√Apakah Saya Mampu Menjalani Tahapan Menjadi Ibu Profesional ?
Header catatantirta.com

Apakah Saya Mampu Menjalani Tahapan Menjadi Ibu Profesional ?



Nice Home Work atau yang lebih mudah disebut NHW merupakan salah satu cara dalam proses belajar Institut Ibu Profesional. Minggu ini merupakan pekan kedua saya belajar di Institut Ibu Profesional ( IIP ). Materi yang disampaikan pada pekan kedua ini berisi tentang pengertian ibu profesional, visi dan misi komunitas Ibu Profesional, tahapan - tahapan untuk menjadi ibu profeional, dan terakhir tentang indikator keberhasilan menjadi seorang ibu profesional.

Dari penjabaran yang tertuang pada materi yang disampaikan, komunitas Ibu Profesional mempunyai visi dan misi yang mendalam dan bermakna tentang keberadaan dan peran ibu dalam membangun peradaban manusia.

Komunitas Ibu Profesional mempunyai visi menjadi komunitas pendidikan perempuan Indonesia yang unggul dan profesional sehingga bisa berkontribusi kepada negara ini dengan cara membangun peradaban bangsa dari dalam internal keluarga.
 
Misi yang diusung oleh komunitas Ibu Profesional sungguh luar biasa. Melalui komunitas Ibu 
Profesional, seorang ibu ditempa agar mengalami peningkatan kualitas dalam mendidik anak -anak, mengelola rumah tangga, menjadi produktif tanpa meninggalkan perannya sebagai ibu, dan menjadi agen perubahan dimana keberadaanya memberi manfaat bagi orang lain.

Tahapan yang ada di Institut Ibu Prosesional yang menjadi target pencapaian untuk para ibu agar menjadi ibu profesional yaitu : bunda sayang, bunda cekatan, bunda produktif dan bunda shaleha.
~ Bunda sayang
Bunda sayang berisi ilmu - ilmu ibu agar meningkatkan kualiatas diri dalam mendidik anak - anaknya sehingga bisa menjadi guru utama dan pertama bagi anaknya.
"Al Ummu Madrasah Ula", Ibu adalah sekolah utama bagi anak -anaknya. Demi mencetak generasi hebat maka seorang ibu perlu meningkatkan kualitas diri agar menghasilkan anak -a nak yang unggul.
~ Bunda cekatan
Pada tahap bunda cekatan memberikan ilmu - ilmu untuk meningkatkan kualitas ibu dalam mengelola rumah tangga dan keluarganya sehingga menjadi keluarga yang unggul. Demi menciptakan keluarga yang unggul maka peran ibu sangatlah penting. Nah pada tahapan bunda cekatan ini para ibu mendapat ilmu yang akan membantu proses perencanaan dalam mengelola serba serbi dalam rumah tangga. Menciptakan rumah yang terbaik bagi seluruh penghuninya.
~ Bunda produktif.
Setiap ibu bisa menjadi produktif tanpa harus meninggalkan anak dan keluarganya. Di tahapan inilah akan diajarkan ilmu - ilmu agar ibu menjadi produktif dan melakukan berbagai aktifitas dengan bahagia dengan tetap pada peran utamanya sebagai ibu dan istri.
~ Bunda shaleha

Tahapan terakhir yang harus dilalui sebagai ibu profesional aitu bunda cekatan. Tahapan ini berisi Ilmu-ilmu untuk meningkatkan peran ibu sebagai agen pembawa perubahan di masyarakat, sehingga keberadaannya bermanfaat bagi banyak orang.


Ke empat tahapan Ibu Profesional tersebut memiliki keterkaitan yang erat. Semuanya saling menunjang dan menentukan keberhasilan sebagai ibu profesional. Proses pembelajaran yang akan membuat seorang ibu menjadi lebih menikmati perannya sebagai ibu.

Sebuah pesan mendalam disampaikan oleh seorang suami pada istrinya :
“Bersungguh-sungguhlah kamu di dalam, maka kamu akan keluar dengan kesungguhan itu, tidak ada hukum terbalik”.
Pesan tersebut merupakan perkataan dari pak Dodik Mariyanto kepasa ibu Septi Peni Wulandani. Keduanya adalah pasangan yang luar biasa. Ibu Septi merupakan founder dari Institut Ibu Profesional.

Dari sini
saya belajar bahwa sebagai seorang istri dan ibu penting untuk menjadi ibu profesinal.
Apakah saya mampu menjalani semua tahapan menjadi ibu profesinal? Semoga saya bisa dan harus bisa.
Dengan mengikuti tahap demi tahan di Institut Ibu Profesional, saya berharap mampu meningkatkan kualitas diri demi menciptakan sebuah keluarga unggulan.
Materi kedua di Institut Ibu Profesional ini meninggalkan tugas yang membuat saya berkaca. Banyak bagian dari diri ini yang perlu diupgrade. Banyak hal yang perlu dibenahi agar menjadi lebih baik.
Apa Nice Home Work yang menjadi tugas di materi kedua ini?
Ikuti terus perjalanan saya belajar di Institut Ibu Profesional.


Sumber:  Materi Matrikulasi Institut Ibu Profesional Sesi #2


#RuangMenulis
#WritingTresnoJalaranSokoKulino
#Odopfor99days31Jan18

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta