√Menjaga Diri Dari Kejahatan Seksualitas
Header catatantirta.com

Menjaga Diri Dari Kejahatan Seksualitas

Kejahatan seksual memiliki arti perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seks yang tidak diinginkan termasuk permintaan untuk melakukan seks dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik menuju pada seks.

Faktor penyebab terjadinya kekerasan seksual yaitu ayah kehilangan perannya, kurangnya ilmu terkait seks, kurangnya kelekatan antara orangtua dana anak, keluarga broken home , dan lain-lain.

Cara mencegah terjadinya kekerasan seksual yaitu dengan menjalin kelekatan dan komunikasi yang baik dengan anak. Posisikan diri sebagai pendengar yang baik. Tingkatkan kepedulian terhadap kasus-kasus kekerasan seksual sehingga kita sebagai orangtua bisa melihat gejala awal jika terjadi kekerasan seksual. Selain itu, bekali anak dengan pendidikan seksual sejak dini dan diiringi dengan pengetahuan tentang anatomi tubuh. Ajarkan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh oranglain selain orangtua dan orang terdekat yang boleh melakukannya.

Pada banyak kasus kekerasan seksual, pelakunya adalah orang terdekat. Hal ini disebabkan karena dengan terdekat, anak mudah diiming-imingi oleh pelaku. Selain itu, pelaku kejahatan atau kekerasan seksual biasanya dahulu adalah korban kekerasan seksual juga.

Demi melindungi dan menjauhkan anak dari kekerasan seksual, peran orangtua sangatlah penting. Kehadiran dan kelekatan yang erat dapat mencegah terjadinya kekerasan seksual pada anak.




Sumber :
- Diskusi Kelompok 7 Kelas Bunda Sayang Batch4 Ibu Profesional Region Bekasi. 2019.






#HariKe_8
#Bunsaylevel11
#Fitrahseksualitas
#kuliahbundasayangIIP
#Bunsay4Bekasi
#Level11Bunsay4Bekasi

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta