√Asyiknya Menyemir Sepatu
Header catatantirta.com

Asyiknya Menyemir Sepatu




Menyemir Sepatu
Setiap melakukan pekerjaan rumah, saya selalu berusaha melibatkan anak perempuan saya. Di usianya yang kini menginjak 4 tahun, sudah banyak aktifitas rumah tangga yang mampu ia lakukan. Misalnya saja menata bantal, merapikan mainan, memasukan pakaian kotor ke mesin cuci, menjemur pakaian, dan menyapu lantai. Meskipun semuanya belum dapat dilakukan sempurna, tetapi kemauannya ini patut mendapat apresiasi.

Kali ini saya mengijinkannya untuk menyemir sepatu sang ayah. Biasanya saya tidak mengijinkan karena akan segera dipakai oleh si ayah. Nah, terkait hujan sehari - hari yang identik di bulan Januari, si ayah seringkali pulang dengan kondisi basah di bagian sepatunya. Air langit yang deras dan cipatran genangan air membuat sepatu kerjanya basah. Alhamdulillah ada dua pasang sepatu yang memang sengaja dipersiapkan untuk situasi hujan seperti ini. Jadi ada sepatu cadangan yang bisa dipakai ketika sepatu lain belum kering.
Hari ini saya mencoba membersihkan sepatu si ayah yang basah dan kotor terkena hujan kemarin sore. Saat mengambil sepatu dan mulai membersihkan noda - noda, anak gadis berjongkok di sebelah saya.

"Ma, Nala boleh semir sepatu Ayah ?
"Ya, boleh. Nala lihat Mama dulu, ya. Setelah itu Nala coba sendiri".
"Masukkan tangan kiri ke dalam sepatu, ambil sikat dengan tangan kanan dan tempelkan sikat pada semir. Kemudian sikat sepatu hingga warnanya merata ke seluruh sisi sepatu ". Kira - kira seperti itulah penjelasan singkat saya tentang trik menyemir sepatu.

Saya mulai menyemir sepatu kanan dan mengijinkannya untuk menyemir sepatu yang kiri. Beberapa gerakan saya peragakan, memberinya contoh cara menyemir sepatu. Dengan cermat Nala memerhatikan setiap gerakan yang saya lakukan. Tangannya bahkan sudah mempermainkan sepatu kiri dan tidak sabar ingin segera meraih sikat semir.

Setelah selesai dengan sepatu kanan, saya pun menyerahkan sikat sekaligus semir padanya. Sikat dan semir disambar dengan cepat. Tangan kirinya mencoba masuk ke bagian dalam sepatu. Tangan kanannya memegang sikat dan menempelkannya pada semir. Saya tidak campur tangan melihat proses ini. Saya memberinya kesempetan untuk mencoba atas apa yang telah saya contohkan padanya.

Gaya Suka - Suka
Dengan gerakan yang tidak teratur dan cenderung berantakan, Nala mulai menyemir sepatu. Sikat diayunkan ke segala arah dengan hasil yang tentunya masih perlu disempurnakan. Posisi menyeir yang saya ajarkan sepertinya masih sulit dilakukan oleh tangan mungilnya. Namun saya tetap membiarkannya mencoba, karena pengalaman ini bermanfaat baginya. Kegiatan menyemir sepatu ini bisa digunakan sebagai sarana melatih solusi, kreatifitras dan rasa tanggungjawab. Mencari posisi nyaman untuk menyemir sepatu dan berusaha menyelesaikan suatu pekerjaan yang sendang dilakukannya hingga selesai.

Meskipun  hasilnya belum memuaskan, tetapi keseriusannya menyemir sepatu patut diacungi jempol. Dari kegiatan ini juga membangun rasa kepedulian Nala terhadap barang orang lain yaitu sepatu milik ayahnya.



  
Tanggung jawab selesai


#MenyemirSepatu
#RuangMenulis
#WritingTresnoJalaranSokoKulino
#Odopfor99days

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta