√Pentingnya Aqil Baligh Secara Bersamaan
Header catatantirta.com

Pentingnya Aqil Baligh Secara Bersamaan



Awalnya saya mengira bahwa *Aqil Baligh* adalah satu kata dengan satu arti yaitu telah dewasa. Namun, ternyata saya salah pemahaman tentang kata aqil baligh ini.

Aqil merupakan kondisi tercapainya kedewasaan psikologis, sosial, finansial, serta kemampuan memikul tanggung jawab syariah.
Seorang anak bisa dikatakan telah Aqil jika telah dewasa mental, punya rasa tanggung jawab, mandiri, dan akalnya telah berkembang. Proses tercapainya aqil dipengaruhi oleh pendidikan.
Aqil bisa juga disebut kedewasaan mental.

Baligh adalah kondisi tercapainya kedewasaan bioligis dengan kematangan reproduksi.
Perkembangan baligh pada anak dipengaruhi oleh nutrisi karena yang berkembang adalah kedewasaan fisik. Anak baligh mulai mengalami perkembangan nafsu dan kematangan fungsi reproduksi.

Dalam pertumbuhannya, proses aqil baligh sejatinya berkembang secara bersamaan. Ketika balighnya telah mencapai titik kedewasaan, maka aqilnya pu mengikuti.
Namun, seringkali baligh mendahului aqil.
Anak perempuan mengalami menstruasi lebih awal, sedangkan anak laki-laki sudah mimpi basah lebih cepat. Kejadian ini biasanya dipengaruhi oleh faktor makanan, nutrisi dan sosial/lingkungan.

Sebagai orangtua hendaknya bisa mengenalkan dan mengajarkan fitrah seksualitas yang penting bagi anak. Ketika fitrah sesksualitas anak berkembang baik, maka aqil balighnya pun akan datang beriringan. Agar aqil baligh tumbuh bersamaan, maka posisikan diri orangtua sebagai sahabat. Dengarkan setiap curahan hati anak agar anak dapat bercerita apapun tanpa rasa takut.
Bekali anak dengan pendidikan agama yang kuat agar anak tahu dosa dan sebab-akibat.


Anak yang aqil balighnya tumbuh secara bersamaan, akan berkembang menjadi pribadi tangguh, penuh tanggung jawab, mandiri, dan percaya diri.
Anak yang belum tuntas aqil balighnya bisa rawan penyimpangan seksual.
Maka dari itu, dampingi dan bantu anak menggenal organ reproduksinya. Jelaskan fungsi dari masing-masing organ reproduksi tersebut. Bisa dengan cara formal maupun obrolan santai ketika sedang menjalin kelekatan.




Sumber :
Presentasi dan diskusi kelompok 5 kelas bunda sayang batch4, Ibu Profesional Region Bekasi





#HariKe_6
#Bunsaylevel11
#Fitrahseksualitas
#kuliahbundasayangIIP
#Bunsay4Bekasi
#Level11Bunsay4Bekasi

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta