√Komplit dan Nyaman Perpustakaan Provinsi Daerah Hawa Tengah
Header catatantirta.com

Komplit dan Nyaman Perpustakaan Provinsi Daerah Hawa Tengah

Bismillah
Serpihan perjalanan Keluarga Jejak Lampah. Kamis, 22 Juni 2023

Pagi nan cerah menghiasi langit kota Semarang. Selepas sarapan dan merapikan kamar, kami segera beranjak dari hotel. Tujuan kami hari ini adalah Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Perpustakaan ini merupakan pusatnya Jawa Tengah.

Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah berlokasi di Jl. Sriwijaya No.29a, RW.2, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50614. Tempatnya berada tepat di tepi jalan raya sehingga mudah dijangkau.

Kami meluncur ke perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan ojek online. Awalnya kami berniat menggunakan bus trans Semarang, akan tetapi rute bus harus memutar dahulu baru bisa sampai di Peepustakaan. Padahal, lokasinya tidak jauj dari hotel tmepat kami menginap. Jadilah kami memesan ojek online untuk mempersingkat waktu.

Sekitar pukul 10 pagi kami sudh berada di gedung besar berwarna putih dengan tinggi bangunan tiga lantai. Tak menunggu lama, kami langsung melangkah masuk. Kedatangan kami disambut baik oleh petugas perpustakaan di lobby. Mereka tak sungkan memberitahu lokasi-lokasi yang ada di perpustakaan Provinsi Jawa tengah ini. Penyampaian dan penjelasan mereka juga menyenangkan. Dengan senyum dan bahasa yang santun juga gestur tubuh sopan, memberi kesan menyenangkan saat berkunjung.

Ruangan pertama yang kami tuju adalah ruang baca anak. Letaknya di lantai dasar yang tepat bersebrangan dengan meja resepsionis. Ohya, sebelumnya kami sudah mengisi buku hadir di meja resepsionis. Tepat setelah kami melepas sandah dan membuka pintu ruang baca anak, lagi-lagi kami disambut dengan ramah oleh petugas perpustakaan. Ada dua orang petugas yang berjaga di ruang baca anak. Keduanya sangat ramah dan sopan. Petugas perpustakaan meminta kami untuk mengisi lembar hadir lagi. Bukunya berbeda dari yang tersedia di meja resepsionis.

Selain terpesona denga sikap ramah para petugas ruang baca anak, kami juga langsung takjub denga isi ruangamnya. Bayangan kami ruang baca anak berisi rak-rak buki anak yang berbaris di banyak tempat. Pikiran kami langsung gagal total ketkka melihat ke seluruh isi ruangan. Luar biasa ruang baca anak di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah ini. Seluruh ruanngan ditata seperti playground anak. Bermacam fasilitas tersedia di sana. Selain buku yang tertata rapi dan bersih, di sana juga tersedia prosotan, ayunan, trampolin, rumah-rumahan,  mobil-mobilan besar, aneka mainan anak, dan beberapa komputer. 

Saya jamin setiap anak yang berkunjung ke ruang baca ini pasti akan betah. Ruang bacanya tidak melulu soal buku, tetapi juga berbagai mainan edukasi anak. Bahkan kompiter yang disediakan berisi games seru yang benas dimainkan oleh semua pengunjung perpustakaan.
Satu point tambahan lagi untuk para petugas perpustakaan di ruang baca anak adalah mereka ramah menawarkan bantuan pada anak atau oengunjung yang kesulitan mengambil mainan. Bahkan mereka tidak mengatakan oerintah untuk merapikan kembali mainan yanh digunakan. Salut sekali oada petugas perpusatakaan di ruang baca anak ini.

Selain ruang baca anak, para pengunjung perpustakaan bisa menuju lantai dua. Bagian lantai dua Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah ini dipenuhi banyak buku. Rak-rak berdiri kokoh dengan buku-buku yang tersusun rapi juga beraih. Di siai lain lantai 2 terdapat meja baca yang bebas digunakan oleh pengunjung untuk membaca atau menggunakan perangkat eletronik main seperti laptop dan smartphone. Catatan pentingnya adalah ssmua oengunjung dilarang berisik. Jadi, kondisi ruangan di lantai dua terbilang cukup hening. Sayup-sayup suara hanya terdengar di meja tamu dan sesekali diantata barisan kursi pembaca.

Kemudian mengarah ke lantai tiga.
Lantai tiga berisi ruangan-ruangan para pengurus dan oetugas perpustakaan. Ada meja baca di sana tetapi penggunanya hanya beberaoa orang saja. Lantai tiga ini memang masih ada rak buku, akan tetapi hanya sedikit. Sisa ruangannya sepertj kantir temoat oara petugas dan pengurua perpustakaan berdiri

Bagi kalian yang tinggal di Semarang atau sedang berkunjung ke kota Semarang, wajib banget nih mampir ke Perpustakaan Provinai Jawa Temgah ini. Kita dapat berwisata sambil menambah ilmu.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta