√Cara Mudah Memanah Bagi Pemula
Header catatantirta.com

Cara Mudah Memanah Bagi Pemula


Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata busur dan anak panah ?
"Memanah"
Ya, busur dan anak panah merupakan satu kesatuan dari aktifitas memanah atau panahan.

Menurut wikipedia.com:
"Panahan (Inggris:Archery) adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Bukti-bukti menunjukkan bahwa sejarah panahan telah dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu yang awalnya digunakan untuk berburu dan kemudian berkembang sebagai senjata dalam pertempuran dan kemudian sebagai olahraga ketepatan. Seseorang yang gemar atau merupakan ahli dalam memanah disebut juga sebagai pemanah."

Aktifitas memanah sekarang sudah menjadi salah satu cabang olahraga di berbagai kejuaraan. Mulai dari kejuaraan tingkat sekolah hingga yang lebih tingggi seperti Olimpiade dan Asian Games. Olahraga ini pun sedang naik daun  di semua kalangan masyarakat. Apalagi sudah banyak tempat yang membuka wahana hiburan sekaligus berlatih memanah sehingga kaum awam pun bisa mencicipi olahraga memanah ini.

Ada beberap tips yang bisa dipersiapkan untuk anda yang ingin mencoba olahraga ini.
1.      Fisik dengan cukup tenaga
Ketika hendak memanah, pastikan anda dalam kondisi tubuh yang fit karena olahraga ini membutuhkan cukup banyak energi. Diperlukan kekuatan ketika tangan anda untuk mengangkat busur dan menarik anak panah sebelum dilepaskan menuju titik sasaran. Sebelumnya usahakan untuk melakukan sedikit peregangan tangan dan kaki agar lebih rileks. Kemudian pastikan anda sudah mempunyai cukup tenaga untuk berpanas-panasan di bawah sinar matahari karena arena memanah umumnya dilakukan di ruang terbuka.
2.      Mental optimis
Membidik anak panah ke papan sasaran membutuhkan ketepatan dan percaya diri. Siapkan mental anda agar yakin bisa untuk menarik anak panah dapat mendarat tepat di sasaran. Tarik anak panah, bidik papan sasaran, yakinkan diri bisa menembus lapisan lingkaran.
3.      Gunakan perlengkapan memanah sesuai dengan yang dianjurkan oleh pelatih. Umumnya yang perlu digunakan untuk para pemula yaitu :
a.       Kantong anak panas
Sebuah kantong dengan tali panjang digunakan untuk menyimpan anak panah yang akan digunakan. Tali tersebut diselempangkan ke kanan agar mudah ketika akan mengambil anak panah.
b.      Pelindung jari penarik ( Finger Tab )
Sebuah pelindung berbahan kulit digunakan pada 3 jari tangan kanan, yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Sebagai penarik tali anak panah, ketiga jari tersebut perlu dilindungi agar tidak terluka.
c.      Pelindung lengan ( Arm Guard )
Berbahan kulit dengan bentuk yang cukup lebar dan panjang, sebuah pelindung lengan berfungsi pencegah terjadinya gesekan lengan dengan tali busur ketika menarik anak panah.

Perlengkapan Memanah : Busur, Anak Panah, Pelindung Jari, Pelindung Lengan, Kantong Anak Panah
Setelah semua persiapan memanah telah lengkap, pegang busur ditangan kiri, ambil anak panah dari kantongnya dengan tangan kanan lalu pasang pada busur. Perlu diingat sekali lagi untuk memerhatikan petunjuk yang diberikan oleh pelatih agar semua aman. Setelah anak panah terpasang pada busur, sejajarkan busur dengan bahu kemudian tarik anak panah sampai tangan kanan menempel pada tulang pipi. Lalu tutup mata kiri anda dan fokuskan pada papan panah. Lepaskan anak panah dan lihatlah hasilnya. Sekali dua kali mungkin tidak tepat sasaran, namun tidak perlu kecewa karena banyak kesempatan untuk mengulanginya lagi.

Kuncinya yaitu sabar, yakin, dan fokus hingga anak panah menancap sempurna pada lingkar papan panah.


Selamat mencoba.



Sumber :
~  Dokumentasi dan pengalaman pribadi
~   Wikipedia.com
~   Http://physicaleducationandpsychology.blogspot.co.id/p/peralatan-panahan.html

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta