√Nebula Buku Kesembilan Serial Bumi ( Review Buku )
Header catatantirta.com

Nebula Buku Kesembilan Serial Bumi ( Review Buku )

 


Bismillah,

Serial Bumi semakin seru dan menegangkan. Banyak teka-teki terbongkar di setiap episodenya. Kali ini kenyataan terpenting muncul setelah disimpan bertahun-tahun. Kisah nyata yang membawa pada kelegaan namun juga kesedihan, kemarahan, kesal, serta kebingungan.

Judul : Nebula

Penulis : Tere Liye

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : 2021

ISBN : 9786020639536

Jumlah Halaman : 376 halaman

Harga : Rp. 68.000;00

Nebula merupakan nama dari sebuah Klan. Klan yang posisinya selalu berpindah tanpa aturan waktu yang jelas. Klan Nebula juga merupakan penjara bagi para raksasa dari Klan Bulan. Klan Nenbula dibatasi oleh dinding kokoh yang menjulang tinggi ke atas. Bahkan langitpun terlewati sebab tak terukur tingginya. Di bagian lain Klan Nebula terdapat raksasa-raksasa menyeramkan yang tertanam di bawah sana. Wajah mereka seperti tercekik dan meronta berusaha keluar. ya,  Klan Nebula adalah penjara yang dikunci dengan Cawan Keabadian. Cawan inilah yang diburu oleh Tamus dan kini Selena pun berambisi ingin memilikinya.

Cawan Keabadian disebut merupakan sumber kekuatan tiada banding. Jika seorang petarung memiliki Cawan Keabadian tersebut, maka bisa dipastikan ia akan menjadi petarung yang sangat hebat.

Selena, Mata, dan Task sudah memasuki tahun terakhir di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi. Mereka tengah sibuk menyelesaikan tugas akhir. Ada dua tugas yang diwajibkan kepada seluruh pelajar tingkat akhir. Tugas akhir tersebut merupakan syarat kelulusan dari Akademi Bayangan Tingkat Tinggi atau ABTT. Tugas pertama adalah membuat laporan tentang penelitian sebuah masalah. Tema dari penelitian itu bebas sesuai minat dan bakat para pelajar. Selena, Mata, dan Task tidak kesulitan menyelesaikan tugas akhir tersebut. Mereka tahu pasti mata kuliah  apa yang disenangi dan dikuasai.

Tugas yang kedua adalah bakti pada masyarakat atau sering disebut KKN ( Kuliah Kerja Nyata ). Para mahasiswa tingkat akhir dibagi menjadi beberapa kelompok yang ditugaskan pada distrik-distrik tertentu. Misi merrka adalah melayani dan membantu penduduk di distrik tersebut agar terlepas dari permasalahannya.

Selena, Mata, dan Task berada dalam satu kelompok dan ditugaskan ke Distrik Sungai Jauh-Jauh yang merupakan tempat asal Mata. Bukan karena kebetulan mereka bisa bertugas di Distrik Sungai Jauh-Jauh. Tetapi kecerdikan Selena lah yang membuat mereka bisa ditugaskan di sana bersama-sama. Kemampuan pengintai Selena berhasil mengubah data base pembagian kelompok tanpa ada mencurigainya. Begitulah Selena, Sang Pengintai.

Keberadaan Selena, Mata , dan Taska di Distrik Sungai Jauh-Jauh menjadi kesempatan besar unuk mencari portal menuju Klan Nebula. Berdasar pada perkamen tua dan sumber lain menjelaskan bahwa portal menuju Klan Nebula berada di Distrik Sungai Jauh-Jauh. Selena, Mata, dan Task tidak menyia-nyiakan kesempatan emas itu. Mereka menyusun rencana dari A sampai z ketika akan memulai petualanban msncari dan menemukan portal Klan Nebula tersebut. Mereka tidak tahu bahwa keputusan itu akan menciptakan petaka di dunia paralel.

Dengan kecerdasan Selena dan ketangguhan Mata juga Task, mereka berhasil menemukan portal Klan Nebula. Mereka berhasil memecahkan teka-teki kunci dari portal itu adalah Mata, sahabat mereka. Mata adalah keturunan murni yang memiliki banyak keistimewaan. Banyak kekuatan tak terduga yang muncul secara tiba-tiba dari diri Mata saat dalam situasi terdesak. Mata sang putri Aldebaran.

Klan Nebula ternyata berpenghuni. Penduduknya berasal dari Klan Aldebaram dengan teknologi paling mutahkhir. Namun, mereka memikih hidup sederhana dengan cara lama. Mereka menyukai itu.

Kehadiran  Selena, Mata, dan Task di Klan Nebula mendapat sambutan hangat. Meski ada satu penduduk yang kurang berkenan, namun tak mengurangi keramahan penduduk lain. Dari cerita penduduk diketahui bahwa Klan Nebula adalah penjara para raksasa. Penduduk Klan Nebula aslinya berasal dari Klan Aldebaran. Mereka mendapat misi berkunjung ke berbagai Klan untuk berbagi pengetahuan. Salah satu Klan yang didatangi adalah Klan Bulan. Saat itu penduduk Klan Bulan masih sangat primitif. Perlahan mulai mengenal teknologi dengan bantuan dari penduduk Klan Aldebaran yang datang.

Kehidupan di Klan Bulan semakin maju. Namun, ketamakan membuat semuanya kacau. Hingga para raksasa Klan Bulan pun bangkit dan mengacaukan segalanya. Lalu, seorang putri dari Klan Aldebaran mengorbankan dirinya untuk mengunci dan mengurung para raksasa di Klan Nebula. Kunci itu adalah Cawan Keabadian yang terbentuk dari pengorbanan sang putri. Cawan Keabadian adalah kunci keseimbangan dunia paralel. Jika diambil maka akan terjadi banyak kekacauan.

Benar saja, kekacauan yang dikhawatirkan terjadi sebab ambisi Selena. Ia mengambil Cawan Keabadian dan meloloskan para raksasa. Pertempuran besar meletus tak terelakkan. Bahkan Tamus yang datang ke Klan Nebula pun ikut bertarung melawan para raksasa. Hasilnya, Mata sang putri bulan harus mengorbankan dirinya untuk mengunci kembali para raksasa. Sama seperti putri Aldebaran pada masa sebelumnya.

Selena merasa sangat bersalah. Ia terbawa emosi. Selena pun telah ditipu oleh Tamus. Pada detik terakhir , Selena meminumkan air dari Cawan Keabadian pada Mata hingga Mata tertolong. Meski begitu, kesempatan hidup Mata tak bisa lama. Namun, ini lebih baik daripada kehilangan Mata.

Kejadian ini membuat sesepuh Klan Nebula marah. Beliau bernama Lumpu. Kekuatannya adalah menghapus kekuatan orang lain. Lumpu berhasil menghapus kekuatan Task. Dengan bantuan Kosong yang juga penduduk Klan Nebula, Selena bergegas pergi meninggalkan Klan Nebula bersama Mata dan Task. Mereka kabur dan bersembunyi di Klan Bumi.

Sebuah rahasia terbongkar. Task ternyata mencintai Mata sejak awal mereka berjumpa. Peeasaan Task pada Selena hanya sebatas teman. Mata dan Task pun menikah di Klan Bumi. Mereka adalah orangtua kandung Raib.

Semua cerita ini disampaikan oleh Miss. Selena lewat sambungan komunikasi dengan Ali di basement rumahnya. Miss. Selena berulang kali meminta maaf pada Raib atas semua kejadian tersebut. Keberaan Miss. Selena belum diketahui hingga sebuab kejutan datang lqgi yaitu Lumpu. Lumpu lah yang menculik Miss. Selena dan memenjarakan Miss. Selesan entah di mana. Keadaan Misa. Selena sangat memprihatinkan.

Bagaimana sikap Raib setelah mengetahui kenyataan ini? Miss. Selena yang telah lama dikaguminya ternyata adalah penyebab dari kepergian ibu kandung Raib.

Baca selengkapnya di buku Nebula.

Nantikan buku selanjutnya.

Buku Kesepuluh.

LUMPU.



Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta