√Sekilas Tentang Rumah Belajar Cahaya
Header catatantirta.com

Sekilas Tentang Rumah Belajar Cahaya



Bismillah,

Sedikit cerita tentang Rumah Belajar Cahaya.

Kenapa disebut rumah belajar?

Apakah sudah ada ijin operasionalnya?

Rumah Belajar Cahaya merupakan nama dari kanal youtube kami Chanel Rumah Belajar Cahaya . Disebut rumah belajar karena tujuan utamanya adalah sebagai media atau sarana dokumentasi belajar anak kami. Chanel Rumah Belajar Cahaya memiliki misi kecil yaitu berbagi aktivitas yang bisa dilakukan orangtua bersama anak-anaknya. Aktivitas yang kami bagikan mengarah pada kegiatan yang mengasah motorik anak, mengasah kreatifitas, dan juga menambah pengetahuan.

Terkait ijin operasional, belum ada gerakan dari kami untuk menjadikan Rumah Belajar Cahaya sebagai instansi pendidikan yang berbadan hukum. Hal ini disebabkan karena aktivitas di Rumah Belajar Cahaya masih terbatas. Baru ada tujuh anak yang tercatat telah dan sedang belajar di sini. Kami masih belajar dan mencoba untuk membuka aktivitas gratis terlebih dahulu sebagai bagian dari kampanye atau perkenalan tentang keberadaan Rumah Belajar Cahaya.

Media utama yang kami kelola adalah kanal youtube. Kami mencari ide, melakukannya, lalu mendokumentasikan aktivitas tersebut dalam bentuk video yang kemudian kami bagikan di akun media sosial, terutama youtube.

Sedangkan untuk aktivitas offline atau tatap muka, kami mulai merintis les privat untuk anak-anak kelas empat sekolah dasar atau dengan usia sekitar sepuluh tahun. Metode belajar yang kami terapkan kebih pada pembelajaran secara personal. Dalam tiap pertemuan, kami hanya menyediakan maksimal empat anak.

Kenapa sedikit?

Ya, karena cara belajar kami iingin lebih intens dan seperti belajar kelompok. Bukan menggunakan metode pengajaran di depan kelas dengan papan tulis besar. Tetapi lebih pada diskusi bersama da  menanamkan konsep yang tepat.

Saata ini, Rumah Belajar Cahaya memiliki satu peserta usia prasekolah. Pembelajaran yang dilakukan adalah seputar membaca, menulis, dan berhitung. 

Aktivitas belajar membaca, diawali dengan pengenalan abjad dari A sampai Z. Kami menekankan pengucapan yang benar terlebih dahulu. Setelah anak mengucap huruf dengan benar yang diikuti oleh kemampuan mengingat bentuk huruf, barulah melangkah pada huruf vokal dan cara membacanya.

Setahap demi setahap dilakukan dengan sabar dan terarah karena penanaman konsep atau dasar pola berpikir anak menjadi point utama di Rumah Belajar Cahaya.

Sedangkan  kegiatan tambahan berupa mewarnai, membaca bersama, dan berkreasi merupakan aktivitas tambahan yang kami lakukan secara gratis. Sasarannya adalah untuk mengisi waktu liburan sekolah anak-anak dengan aktivitas yang menyenangkan dan juga bermanfaat.

Berikut salah satu dokumentadi dari agenda pengisi liburan sekolah di tahun 2021 : Dokumentasi aktivitas liburan di Rumah Belajar Cahaya

Melalui kegiatan mewarnai, membaca bersama, dan berkreasi seru, kami berharap anak-anak memiliki liburan seru yang akan membuat mereka tetap semangat belajar.


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta