√Wisata Air Rawa Pening di Ambarawa
Header catatantirta.com

Wisata Air Rawa Pening di Ambarawa

Liburan menjadi bagian dari pelepas penatnya bekerja. Dengan mengunjungi objek wisata bisa membantu untuk mengembalikan gairah kerja. Cukup dengan wisata sederhana, murah, dan dekat dekat tempat tinggal. Kesederhanaan sebuah objek wisata biasa disajikan oleh pemandangan alam. Seperti pantai, hamparan hutan, air terjun, dan danau.

Kali ini saya berkesempatan mengunjungi salah satu objek wisata air Rawa Pening di Ambarawa, Kab. Semarang. Akses menuju Rawa Pening cukup mudah dan  bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, mini bus, sampai bus besar pun bisa. Medan yang lumayan landai dan tidak terlalu berliku sangat memudahkan wisatawan untuk mencapai lokasi wisata Rawa Pening.

Sebuah gapura sederhana membentang di pintu masuk sebelum area parkir. Kemudian ada loket pembelian tiket di gerbang masuk area wisata. Harga yang murah dan sangat terjangkau ini membuat Rawa Pening menjadi destinasi wisata penduduk lokal maupun dari luar kota. Sajian wisata air Rawa Pening sangat sederhana. Inilah yang menjadi keunikan tersendiri dari wisata lain. 

Hamparan air sejauh mata memandang menjadi obat paling mujarab untuk melepas kepenatan. Semua energi negatif seperti terserap oleh luasnya air yang kemudian memberi kekuatan positif bersama hembusan angin nan syahdu. Raga menjadi lebih segar, mata berbinar, dan gerak tubuh terasa lebih ringan. Meski ada beberapa anak tangga yang harus dilalui, namun semua tidak menyurutkan antusianme para pengunjung untuk melihat air lebih dekat lagi.

Di tepian Rawa Pening berjajar perahu-perahu kayu dengan atap dan motif berwarna-warni. Perahu-perahu itu milik penduduk sekitar yang sengaja disewakan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berlayar di Rawa Pening. Tarif penyewaaan perahu pun sangat terjangkau. Namun yang saya lihat tidak ada pelampung yang wajib dikenakan oleh pengunjung ketika menaiki perahu. Saya berharap ada perbaikan perlindungan keamanan agar para penumpang yang ingin berkeliling Rawa Pening merasa lebih nyaman dan aman.

Bergeser dari pemandangan menakjubkan dari Rawa Pening ada spot foto yang cukup menarik. Sebuah untaian berbentuk hati dengan nama Gembok Cinta. Entah apa maksud dari pengadaan wahan berfoto tersebut, namun keberadaan cukup membuat pengunjung bersemangat untuk berfoto ria. Dengan latar belakang luasnya Rawa Pening membuat hasil foto menajdi lebih menarik dan cantik. 

Lanjut menaikin anak tangga ke bagian lebih tinggii dari kumpulan air Rawa Pening. Berjajar pohon-pohon tinggi yang menyiram kesejukan dan keteduhan. Pohon-pohon tersebut nampaknya sudah cukup tua tetapi masih kokoh berdiri. Udara yang masuk ke paru-paru terasa begitu segar karena keberadaan pohon-pohon tersebut. Dari area ini pengunjung bisa kembali mengagumi hamparan air Rawa Pening yang terlihat lebih indah dan menakjubkan. 

Bagi pengunjung yang membawa serta putra-putrinya, ada wahana play ground di sekeliling wisata. Ada ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan semua khas mainan anak-anak. Namun saya kembali menyayangkan fasilitas play ground ini kurang terawat. Beberapa diantaranya banyak berkarat dan tidak berfungsi dengan baik. Saya kembali berharap pada pihak pengelola semoga bisa memperbaikin segala fasilitas yang ada.

Objek wisata Rawa Pening memang sederhana dan biaya masuknya sangat murah. Namun jika bisa dikembangkan lebih baik maka kemungkinan besar dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke sana. 

Bagi anda yang sedang berlibur di sekitar wilayah Magelang, Temanggung, maupun Semarang, maka Objek wisata Rawa Pening bisa menjadi salah satu destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Menikmati dan mengagumi pemberian Sang Maha Pencipta agar kita menjadi semakin bersyukur atas segala pemberianNya.

Selamat berlibur dan berbahagia.





#WisataRawaPening
#Ambarawa-Semarang


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta