√Hebohnya Bermain Tower Stacko
Header catatantirta.com

Hebohnya Bermain Tower Stacko



Tower Stacko

Apa itu Tower Stacko?
Tower Stacko merupakan permainan balok yang terdiri dari beberapa warna, angka, dan kode tertentu yang disusun menjadi sebuah menara. Permainan Tower Stacko memiliki beberapa nama lain yaitu Uno Stacko atau Jenga. Kebetulan saya menyebutnya Tower Stacko mengikuti label di box permainannya saja supaya lebih mudah mengingatnya.

Bermain Tower Stacko cukup mengasah otak,  menguras emosi, dan membutuhkan energi yang tidak sedikit. Otak kita dipekerjakan untuk menyusun balok - balok menjadi sebuah menara setinggi mungkin. Mengambil satu balok dari tumpukan balok bawah dengan penuh perhitungan dan kehati - hatian jangan sampai menaranya roboh. Kesabaran ketika mengambil balok inilah yang cukup menguras emosi dan butuh energi.

Dalam satu paket permainan Tower Stacko terdiri dari 45 buah balok warna. 10 balok biru, 10 balok kuning, 10 balok hijau, 11 balok merah, dan 4 balok ungu. Masing - masing memiliki angka dan kode berbeda. Kesemuanya berbahan plastik dengan potongan yang simetris. Permainan ini bisa dilakukan oleh 2 orang atau lebih. Letakkan susunan balok pada sebuah meja untuk mempermudah permainan dan para pemain mengelilingi meja tersebut.






 
Lambang pada Tower Stacko
Apa saja jenis kode atau lambang yang ada pada balok Tower Stacko?
1. Balok yang berisi angka 1, 2, 3, dan 4.
2. Balok dengan lambang dua garis miring yang dikenal dengan nama Draw Two Block.  Apabila seorang pemain mengambil balok ini artinya pemain berikutnya harus mengambil 2 balok dengan warna atau angka yang sesuai dengan pemain sebelumnya.
3. Balok berlambang dua anak panah berlawanan arah atau yang disebut Turn-Around Block. Balok ini menandakan bahwa arah giliran permainan menjadi berbalik. Jika awalnya searah jarum jam, maka giliran pemain berikutnya menjadi berlawanan arah jarum jam.
4. Balok bergambar lingkaran dengan garis miring di dalamnya yang dinamakan Skip Block. Balok dengan kode seperti ini menandakan bahwa pemain berikutnya tidak mendapat giliran sehingga pemain setelahnya yang berhak bermain.
5. Balok berwarna ungu dengan lambang yang sama berupa tanda silang dengan sebutan Wild Block. Seorang pemain yang mengambil balok ungu ini berhak menentukan warna balok yang akan diambil oleh pemain selanjutnya.

Bagaimana cara bermain Tower Stacko ?
1. Permainan diawali dengan menyusun tiga balok secara acak menjulang ke atas. Arah susuna balok dibuat berbeda di masing - masing tingkatan. Setelah semua balok tersusun, pemain pertama yang mengambil balok adalah pemain yang telah menyusun balok - balok tersebut.
2. Balok pertama yang diambil merupakan balok angka, bukan balok perintah.
3. Perlu diingat bahwa balok yang boleh diambil adalah urutan keempat dari tingkatan balok teratas. Jadi, susunan balok tingkat satu samapi dengan tiga teratas tidak boleh diambil.
4. Pemain berikutnya mengambil balok berdasarkan pada warna dan angka yang telah diambil oleh pemain sebelumnya. Boleh memilih antara angka atau warna dari balok sebelumnya.
5. Ketika menara roboh, maka pemain terakhir yang merobohkan menara bertanggungjawab menyusun menara kembali.

Sudah terbayang serunya bermain Tower Stacko? Daripada penasaran langsung saja menuju toko mainan terdekat. Tidak perlu merogoh kocek dalam untuk dapat memiliki mainan menantang ini. Cukup dengan rupiah kisaran Rp.50.000 hingga Rp. 80.000 , anda sudah dapat membawanya pulang.

Jika di box sisi luar tertera keterang rentang usis di atas 7 tahun, tetapi ternyata permaian ini bisa dilakukan oleh anak usia 4 tahun loh.  Tetapi dengan resiko menara akan mudah roboh. Namun cukup seru karena saya telah mempraktekkannya bersama anak balita saya. Dia antusias mencoba permainan ini. Satu dua kali mengambil balok dengan mulus, namun selanjutnya menjadi pemain spesialis roboh menara. ( hahahahahaha ).

Usia 7 tahun memang sudah mulai mampu mengatur emosi dan membuat prediksi serta solusi. Jadi keseruan permainan akan lebih panjang jika dilakukan oleh para pemain yang sudah lebih matang.
Permainan Tower Stacko juga bisa dilakukan bersama keluarga, berkumpul dengan teman - teman, atau ketika ada acara keluarga besar. Dengan tambahan hukuman yang lucu dan menarik akan menambah keseruan permainan.

Selamat mencoba.



#TowerStacko#UnoStacko
#RuangMenulis
#WritingTresnoJalaranSokoKulino
#Odopfor99days01Feb18

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta