√Danau Arjuna Samba, Destinasi Wisata Murah, Indah, dan Nyaman
Header catatantirta.com

Danau Arjuna Samba, Destinasi Wisata Murah, Indah, dan Nyaman



Siapa yang tidak ingin mengunjungi destinasi wisata murah meriah, cantik dan nyaman? 
Tentu saja setiap orang menyukainya. Iya, kan? Nah ini salah satu tempat yang bisa dikunjungi dengan kriteria tersebut. Namanya Danau Arjuna Samba dengan menu utamanya adalah bakso Gila.
Danau Arjuna Samba ini terletak di desa Sukaasih, wilayah Tambelang, Kab. Bekasi. Tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengisi liburan bersama keluarga, terutama untuk warga Cikarang dan sekitarnya. Cukup dengan membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000, pengunjung sudah dapat memasuki area Danau Arjuna Samba. Sangat murah bukan ?

Areanya cukup luas dengan danau cantik di tengahnya. Danau inilah yang disebut sebagai Danau Arjuna Samba. Icon utama yang menyedot banyak pengunjung. Tempat parkir yang disediakan untuk kendaraan roda dua dan empat juga cukup lebar sehingga mampu menampung banyak kendaraan.
Sebagai wahana penunjang, Danau Arjuna Samba menyediakan jasa sewa sepeda air, perahu naga, dan becak mini. Ketiga jenis permainan ini disediakan oleh pengelola sebagai daya tarik tambahan agar pengunjung bisa berekreasi dan melepas penat. Mulai dari anak - anak, dewasa hingga manula bisa mencoba ketiga wahana tersebut. Jika pengunjung ingin menikmati wisata ini dengan lebih santai, disarankan untuk datang lebih pagi sehingga suasana masih sepi. Udara di pagi hari masih segar dan sejuk karena Danau Arjuna Samba letaknya bersebelahan dengan area persawahan yang luas.

Sepeda Air
Sepeda air mampu menampung 2 orang dewasa dan 1 anak - anak. Sepeda air ini disewakan dengan biaya sebesar Rp. 25.000 untuk satu jam permainan. Pengunjung dapat mengelilingi danau dengan mengayuh sepeda air secara bersamaan agar menjadi lebih ringan. Permainan ini bisa disebut berwisata sambil berolahraga. Untuk menikmati wahana ini, pengunjung tidak perlu berdesakan apalagi berebut. Pengunjung bisa menggunakan sepeda air dengan mudah karena pengelola menyediakan banyak sepeda air yang bisa dipakai secara bergantian.

Peringatan bagi para pengunjung khususnya orang tua yang memiliki anak - anak, disarankan agar tidak melepas anak - anak bermain sepeda air tanpa pendamping orang dewasa. Danau yang luas dan cukup dalam sangat berbahaya bagi anak - anak. Jika ingin berfoto atau berselfi ria, para pengunjung juga harus berhati - hati, karena banyak kasus handphone dan kunci atau barang - barang lain yang tercebur ke danau. ( Nih danau banyak harta karunnya , yah ).

Perahu Naga
Selain sepeda air, Danau Arjuna Samba juga dapat dinikmati dengan menggunakan perahu naga. Perahu naga ini berbahan bakar bensin atau solar sehingga pengunjung tidak perlu lelah mengayuh seperti pada sepeda air. Biaya yang dibebankan untuk menaiki perahu naga yaitu sebesar Rp. 15.000/ orang. Perahu naga berisi sekitar 12 orang dewasa ini berkeliling danau sebanyak tiga putaran. Cukup puas duduk manis menikmati luasnya danau sambil sesekali melambaikan tangan pada sanak keluarga yang ada di pinggir danau.



Namun ada yang kurang dari dua permainan yang dilakukan di atas air danau yang luas dengan gelombang yang cukup besar. Pengelola tidak menyediakan pelampung atau sejenisnya yang seharusnya digunakan oleh para pengunjung ketika menaiki sepeda air dan perahu naga. Ada cukup banyak pelampung di tepi danau, tetapi pihak pengelola tidak memberikannya pada para pengunjung. Jika terjadi kerusakan pada sepeda air atau perahu naga yang bisa membahayakan para pengunjung, maka seharusnya pelampung wajib digunakan ketika berkendara di danau. Mudah - mudah pihak pengelola segera mewajibkan pelampung bagi para pengunjung sebelum menaiki sepeda air dan perahu naga agar lebih aman.

Becak Mini
Track Becak Mini
Wahana yang ketiga yaitu becak mini. Permainan ini baru launching awal buan Januari tahun 2018. Penyewaan sepeda mini sebesar Rp. 20.000 untuk satu jam permainan. Namanya becak mini, idealnya digunakan oleh anak - anak, namun ada juga orang dewasa yang penasaran ingin menaikinya. Becak mini bisa dikendarai untuk mengelilingi sisi Danau Arjuna Samba. Sambil sesekali berfoto dan berselfi di beberapa sudut jalan yang menjadi backgroundnya.

Selepas puas menikmati berbagai wahana, kini saatnya mencicipi makanan utama dari Danau Arjuna Sama yaitu bakso Gila. Kenapa disebut bakso gila? Karena ukurannya berbeda dari bakso pada umumnya. Meski di tempat lain ada bakso dengan ukuran yang hampir sama atau bahkan lebih besar, tetapi nama bakso Gila ini cukup menarik dan membuat penasaran. Selain bakso gila, ada menu lain yang bisa menjadi pilihan para pengunjung. Diantaranya yaitu , nasi rames, soto daging sapi, sop iga, fried chicken, dan aneka gorengan serta minuman. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.
Bakso Gila

Semua sajian makanan dapat dinikmati di saung - saung yang di sediakan pengelola. Saung - saung ini juga menjadi daya tarik tambahan yang membuat Danau Arjuna Samba semakin diminati. Suasana sejuk membuat para pengunjung nyaman untuk berlama - lama. Menikmati hidangan yang telah dipesan sambil bercengkrama dengan sanak keluarga.

Perlu diketahui bahwa ada cara berbeda ketika anda para pengunjung memesan makanan. Di danau Arjuna Samba, pengunjung tidak dilayani layaknya raja yang duduk manis memamnggil pelayan sambil melambaikan tangan kemudian hidangan diantar ke meja. Pengunjung diarahkan untuk memesan dan membayar makanan pada loket pemesanan. Setelah itu, pengunjung mengantri di loket berbeda untuk mengambil makanan yang telah pesanan. Semua proses dilakukan sendiri oleh pengunjung., Saya rasa hal ini cukup efisien bagi pengelola, karena pelayan tidak perlu hilir mudik untuk melayani pengunjung. Pelayan bertugas membersihkan dan merapikan meja yang sudah dan akan digunakan oleh pengunjung. Ide yang bagus bagi pengelola.

Mushola Bambu
Sebagai pelengkap, ada sarana ibadah / mushola yang letaknya berdekatan dengan lokasi penyewaan becak mini. Bangunan sederhana berbahan dasar bambu membuat nuansa sejuk dan khusyuk saat beribadah. Mushola ini dilengkapi dengan mukena dan sarung yang bersih. Tempat wudhunya pun cukup bersih. Pelengkap yang sangat tepat karena mengingat bahwa mayoritas penduduknya beragama Islam.

Puas menikmati luasnya danau dengan berbagai wahana dan perut telah terpuaskan oleh menu yang cukup lezat, saatnya pulang dengan merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 sebagai biaya parkir.
Danau Arjuna Samba , murah meriah, nyaman, indah, nyaman dan cukup memuaskan.

Saung Luas

Saung Tepi Danau

Tempat Pemesanan dan Pengambilan

Saung Cantik

Sejuk dan nyaman


Track Becak Mini, masih proses pembangunan

Danau untuk Sepeda Air

Pijakan dari Ban Bekas



#DanauArjunaSamba
#BaksoGila
#RuangMenulis
#WritingTresnoJalaranSokoKulino
#Odopfor99days

2 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. KLO buat acara arisan keluarga bisa kan

    BalasHapus
  2. Info yang bermanfaat, jadi pengen nyobain wisata air di Sukatani, terima kasih infonya (y)

    BalasHapus