√Cerita Keluarga Jejak Lampah Di Idulfitri 1445 H
Header catatantirta.com

Cerita Keluarga Jejak Lampah Di Idulfitri 1445 H

Bismillah
Sepenggal perjalanan Keluarga Jejak Lampah di Idulfitri 1445 H atau lebaran tahun 2024.

Hai Sahabat,

Bagaimana lebaran tahun 2024 kemarin?
Ada keseruan apa saja selama mudik lebaran?

Catatantirta mau menceritakan sepenggal cerita Keluarga Jejak Lampah saat Idulfitri 1445 H kemarin. Mulai dari persiapan mudik sampai dengan arus balik sudah kami persiapkan jauh-jauh hari.

Persiapan Sebelum Mudik

Persiapan sebelum mudik lebaran 2024 sudah kami buat sekitar 3 bulan sebelum Ramadan tiba. Ada beberapa point yang menjadi prioritas dan juga rencana cadangan alias plan B,C, dan D.
Persiapan sebelum pulang kampung Idulfitri 1445 H versi Keluarga Jejak Lampah yaitu :
  • Pakaian
  • Bingkisan
  • THR
  • E-Money
  • Keuangan / Dana
  • Pembagian Waktu
  • Cek Kendaraan
  • Stok Obat
  • Peralatan Mudik

1. Pakaian

Kami membuat daftar pakaian yang diperlukan seperti seragam keluarga, pakaian keponakan, pakaian ganti saat mudik, dan pakaian untuk orangtua.
Sengaja kami membuat daftar nama-nama penerima agar mudah membuat perkiraan dana yang dibutuhkan untuk persiapan lebaran.

2. Bingkisan

Sudah menjadi kebiasaan keluarga besar kami untuk saking berkirim bingkisan. Terutama bingkisan dari yang muda ke yang lebih tua. Contohnya kami memberi bingkisan untuk nenek, pakde, om, ataupun bibi.

3. THR (Tunjangan Hari Raya)

Sebagai persiapan THR atau tunjangan hari raya yang biasa kami berikan pada keponakan-keponakan atau sepupu yang belum bekerja (masih sekolah), kami membuat daftar nama-nama mereka. Ada perbedaan isi THR sebagai bagian dari asas adil. 
Bagi keponakan yang sudah masuk Sekolah Menengah Pertama ke ataa mendapat amplop THR yang lebih besar dari adik-adik mereka.
Membuat daftar nama penerima THR sangat erat kaitannya dengan persiapan biaya mudik lebaran. Selain itu dari daftar jumlah nama penerima THR ini juga memudahkan kami untuk menentukan jumlah uang baru yang akan disiapkan.

4. E-Money

Setiap kali mudik lebaran, kami lebih memilih jalan tol agar bisa lebih cepat sampai kampung halaman. Dengan penggunaan jalan tol ini tentu saja kami harus menyiapkan e-money atau e-tol untuk transaksi pembayaran di gerbang tol.

5. Keuangan / Dana

Keuangan atau dana yang harus disiapkan untuk perayaan Idulfitri bisa mulai terlihat dari daftar-daftar yang telah kami buat sebelumnya. Sumber totalnya berasal dari budget pakaian, bingkisan, thr, e-money, budget wisata, dan juga dana cadangan.

6. Pembagian Waktu

Mudik lebaran menjadi moment kami untuk berkumpul bersama sanak keluarga. Seringkali seluruh keluarga besar berkumpul untuk saling bersilaturahim. Kami berasal dari 2 kita yang berbeda. Beruntungnya masih satu arah jadi mudsh untuk melakukan perjalanan saat mudik.

Setiap kali lebaran, kami membagi waktu libur menjadi 2. Tentu saja dengan banyak pertimbangan terutama keterbatasan waktu. Kami melakukan pembagian waktu se-adil mungkin agar orangtua kami tetap bahagia dan memanfaatkan waktu berkumpul dengan maksimal.

7. Cek Kendaraan

Pengecekan kondisi kendaraan adalah hal yang sangat penting. Kondisi mesin kendaraan diperiksa oleh suami. Sedangkan yang lain membersihkan bagian dalam mobil.

8. Stok Obat

Ada satu wadah yang kami khususnya untuk menyimpaan obat-obatan. Mulai dari minyak kayu putih, obat 
9. Peralatan Mudik



‹ Lebih lamaTerbaru ✓

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta