√Pantai Baron Gunung Kidul
Header catatantirta.com

Pantai Baron Gunung Kidul

Bercerita tentang pantai memang monoton dengan pasir dan ombak. Namun tahukah sahabat bahwa meski pantai lekat dengan pasir dan ombak akan tetapi setiap pantai memiliki ciri khas tersendiri. Pantai punya pesonanya masing-masing sehingga para pengunjung berbondong-bondong datang menemuinya. Salah satunya adalah pantai Baron Gunung Kidul. Meski banyak pantai di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta yang memesona, tetapi pantai Baron menjadi tempat favorit banyak pengungjung.

Lokasi Pantai Baron

Keluarga Jejak Lampah berkunjung ke pantai Baron pada bulan Mei 2024. Kami menyambangi pantai Baron sebab banyak ulasan yang menyebutkan bahwa pantai Baron merupakan pantai yang nyaman dan tenang.

Pantai Baron terletak di Kelurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Apabila sahabat berkunjung ke daerah Gunung Kidul, maka pantai Baron berada agak jauh dauh dari pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Jika satu pantai berjarak seperti selemparan batu dengan pantai sebelahnya, maka tidak berlaku untuk pantai Baron.

Tarif Pantai Baron

Sama seperti pantai lainnya di Gunung Kidul, tarif pantai Baron pun sebesar Rp. 5.000 untuk biaya parkir saja. Besaran biaya parkir ini tergantung jenis kendaraan yang dipakai. Biaya sebesar Rp. 5.000 ini berlaku untuk kendaraan roda empat. Sedangkan untuk sepeda motor dan bis berbeda tarifnya.

Keunggulan Pantai Baron

Pantai Baron memiliki keunggulan yang tidak dimiliki pantai lainnya. Ada beberapa hal yang khusus dan hanya ada di pantai Baron.
  1. Lahan Parkir Luas
  2. Perahu Penyebrangan
  3. Pusat Pelelangan Ikan
  4. Penuh Pepohonan
  5. Masjid Besar

1. Lahan Parkir Luas

Pantai Baron memiliki lahan parkir paling luas diantara pantai lainnya di Gunung Kidul. Lahan parkir yang luas ini bisa menampung banyak bis tanpa harus berdesakan. Jarak antara tempat parkir dengan bibir pantai cukup jauh. Para pengunjung bisa berjalan santai sambil menikmati sejuknya udara hingga sampai ke pantai Baron.

2. Perahu Penyebrangan

Pantai Baron dipenuhi oleh perahu-perahu yang tertambaht di tepian. Perahu nelayan yang berwarnai warni ini setiao menunggu pengunjung yang ingin mencoba perjalanan laut menuju pulau kecil di pantai Baron. Perahu penyebrangan milik para nelayan ini sejatinya adalah perahu untuk menangkap ikan. Namun bisa juga digunakan sebagai media wisata para pengunjung.

Perjalanan perahu penyebrangan menuju pulau kecil tidak terlalu jauh. Hanya saja ketika pengunjung naik maka para nelayan akan mengajak berkeliling sejenak merasakan keseruan naik perahu nelayan.

Tarif untuk naik perahu penyebrangan milil nelayan ini sangat terjangkau. Sebesar Rp. 10.000/orang. Besarnya tarif ini sudah berlaku bolak balik pulau kecil. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir kesulitan kembali ke tepi pantai Baron.

3. Pusat Pelelangan Ikan

Pantai Baron menjadi pusat pelelangan ikan di daerah Gunung Kidul. Ini juga yang membuat pantai Baron ramai dikunjungi. Baik pendu9duk lokal maupun wisatawan akan berburu ikan segar dengan harga yanh sangat terjangkau.

4. Penuh Pepohonan

Pantai Baron menjadi kesukaan banyak oramg sebab tempatnya yang sejuk dan tenang. Penuh pepohonan memghiasi daerah seputar pantai Baron. Mulai dari tempat parkir hingga tepi pantai Baron masih ditumbuhi pepohonan yang rindang.

Para pengunjung bisa duduk bersantai di bawah pohon bersama tiupan angin yang sejuk dan nyaman. Suasana inilah yang membuat para pengunjung betah berlama-lama di pantai Baron.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta