yang tak terelakkan dan sayang untuk dilewati. Lokasi Pantai Pandawa yang strategis dengan jalanan yang mulus membuat para wisatawan mudah mencapainya.

Aktivitas Seru di Pantai Pandawa

Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Berbagai aktivitas seru di Pantai Pandawa membuat suasana pantai semakin ramai dan menyenangkan. Baik siang maupun sore hari, Pantai Pandawa tak pernah sepi pengunjung.
Apa saja aktivitas seru di Pantai Pandawa yang bisa Sahabat lakukan?
Yuk, Simak di sini :
  • Berenang
  • Berjemur
  • Bermain Pasir
  • Berfoto
  • Kulineran
  • Belanja Oleh-Oleh
  • Relaksasi Kaki
  • Pijat Tradisional
  • Belajar Budidaya Rumput Laut
  • Interaksi Sosial

1. Berenang

Aktivitas paling menyenangkan yang bisa Sahabat lakukan di Pantai Pandawa adalah berenang. Air laut yang jernih seperti menyeret badan untuk segera bercengkrama bersama air laut nan berkilau. Bagi para pengunjung Pantai Pandawa yang berenang harus mengikuti aturan yang berlaku.

2. Berjemur

Aktivitas seru di Pantai Pandawa yang juga banyak dilakukan pengunjung domestik maupun mancanegara adalah berjemur. Ada banyak kursi dengan payung-payung di sepanjang pantai. Para pengunjung bebas memilih tempat mana yang ingin dipakai untuk berjemur. Tetapi, setiap kursi dan payung tersebut berbayar alias tidak gratis.

3. Bermain pasir

Bagi pengunjung usia anak-anak, bermain pasir di Pantai menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Anak-anak bebas membentuk pasir dengan aneka rupa sesuai imajinasi mereka. Sementara anak-anak bermain pasir, biasanya para orangtua mengawasi sambil menikmati keindahan Pantai Pandawa.





4. Berfoto

Pantai Pandawa memiliki banyak lokasi menarik yang bisa dijadikan tempat untuk berfoto. Diantaranya yaitu :
  1. Tebing Belah
  2. Patung Pandawa dan Mahabarata
  3. Tebing Pandawa
  4. Bebatuan
  5. Gapura

a. Tebing Belah

Sahabat Tirta yang sedang berwisata ke Pantai Pandawa wajib banget berfoto di dekat tebing belah. Tebing ini letaknya persis sebelum pintu masuk Pantai Pandawa. Setiap pengunjung selalu menyempatkan diri untuk berhenti sejenak dan mengadakan moment indah di dekat tebing. Sayangnya, tebing belas ini merupakan akses lalu lintas yang cukup ramai. Jadi, para pengunjung harus berhati-hati saat akan berfoto.

b. Patung Pandawa dan Mahabarata

Ada beberapa patung yang berdiri indah diantar cadas tebing. Pandawa bersaudara, dewi Kunthi dan tokoh Mahabarata lain bisa pengunjung lihat saat berkendara melintasi tebing belah. Sayangnya, sangat sulit untuk bisa berfoto di dekat patung-patung tersebut sebab letaknya persis di tepi jalan raya. Jadi, apabila ingin berfoto harus menunggu waktu yang tepat yaitu saat tidak ada kendaraan yang melintas.

"Pulau Dewata, Pulau Keindahan"


c. Tebing Pandawa

Ada satu lokasi yang sengaja disiapkan oleh pihak pengelola Pantai Pandawa. Tempat ini sangat strategis sebagai lokasi untuk berfoto. Ada bangunan bertuliskan Pantai Pandawa yang berdiri persis di seberang tebing belah. Tempat ini memang disediakan sebagai area berfoto yang aman. Jadi, para pengunjung tidak perlu berhenti di tepi jalan untuk mengambil foto tebing. Cukup dengan berdiri di atas bangunan ini maka bisa berfoto dengan background tebing Pandawa dan juga Pantai Pandawa. Indah sekali melihat Pantai Pandawa dari atas sisi tebing ini.

d. Bebatuan

Ada banyak bebatuan di sekitar Pantai Pandawa. Batu–batu ini terlihat estetik di tempatnya berdiam diri. Tak perlu mengantri lama apabila ingin berfoto disebuah batu yang indah, sebab ada banyak batu berjajar dan bertumpuk di sekitar Pantai Pandawa.

e. Gapura

Gapura merupakan ciri khas atau budaya masyarakat Bali yang sangat melekat. Hampir semua tempat memiliki gapura sebagai pintu atau gerbang masuk tempat tersebut. Bentuknya yang indah dengan berbagai ukiran bernilai seni tinggi menjadi daya tarik utama semua tempat di Bali. Gapura ini juga menjadi spot foto estetik yang sayang untuk dilewatkan.

5. Kulineran

Bagi wisatawan yang ingin bersantai di tepi Pantai Pandawa bisa menepi di warung-warung yang telah disediakan. Warung-warung tersebut menawarkan banyak jenis makanan dan minuman. Para wisatawan bisa menikmati aneka kuliner sambil memandang indahnya Pantai Pandawa.

6. Belanja Oleh-Oleh

Satu yang tak bisa dilewatkan ketika berlibur ke Bali yaitu oleh-oleh khas Bali. Sahabat Tirta yang sedang berkunjung ke Bali bisa membeli oleh-oleh di mana saja termasuk di Pantai Pandawa. Ada toko-toko yang menyediakan aneka pernak-pernik, kerajinan tangan dan oleh-oleh khas pulau Dewata Bali.
Kursi dan payung tempat bersantai


7. Relaksasi Kaki

Berjalan di sepanjang Pantai Pandawa tanpa alas kaki bisa menjadi bagian dari terapi atau relaksasi kaki. Kaki yang tidak menggunakan alas kaki bisa langsung bersentuhan dengan butiran-butiran pantai yang halus dan hangat. Perpaduan ini dapat menjadi media untuk relaksasi kaki dan juga bagian tubuh lainnya yang saling terhubung.

8. Pijat Tradisional

Sahabat Tirta bisa mencoba pijat tradisional yang ditawarkan oleh masyatakat sekitar. Kalian bisa bersantai menikmati keindahan Pantai Pandawa sambil merasakan pijat tardisional khas penduduk Bali.

9. Belajar Budidaya Rumput Laut

Sahabat Tirta bisa belajar budidaya rumput laut milik penduduk yang ada di dekat Pandawa. Para pengunjung diberi kesempatan untuk melihat secara langsung kegiatan para petani rumput laut. Belajar cara budidaya rumput laut dari mulai mengikat bibit, menanam, sampai menjemur rumput laut.

10. Interaksi Sosial

Setiap kali kita berkunjung ke suatu tempat tentu saja kita bersentuhan dan bersinggungan dengaa semua yang ada di tempat tersebut. Aktivitas seru di Pantai Pandawa yang jarang sekali disadari oleh para wisatawan adalah interaksi sosial. Tanpa sadar para wisatawan berinteraksi dengan masyarakat dan budaya Bali. Tak jarang pula dapat berinteraksi dengan wisatawan lain baik domestik maupun mancanegara. Interaksi yang terjalin ini bisa menimbulkan hubungan sosial yang baik antar sesama manusia. Saling menghormati dan menghargai budaya sosial orang lain.





Keunggulan Pantai Pandawa

Pantai Pandawa menjadi objek wisata andalan Bali dengan berbagai keunggulan, diantaranya adalah :

a. Fasilitas Umum

Berbagai fasilitas umum di Pantai Pandawa semakin lengkap. Bahkan sekarang ini sudah berdiri musala yang bisa dipakai sebagai tempat beribadah umat Islam. Rasa toleransi yang tinggi berdampak pada peningkatan kenyamanan pengunjung sehingga menjadi keunggulan semua objek wisata yang ada di pulau Bali. Selain musala, ada juga tempat bilas dan ganti pakaian serta toilet yang bersih dan nyaman. Fasilitas umum utama lainnya yaitu area parkir. Pantai Pandawa menyediakan area parkir yang cukup luas. Para wisatawan baik pribadi maupun rombongan bisa memarkir kendaraannya dengan nyaman di area parkir yang telah disediakan.

b. Guide

Satu keunggulan lain yang juga ada di hampir semua objek wisata di Bali adalah tersedianya guide. Guide ini bukan hanya diperuntukkan bagi wisatawan mancanegara tetapi juga wisatawan domestik.

c. Harga Tiket Murah

Pantai Pandawa memasang tiket masuk pengunjung sekitar Rp. 15.000 per orang untuk wisatawan domestik. Bagi wisatawan mancanegara, harga tiket masuk tentu saja berbeda. Selain tiket masuk, ada juga tiket parkir sebesar Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp. 2.000 untuk sepeda motor. Harga tiket ini bisa saja berubah sesuai dengan situasi yang ada di pulau Bali.

d. Jam Operasional

Pantai Pandawa buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 Wita. Saat paling bagus untuk berkunjung ke Pantai Pandawa adalah ketika musim kemarau. Cuaca yang cerah dan berangin menambah keindahan Pantai Pandawa, Bali.


Buat Sahabat Tirta yang ingin berlibur ke Bali jangan lupa mampir ke Pantai Pandawa. Banyak aktivitas seru di Pantai Pandawa yang bisa kalian lakukan.


Selamat berlibur.
















Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta