√KELUARGA CEMARA ( Cerdas, Mantap, Terampil )
Header catatantirta.com

KELUARGA CEMARA ( Cerdas, Mantap, Terampil )

Keluarga Pertama

Alhamdulillah,
Perjalanan menjadi Ulat kini telah dimulai. Setelah kemarin berdiam di dalam Gua dengan berbagi potluck terkait kemampuan diri, kini saatnya untuk melangkah ke luar. The Jungle Of Knowledge sudah terhampar luas. Tinggal memilih ilmu apa yang ingin dijadikan makanan pokok selama menjalani proses sebagai Ulat yang cantik dan imut.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mencari ulat yang mempunyai jenis makanan yang sama. Kemudian saling mengenal dan berkumpul membentuk sebuah keluarga. Dalam keluarga akan dipilih satu anggota yang menjadi kepala keluarga. Sedangkan yang lain adalah anggota keluarga. Namun, setiap anggota keluarga bisa saling berbagi ilmu yang dikuasai. Menggelarnya di meja ilmu dan mempersilahkan ulat lain untuk memakannya.

Nah, berikut perjalanan saya menemukan keluarga pertama.

Kelas Bunda Cekatan memang selalu penuh kejutan. Minggu ke tiga di kelas Ulat-Ulat ini, kami mendapat tugas jurnal mencari keluarga. Keluarga yang dimaksud adalah menemukan teman-teman yang memiliki tujuan belajar yang sama. Setelah bertemu, lalu berkumpul dan membentuk sebuah keluarga.
Pada mind map yang saya buat, point penting yang saya utamakan adalah berbenah rumah. Berbenah rumah ini masuk dalam kategori Kerumahtanggaan. Saya pun menyimak setiap komentar di FbGrup terkait siapa-siapa yang memiliki visi yang sama. Selain di FbG, saya pun saling menukar informasi di WaG regional Bekasi. Satu demi satu saling menyapa dan saling memberi salam kenal. Kami pun terus memantau Facebook grup agar tidak ketinggalan informasi terkait keluarga Kerumahtanggaan.

Sekitar dua hari berselang, akhirnya ada link untuk bergabung di tim Kerumahtanggaan. Kepala keluarga kami adalah mba Esti Darmawati. Mba Esti ini ditunjuk langsung oleh tim Bunda Cekatan. Kami tim Kerumahtanggaan berkumpul di Whatsapp grup. Satu demi satu bergabung. Saling mengenal dan bertanya kabar. Ya, kami berkumpul dengan bahagia karena telah berhasil menemukan keluarga yang tepat.

WaG sangat ramai ilmu, tetnyata bukan hanya ilmu berbenah rumah yang menjadi kategori keluarga kami. Ada beberapa sub pokok lain yang masuk yaitu Food Preparation atau menyiapkan makanan, trik dan tips mencuci cepat, serta trik dan tips menyetrika kilat. Ternyata banyak hal yang saling berkaitan dalam kerumahtanggaan.
Melihat keseruan dalam ilmu kerumahtanggaan, akhirnya kami memutuskan untuk memberi nama pada keluarga kami. Keluarga Kerumahtanggaan yang kami tempati kami beri nama KELUARGA CEMARA. Cemara singkatan dari Cerdas, Mantap, dan Terampil.
Dari nama ini bertujuan sebagai motivasi bahwa kita adalah para ulat yang Cerdas, Mantap, dan Terampil.
Cerdas mengelola rumah.
Mantap dalam melakukan segala aktifitas rumah.
Tetampil dalam menyelesaikan semua pekerjaan rumah.

Banyak anggota yang telah menguasai ilmu-ilmu tersebut. Kami pun saling berbagi ilmu yang menjadi makanan kami sebagai Ulat.
Saya yang benar-benar berjalan dari nol hanya bisa membawa piring kosong. Saya siap menyendok banyak makanan yang bisa memenuhi kebutuhan hidup saya.

Bersyukur bisa bergabung di Keluarga Cemara.
Semoga bisa mengambil banyak manfaat dari semua ilmu yang ada.
Aamiin.



#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta