√Aliran Rasa Family Project BaBuBa
Header catatantirta.com

Aliran Rasa Family Project BaBuBa

Dokumentasi Family Project "BaBuBa"Baca Buku Bareng"

Menebar Cinta Buku.

BaBuBa (Baca Buku Bareng) menjadi Family Project yang kami pilih. Idenya berasal dari Nala yang mulai gemar membaca. Buku yang kami miliki cukup banyak. Terutama buku anak bergambar yang memiliki pesan moral. Buku-buku tersebut menjadi media untuk Nala melancarkan bacaannya. Selain itu, setiap buku memiliki pesan moral yang bisa dijadikan pembelajaran bagi Nala. Melalui cerita bergambar, anak akan lebih mudah memahami makna dari sebuah peristiwa.

Melihat potensi Nala dan pertimbangan lingkungan terdekat, jadilah kami ingin berbagi dan mengajak teman sekitar untuk ikut menikmati dan mencintai buku. Sebagian besar teman sebaya Nala memang belum lancar membaca. Tetapi antusiasme mereka ketika melihat buku sudah cukup bagus. Meski awalnya hanya meihat gambar, menebak nama, mengira gerak, dan mengeja huruf. Tetapi, mereka senang bisa bergabung bersama kami dalam project BaBuBa (Baca Buku Bareng.

Semua proses memberi banyak manfaat. Baik untuk keluarga kami dan orang sekitar. Nala mulai terasah kecerdasannya. Mulai dari kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, sampai kecerdasan menghadapi masalah. Setiap hari ada saja peritiwa yang dapat dijadikan alat untuk melatih dan mengasah kecerdasan Nala. Setiap selesai kegiatan BaBuBa (Baca Buku Bareng), saya berusaha untuk melakukan diskusi kecil bersama Nala. Mencoba menjelaskan pada Nala tentang manfaat dan hikmah dari kegiatan.

Hasil yang kami peroleh dari baca buku bareng memang belum terlihat. Namun secara tidak langsung sudah memberi efek positif. Beberapa orangtua mulai tergugah untuk mendukung anaknya agar gemar membaca dan mencintai buku. Ini hal positif yang menjadi kebahagiaan kami. Bahkan ada yang menayakan cara mengenalkan huruf dan membaca yang mudah dan menyenangkan. Ada pula yang meminta referensi buku yang cocok untuk anak-anak mereka. Saya senang mendapati itu semua. Dengan senang hati saya berbagi agar semua mendapat manfaat yang sama/

Setiap proses itu perlu waktu untuk pembiasaan. Ketika terbiasa, maka rasa nyaman tercipta hingga cinta tumbuh dengan alami. Berkembang dan mekar seiring masa berjalan.
Nikmati prosesnya.
Amati responnya.
Syukuri hasilnya.
Semua menjadi bagian dari sebuah tantangan.

Tetap semangat BaBuBa.


#OdopNovemberChallenge
#TantanganRumlitIPBekasi
#DiariIbuProfesional
#CeritaIbu
#CeritaKeluarga
#CeritaKita

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta