√Mempelajari Matahari Lewat Video di Chanel ManDeka
Header catatantirta.com

Mempelajari Matahari Lewat Video di Chanel ManDeka

 Bismillah,

Foto diambil dari Youtube RB ManDeka

Memberi asupan ilmu pada anak-anak perlu dilakukan sejak dini. Dengan menggunakan banyak media pembelajaran, anak-anak akan tertarik dan senang ketika belajar. Era generasi Z saat ini sangat dekat dengan gadget. Mereka tidak bisa lepas 100%  dari penggunaan gadget dalam aktifitas sehari-hari. Banyak informasi bertebaran yang dapat dijangkau melalui internet. Modalnya cukup dengan gadget dan kuota data atau jaringan wifi. Kemudahan mengakses dunia internet memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka dari itu para orangtua harus bisa memilah dan memberikan tontonan yang baik untuk menunjang tumbuh kembang anak. Bukan hanya hiburan melalui media online, tetapi juga dapat mendapat ilmu pengetahuan dari berbagai aplikasi online.

Dalam dunia pendidikan, media online memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan dari adanya berbagai media pembelajaran online sangat mempermudah kita dalam mencari berbagai informasi dan ilmu pengetahuan. Banyak referensi yang bisa diambil baratnya semesta dalam genggaman. 

Kekurangannya, gadget membuat anak jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan juga orang tua harus ekstra kontrol agar anak tetap menonton sesuai dengan usianya.

Nah, main ke chanel ManDeka, yuk. Kanal youtube ManDeka menyajikan pengetahuan yang dikemas dalam bentuk animasi sederhana. Tampilannya menarik dan mudah dimengerti oleh anak-anak. Sosok Meka dan Andi dalam serial ManDeka menemani anak-anak untuk belajar dengan menyenangkan.

Episode terbaru dari serial ManDeka di bulan Juni 2022 yaitu tentang Matahari. 

Matahari adalah bintang di pusat tata surya. Matahari berbentuk bulat besar, berwarna kuning dan memancarkan cahaya yang sangat terang. Suhu yang dimiliki matahari sangat panas. Meski letaknya jauh sekali dari bumi, tetapi pancaran suhu panasnya sangat terasa di bumi. Kehadiran matahati menunjukkan awal hari dimulai. Terbit di ufuk timur dan kemudian tenggelam di ujung barat tanda malam telah datang.

Matahari memiliki banyak manfaat bagi seluruh makhluk yang ada di bumi. Bukan hanya manusia, namun tumbuhan dan hewan pun mendapat banyak manfaat dari adanya matahari.  Beberapa manfaat manatahari yaitu :

1. Matahari menjadi sumber cahaya bagi kehidupan seluruh makhluk di bumi.

2. Kandungan vitamin D pada matahari memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas.

3.  Matahari digunakan sebagai penghangat tubuh oleh sebagian besar binatang dan juga dimanfaatkan untuk bertahan hidup.

4. Tumbuhan memanfaatkan sinar matahari untuk berfotosintesis atau menghasilkan makanan.

5.  Matahari dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga surya.

6. Berputaran mataharie jadi patokan dalam kalender dunia.

7. Matahari membantu proses penguapan air yang menjadi bagian dari siklus air.

Matahari yang kaya manfaaf ternyata juga perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh manusia. Video dari chanel ManDeka juga memberikan tips saat berada di bawah terik matahari. 

1.  Menggunakan tabir surya di wajah dan tubuh untuk memgurangi radiasi matahari.

2.  Memakai pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat.

3. Menggunakan penutup atau pelindung kepala berupa topi atau payung.

4. Perbanyak minum air putih, buah-buahan, dan juga sayuran.

Buat kalian yang mau nonton video lengkapnya, bisa langsung klik di sini :

Belajar Mengenal Matahari Bersama Meka dan Andi

Selamat menonton sambil belajar.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta