√Daftar Serial Animasi Inspiratif Kegemaran Anak-Anak
Header catatantirta.com

Daftar Serial Animasi Inspiratif Kegemaran Anak-Anak

Bismillah,

Dunia animasi Indonesi sekarang ini semamin berkem.bang. Kualitas animasi buatan dalam negeri kini mulai bersaing dengan produk luar negeri. Para animator Indonesia terus berinovasi membuat tokoh-tokoh animasi yang dekat dengan berbagai kalangan, khususnya anak-anak. Karakter yang dilahirkan memilki ciri khasnya masing-masing. Latar belakang, lingkungan, dan konflik yang diangkat pun berbeda-beda. Serial animasi produksi para putra bangsa memiliki kualitas gambar yang semakin bagus dan keren. Para orang tua diharapkan bisa mengenalkan tokoh-tokoh animasi ini kepada anak. Melalui serial animasi ini orang tua dapat menggunakannya sebagai media belajar anak. Cakupan belajarnya sangat luas. Mulai dari adab dan perilaku, budaya Indonesia, ilmu pengetahuan, sains, dan juga teknologi.

Ada beberapa serial animasi yang dapat dijadikan pilihan tontonan bermanfaat bagi anak-anak.

1. Nussa dan Rarra

Serial Nussa dan Rarra mulai diluncurkan pada tahun 2018. Lebih tepatnya pada tanggal 25 Oktober tahun 2018. Nussa dan Rarra diproduksi oleh pihak animasi bernama Little Giant. Serial Nussa dan Rarra mengangkat kehidupan seorang anak laki-laki bernama Nussa. Nussa adalah seprang difabel yang memiliki kekurangan fisik pada kakinya. Sedangkan Rarra adalaha adik perempuan Nussa yang ceria. Mereka tinggal bersama umma atau ibu dan seekor kucing lucu bernama Anta.

Serial Nussa dan Rarra menceritakan berbagai adab dan perilaku kaum muslim dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Mengajarkan anak-anak tentang adab dan perilaku  baik yang dapat ditiru oleh anak-anak di rumah.

Para penonton setia Nussa dan Rarra dapt menonton cerita-cerita terbaru buatan The Littel Giant ini di kanal youtube. 

2. Riko The Series

Serial Riko mulai ditayangkan pada tanggal 9 November 2019. Riko The Series merupakan seial animasi anak produksi Garis Sepuluh yang digawangi oleh artis-artis Indonesia. Serial Riko The Serie mengangkat cerita seorang anak laki-laki bernama Riko yang memiliki robot bernama Q110. Riko memiliki karakter anak laki-laki berusia 8 tahun yang senang berpetulangan, mengamati, dan mencoba hal-hal baru.

Serial Riko The Series memiliki damapk posifit bagi anak-anak. Berbagai serialnya mengajarkan anak untuk berperilaku baik. Serial ini juga berisi ilmu pengetahuan, adab,  kebudayaan Islam, teknologi dan sains. Saat ini serial Riko The Series bisa dinikmati melalui kanal youtube dan juga saluran televisi digital.

3. Truntung

Film animasi Trungtung merupakan serial kartun produksi The Litlle Giant. Setelah sukses menyajikan serial Nussa dan Rarra, The LIttle Giant mengeluarkan tokoh baru bernama Trungtung. Trungtung sendiri merupakan sebuah mobil box atau pick up yang memiliki banyak cerita bersama teman-temannya. Latar dari serial Trungtung ini adalah kehidupan berbagai jenis kendaraan darat yang memiliki banyak cerira seru soal kendaraan.

Serial animasi Trungtung bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga para dewasa dan orang tua. Kisah-kisah lucu dan seru para kendaraaan di jalanan, mengajarkan banyakan konflik yang sering terjadi di masyarakat. Para penonton serial Trungutng dapat menikmati setiap episodenya di kanal youtube yang sama dengn Nussa dan Rarra.

4. Diva The Series

Animasi Diva The Series sudah ada di chanel youtube sejak 16 Oktober 2015. Serial Diva The Series mengangkat kebudayaan yang ada di masyarakat Indonesia yang beraneka ragarm. Dicerirakan bahwa Diva merupakan seorang anak perepmpuan yang memiliki banyak teman. Teman-teman Diva berasala dari kota yang berbeda dan juga agama yang berbeda. Diva The Series mengajarkan bahwa keragaman yang ada di Indonesia bukanlah sumber perpecahan teatpi justru menjadi alat pemersatu bangsa.

Serial Diva The Series merupakan produksi dari PT. kastari Sentra Media yang  tanyang di chanel youtube dengan berbagai kisah yang menarik. Kehidupan Diva bersama teman-temannya sangat dekat dengan kebiasaan yang ada di masyarakat. Diva memiliki seekor kucing lucu bernama Pupus yang sellau menemaninya. Diva selalu bermain bersama tema -temannya yang beranama Tomi, Putu, Mona, dan Febi. Teman-teman DIva memiliki latar belakang suku, budaya, dan agama yang berbdea.  Konflik yang diangkat dalam cerita Diva The Series mengajarkan ana-anak Indonesiauntul saling menghargai dan menghornati serta menyayangi satu dengan lainnya.

Menonton serial animasi Diva The Series sama saja seperti belajar kehidupan bermasyarakat dan berbangsa di Indonesia.

5. Adit Sopo Jarwo

Serial animasi Adit Sopo Jarwo mulai ditayangkan di youtube sejak 30 Januari 2014. Sudah lama serial Adit Sopo jarwo ini menemani hari-hari para penontonya. Meskipun terbilang cuckup lama, serial Adit Sopo Jarwo masih digemari dan ditunggu setiap epiosde terbarunya.

Latar belakang serial Adit Sopo Jarwo adlah kehidupan bermasyarakat di sekitar lingkungan ibu kota Jakarta. Dengan mengangkat cerita-cerita teladan yang dapat diambil pembelajarannya, serial Adit Sopo Jarwo seriing menampilkan kelucuan tokoh-tokoh yang ada di dalamnya.

Semua animasi kartun di atas memiliki penggemarnya masing-masing. Cerita-cerita seru animasi tersebut dapat dilihat bebas di kanal youtube masing-masing dan juga stasiun televisi. Rata-rata penonton serial kartun ini adalah anak-anak. Semua serial animasi ini merupakan tontonan inspiratif yang bsia dijadikan sebagai media belajar bagi anak-anak di rumah. Anak-anak dapat meniru perilaku-perilaku baik yang dilakukan oleh para tokoh animasi kesayangan mereka. Biasanya anak-anak lebih mudah meniru perbuatan yang sering mereka lihat. Melalui tontonan yang baik, maka akan tertanam adab dan perilaku baik yang menjadi bekal kehidupan bermasyarakat.

Selain sajian tentang adab dan berperilaku, Semua serial animasi di atas juga menyajikan berbagai ilmu pengetahuan dan sains yang ada dalam kehidupan. Anak-anak diajak untuk berpikir maju dan kreatif sehingga kelak dapat menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat bagi kehidupan. 



Film-film animasi

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta