√Daftar Tombol Keyboard dan Fungsinya
Header catatantirta.com

Daftar Tombol Keyboard dan Fungsinya

Bismillah,

Banyak para pengguna laptop atau komputer yang tidak mengetahui nama dan fungsi dari tombol yang ada di keyboard laptop atau komputer mereka. Terutama bagi para pengguna baru atau pemula yang kebanyakan adalah para anak dan remaja. mereka lebih tertarik menggunakan laptop atau komputer untuk main game daripada mempelajari fungsi dari setiap bagian keyboard.

Tombol yang paling utama adalah Tombol Power
Tombol power berfungsi untuk menyalakan laptop atau komputer. Letaknya bervariasi sesuai jenis laptopnya.

Bagi para pemula, sebaiknya tahu nama dan fungsi tombol yang ada keyboard mereka. Berikut daftar tombol-tombol keyboard yang ada pada laptop maupun komputer :

1. Tombol Esc
Tombol Esc terletak di ujung kiri atas. Fungsinya untuk membatalkan sebuah perintah yang sudah dilakukan. Semua perintah yang terlanjur diberikan akan batal jika menekan tombol Esc ini.

2. Tombol Caps Lock (CapsLk)
Tombol Capslock berada di sisi kiri. Fungsinya untuk membuat tulisan menjadi huruf besar atau huruf kapital. Saat menekan tombol Caps Lock ini maka ada lampu yang menyala pada keyboard sebagai penanda bahwa Caps Lock sedang aktif.

3. Tombol Tab
Tombol Tab berada sedikit di bawah/ di atas tombol Capslock. Fungsinya untuk memindahkan kursor dalam satu jeda atau tabulasi ke arah kanan. Saat mengetik dan menekan tombol Tab, maka kursor akan bergeser ke kanan dengan jarak satu tabulasi atau satu langkah.

4. Tombol Backspace
Tombol Backspace berada di sisi kanan huruf alphabet. Fungsinya untuk menghapus satu karakter yang berada di depan atau kiri kursor. Jika menekan tombol Backspace bersamaan dengan tombol Ctrl maka akan menghapus satu kata yang berada di depan kursor.

5. Tombol Delete
Tombol Delete berada di barisan keyboard paling atas. Fungsinya untuk menghapus satu karakter yang berada di belakang atau kanan kursor. Jika menekan tombol Delete dan tombol Ctrl secara bersamaan, maka satu kata akan terhapus.

6. Tombol Home
Tombol Home berfungsi untuk memindahkan kursor ke ujung sisi kiri pada satu baris saat mengetik. Jika menekan secara bersamaan antara tombol Home dan tombol Ctrl, maka kursor akan berpindah ke sisi kiri pada baris pertama paling atas pada lembar kerja.

7. Tombol End
Tombol End berfungsi kebalikan dari tombol Home. Tombol End akan memindahkan kursor ke sisi kanan paling akhir dalam satu baris dari tulisan. Jika menekan tombol End berbarengan dengan tombol Ctrl, maka kursor akan berpindah ke sisi kanan paling akhir dari lembar kerja.

8. Tombol Page Up dan Page Down
Tombol Page Up pada keyboard berfungsi sebagai penggerak baris satu layar ke arah atas. Sedangkan tombol Page Down merupakan kebalikan dari Page Up yaitu menggeserkan satu baris ke bawah. Jadi, Page Up dan Page Down akan mengubah kursor ke halaman atas atau ke halaman bawah.

9. Tombol Enter
Tombol Enter memiliki fungsi yang cukup beragam. Tombol Enter berfungsi untuk memindahkan kursor ke baris selanjutnya dan juga berfungsi sebagai suatu perintah setuju kepada suatu program yang ada pada komputer atau laptop.

10. Tombol Windows
Tombol windows biasanya terletak di bagian bawah keyboard serta berada diantara tombol alt dan juga ctrl. Tombol windows berfungsi untuk membuka start menu pada windows.

11. Tombol Space Bar ( Spasi )
Tombol space bar terletak pada keyboard bagian bawah dan menjadi tombol paling panjang pada keyboard. Fungsinya untuk menyelipkan atau menambahkan spasi antar karakter, antar kata, maupun antar kalimat dalam penulisan document.

12. Tombol Panah
Tombol panah terdiri dari empat arah, yaitu arah atas, bawah, kiri, dan kanan. Tombol panah berfungsi untuk mengarahkan kursor dan memilih file.

13. Tombol Num Lock
Tombol Num Lock letaknya berdekatan dengan angka atau nomor. Tombol Num Lock berfungsi untuk melakukan locking atau mengaktifkan dan menon-aktifkan tombol nomor atau angka.

14. Tombol Fn
Tombol Fn terletak di bagian bawah dan biasanya berdekatan dengan tombol Ctrl dan tombol windows. Tombol Fn disebut juga tombol function yang digunakan untuk mengaktifkan fungsi dari masing-masing tombol Fn.

Tombol Fn memiliki fungsi sesuai dengan nomornya. Kita akan menjabarkannya pada tulisan selanjutnya.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta