√Berbagai Aktifitas Menyambut Tahun Baru Islam
Header catatantirta.com

Berbagai Aktifitas Menyambut Tahun Baru Islam

 Bismillah,

Peringatan tahun baru Islam atau penanggalan Hijriyah tidak kalah seru dengan perayaan tahun baru nasional atau dunia. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan selama merayakan datangnya tahun baru Islam. Semua kalangan bisa melakukan banyak kegiatan yang akan menambah semarak dan kebahagiaan di tahun baru. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia bisa memilih berbagai kegiatan untuk mengisi pergantian tahun. Para pelajar bisa mengikuti berbagai kegiatan yang disiapkan di sekolah. Masyarakat umum pun dapat menghadiri acara yang diselenggarakan oleh pengurus setempat.

Ada beberapa pilihan aktivitas yang bisa dilakukan dalam rangka menyambut tahun baru Islam, yaitu :
1. Lomba
Kegiatan seru berupa perlombaan biasanya diselenggaran oleh instansi pendidikan. Baik itu pendidikan formal maupoun  nonformal. Jenis lombanaya pun beragam disesuaikan denan tingkat usia ataupun pendidikan. Berikut jenis lomba yang bisa menyemarakkan tahun baru Islam :
a. Lomba Azan
Azan menjadi pilihan lomba untuk anak laki-laki. Azan menjadi bagian dari ibadah salat, maka dari itu sangat cocok mengasah kemampuan azan anak-anak. Tujuannya adalah suapaya anak menghapal azan dengan baik dan dapat melantunkannya dengan merdu. Lomba azan ini bisa dilakukan mulai dari tingkat taman kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah menenngah pertama, sekolah menengah atas dan juga di ytamna pendidikan Alquran.
b. Lomba Mewarnai
Mewarnai merupakan aktivitas yang menyenangkan dan mengasah kreatifitas. Materi gambar yang diwarnai trentu saja yang erat kaitannya dengan semarak tahun baru Islam. Lomba mewarnai bisa dilakukan untuk jenjang taman kana-kanak, sekolah dasar, dan taman pendidikan alqurna.
c. Lomba kaligrafi
Melukis kaligrafi membutuhkan keahlihan dan ketekunan juga kreatifitas. Melaului kaligrafi, anak-anak maupun remaja bisa semakin dekat dengan asma-asma Allah SWT. Bisa juga membuat kaligrasi potongan ayat yang bermakna. Lomba kaligrafi bisa dilakukan mulai dari taman pendidikan alqurna, tingkat sekolah dasar hingga menengah atas. Semakin tinggi level pendidikannya, maka semakin menarik jenis kaligrafinya.
d. Lomba pidato
Pidato seringkali menjadi kategori perlombaan. bukan hanya ketika peringatan taun baru Islam, tetapi juga perayaan lainnya. Pidato merupakan jenis lomba bidang literasi yang banyak sekali manfaatnya. Lomba pidato dapat mengasah literasi bahasa, rasa percaya diri, dan puclic speasking.
e. Lomba salawat
Ada banyak jenis salawat yang bisa dijadikan sarana lomba dalam ragka menyambut tahun baru Islam. Lomba salawt ini bisa dilakukan perseorangan maupun kelompok. Tentu saja dengan beberapa kriteria penjurian yang sesuai. Salawat akan menumbuhkan rasa cinta kepada nabi Muhammad SAW. Salawat juga dapat mempererat hubungan antar sesama muslim.

2. Salat sunah
sSalat sunah..... dilakukan secara bersamajaah. Kaum muslimin melaksanakannya dimalam hari setelah salat Isya. Salat sunah ini bermakna ...

3. Dzikir dan doa bersama
Kegiatan dzikir bersama seringkali dilakukan di malam pergantian tahun baru hijriyah. Masyarakat beramai-ramai datang ke masjid atau tempat yang memang sengaaj disiapkan untuk melakukan dzikir bersama.

4. Pengajiuan akbar

5. Santunan yatim piatu


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta