√Agar-agar Pelangi Menebar Sensasi
Header catatantirta.com

Agar-agar Pelangi Menebar Sensasi


Agar-agar pelangi penuh sensasi


Saat berkunjung ke rumah budenya, Nala mengambil sebuah buku yang ada di bawah rak televisi. Buku itu ternyata adalah kumpulan resep makanan. Pandangannya jatuh pada sebuah gambar berbentuk puding warna-warni yang lucu. Tepatnya puding pelangi namanya. Nala membaca resep tersebut dam  meminta saya untuk membuatkannya puding pelangi seperti yang ada di buku resep tersebut.
Dari buku resep makanan tersebut, cara membuatnya cukup sederhana dengan bahan yang mudah didapat. Bahannya yaitu agar-agar plain, pewarna makanan, gula pasir, dan susu. Namun dalam prakteknya saya menggunakan bahan yang berbeda dengan menggunakan cara yang sama.
Bahan-bahan :
- Agar-agar rasa leci                = warna merah muda
- Agar -agar rasa mangga        = warna jingga
-Agar-agar rasa bluberri          = warna biru
-Agar-agar rawa cokelat          = warna cokelat
-Agar-agar plain                     
- Gula pasir sesuai selera
Cara Membuat :
- Masak agar-agar berbeda rasa ( leci, mangga, bluberri, dan cokelat ) secara bergantian dan tuang ke dalam wadah berbeda
- Diamkan hingga mengeras
- Potong masing-masing agar-agar menjadi empat bagian
- Kombinasikan keempat agar-agar yang telah dipotong
- Masak agar-agar plain kemudian tuang kemasing-masing wadah yang telah dikombinasi
- Diamkan hingga mengeras
Anak-anak lebih menyukai agar-agar dalam kondisi dingin. Maka dari itu saya memasukkannya ke dalam kulkas agar lebih segar. Tunggu beberapa saat sampai agar-agar dingin. Kemudian keluarkan dan cetakan dalam piring kecil. Siapkan garpu atau sendok untuk memotong agar-agar pelangi. Terakhir siap untuk disantap.
Rasa yang berbeda pada agar-agar pelangi memberi sensai tersendiri. Rasa mangga memiliki sensasi manis dan menyegarkan. Bluberri dan leci menciptakan rasa asam-asam segar. Sedangkan cokelat memiliki cita rasa yang spesial. Terakhir agar-agar plan tanpa rasa digunakan sebagai penyatu dari keempat rasa tersebut.
Agar-agar pelangi ini juga bisa menjadi alternatif makanan untuk anak-anak yang sedang GTM. Selain pembuatannya yang mudah dan bahannya yang sederhana, agar-agar pelangi juga menjadi cemilan yang sehat dan mengenyangkan.



#CemilanSehat
#Agar-agarPelangi
#RuangMenulis
#Odopfor99days23Feb18

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta