√Peran Ayah Dalam Pengasuhan Untuk Membangkitkan Fitrah Seksualitas.
Header catatantirta.com

Peran Ayah Dalam Pengasuhan Untuk Membangkitkan Fitrah Seksualitas.




Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam fitrah seksualitas anak. Ayah dan ibu mempunyai porsi yang berbeda disetiap perkembangan anak. Kali ini membahas tentang peran ayah dalam membangkitkan fitrah seksualitas.

Ayah bukan hanya pencari nafkah, tetapi ayah juga berperan dalam mengasuh dan mendidik anak. Materi bisa dicari, tetapi pola pengasuhan yang kurang pas bisa berdampak sepanjang hayat. Butuh waktu yang mungkin cukup lama untuk memperbaiki sebuah penyimpangan. Apalagi bila itu berkaitan dengan penyimpangan seksualitas. Efek jangka panjangnya bisa meluas hingga ke orang lain.
Ayah memiliki peran dalam pengasuhan demi membangkitkan fitrah seksualitas anak. Berikut beberapa peran yanh menjadi tanggungjawab ayah :
1. Penanggung jawab pendidikan
Seorang ayah bukan hanya pencari nafkah, tetapi juga bertugas dalam hal pendidikan. Pendidikan yang tidak hanya calistung, namun juga pendidikan akhlak, sosial, dan lainnya. Sediakan waktu untuk berintetaksi dengan anak. Jalin kelekatan hingga anak merasakan kehadiran dan kepedulian ayahnya.
2. Man of Vision dan Mision
Sebagai kepala keluarga, ayah memiliki visi dan misi yang jelas. Komunikasikan dengan anggota keluarga. Libatkan anak dalam perjalanan mencapaj misi jangka pendek maupun panjang.
3. Pembentuk ego dan individualitas
Ego yang dibentuk bukan tentang egois atau mau menang sendiri. Ego disini adalah rasa percaya diri anak yang tumbuh karena memiliki kelekatan pada orangtuanya.
Individualitas mencakup kemandirian anak dalam banyak hal.
4. Pembangun sistem berpikir
Ayah adalah seorang laki-laki yang menggunakan logika dalam menghadapi segala hal. Ini menjadi contoh anak dalam pembentukan sistem berpikirnya.
5. Supplier maskulinitas
Maskulin di sini adalah sebagai panutan dan penyemangat yang diberikan pada anak sehingga terjalin kelekatan yang baik.
6. Penegak profesionalisme
Profesionalisme seorang ayah dalam keluarga yaitu berupa sikap yang tepat disetiap masalah.
7. Konsultan pendidikan
Sebagai kepala keluarga, ayah juga berperan dalam pemecah masalah pendidikan anak. Bersinergi dengan ibu sebagai pelaksana pendidikan.
8. Pengemban ketegasan
Ketegasan seorang ayah diperlukan terkait hal-hal yang bersifat prinsip.

Sekarang ini marak kasus LGBT yang merupakan penyimpangan. Munculnya berbagai penyimpangan seksualitas ini salah satu penyebabnya adalah kurang/tidak adanya kelekatan anak dengan ayahnya. Sosok ayah tidak terlihat dalam mendidik dan membangkitkan fitrah seksualitas anak. Hilangnya peran ayah membuat anak mencari pelampiasan yang tak terarah.
Selain peran ayah, penyimpangan seksualitas juga disebabkan oleh lingkungan. Dunia pergaulan anak menjadi salah satu celah tumbuhnya kelainan seksual. Namun, jika benteng dalam keluarga telah tumbuh kuat dan kokoh, maka benih-benih kesalahan itu akan mati dan kalah. Anak pun dapat menjaga dan menjauh dari penyimpangan seksual.





Sumber :
-Materi dan Diskusi Kelompok 4, Kelas Bunda Sayang Batch4 Ibu Profesioanl Wilayah Bekasi.




#HariKe_5
#Bunsaylevel11
#Fitrahseksualitas
#kuliahbundasayangIIP
#Bunsay4Bekasi
#Level11Bunsay4Bekasi

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta