√Belajar dari SehariSatuTulisan
Header catatantirta.com

Belajar dari SehariSatuTulisan


Awal bulan desember 2018 menjadi tantangan lanjutan dari grup menulis yang saya ikuti. Tantangannya berupa membuat satu tulisan setiap harinya. Hasil tulisan disetorkan dalam google form yang telah disediakan. Sebelumnya di bulan november sudah dilakukan pemannasan dulu. Peminatnya cukup banyak dan hampir semuanya konsisten menulis setiap harinya. Oh iya, grup menulis ini bernama One Day One Post atau lebih dikenal dengan nama ODOPFor99Days. Grup menulis ini disutradai oleh teh Shanty yang dikhususkan untuk para member Ibu Profesional. Grup menulis ini juga hanya beranggotakan para wanita saja.

Sejujurnya ada keraguan ketika memutuskan untuk bergabung dalam tantangan menulis ini. Lalu saya mencoba memotiasi diri sendiri untuk mengasah konsistensi menulis. Selain itu, blog yang saya buat juga sudah muali ditaksir sama laba-laba. Beberapa sarangnya telah terbentuk di sudut-sudut ruang yang lama tak terjamah. Menyadari hal ini, saya berniat menyapu sarang-sarang tersebut dengan tulisan setiap harinya.

Tidak ada tema khusus yang saya pilih untuk mengisi blog selama tantangan berlangsung. Sebagian besar berisi ide-ide yang memang muncul setiap harinya. Bahkan sering tidak menemukan ide dan setoran menulis pun kosong. Ketika dalam sehari tidak menulis, sejatinya ada rasa gundah yang menggelayuti hati dan pikiran. Namun apalah saya situasi dan kondisi tidak mendukung.

Seperti saat ini, saya bingung akan menulis apa di akhir pekan ini. Lalu saya mendapat ide untuk mencurahkan apa yang sedang saya rasakan dan pikirkan. Tulisan ini menjadi jalan untuk kembali menemukan ide-ide dan motivasi agar terus menuangkan kata setiap harinya.

Anggota dalam tantangan "Sehari Satu Tulisan" ini sangat bervariasi. Mulai dari para pemula seperti saya hingga para penulis kece yang sudah punya buku solo. Saya sendiri merasa sangat kecil diantara mereka yang telah berkembang besar. Namun, demi menjadi lebih baik maka saya berusaha untuk ikut belajar bersama mereka. Meski hasilnya masih jauh dari para penulis senior yang sangat berkualitas, tetapi saya coba menjadi diri sendiri dan terus belajar. Menyimak, membaca, dan menikmati hasil tulisan mereka menjadi salah satu cara saya untuk belajar dam dunia kepenulisan.

Mereka yang sudah banyak pengalaman menulis tidak segan untuk membagi ilmu yang mereka miliki. Inilah yang menjadikan saya betah dan ingin terus berinteraksi dengan mereka. Semoga bisa tertular jadi punya tulisan yang berkualitas dan banyak disukai pembaca.

Terima kasih untuk semua teman dan rekan dalam tantangan menulis di OdopFor99Days "SehariSatuTulisan", dari kalian saya belajar menjadi lebih baik.




#SehariSatuTulisan

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta