√Asupan Penting Bagi Ibu Pasca Melahirkan
Header catatantirta.com

Asupan Penting Bagi Ibu Pasca Melahirkan


.
Proses melahirkan menjadi salah satu perjuangan hidup seorang ibu. Ya, melahirkan bukan akhir dari perjalanan panjang menjad ibu. Masih ada banyak hal yang akan dihadapi pasca melahirkan.
Tubuh yang masih berantakan dengan berbagai nyeri dan ngilu di seluruh bagian tubuh. ASI yang diupayakan segera mengalir agar bayi yang baru saja lahir mendapat imun terbaik. Lalu aktivitas rumah yang tidak mungkin untuk diabaiakan. Semuanya itu membutuhkan tenaga yang ekstra besar. Emosi  harus selalu dikendalikan pun butuh energi yang tidak sedikit. Ditambah lagi jika si bayi sering terjaga di malam hari alias begadang. Maka semakin lengkaplah perjuangan seorang ibu. Detik ke menit dilalui dengan penuh kelelahan.
Otot-otot dan sendi yang masih tegang belum bisa dilonggarkan. Mereka masih harus menguat karena segala aktivitas terus berlanjut. Dalam kondisi seperti ini, tubuh ibu akan mudah lelah dan mencapai titik terendah. Raga dan jiwa ingin sekali beristirahat sejenak, namun belum ada masa untuk melakukannya. Tubuh ibu dipaksa terus sehat karena banyak tugas yang menanti. Sakit? Itu sebuah kata yang tidak boleh hinggap di diri seorang ibu.
Sebagai penyokong agar tubuh tetap bugar dan kuat, maka ada beberapa asupan penting yang harus dipenuhi. Diantaranya yaitu :
1. Air putih
Air menjadi sumber energi yang sangat penting. Ibu disarankan sering meminum air putih dalam jumlah yang cukup. Tubuh yang terus bekerja akan mengeluarkan peluh dan air putih menjadi salah satu cairan tubuh yang penting agar tidak dehidrasi.
2. Buah-buahan
Mwngonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin dan air sangatlah dianjurkan. Seorang ibu dengan segudang aktivitas dianjurkan memakan buah-buaham yang kaya vitamin dan mengandung banya air.
3. Sayur-sayuran
Sebagai pejuang ASI, maka inudianjurkan memakan sayura  yang bergizi tinggi.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta