√Main Bareng di Rumah Belajar Cahaya
Header catatantirta.com

Main Bareng di Rumah Belajar Cahaya

 

Eflyer Main Bareng di Rumag Belajar Cahaya


Bismillah,

Bertepatan dengan libur sekolah anak-anak, Rumah Belajar Cahaya mengadakan kegiatan yang sengaja dibuat agar anak-anak di sekitar memiliki aktivitas menyenangkan selama liburan.

Ide Main Bareng ini sebenarnya pernah dilakukan dengan nama BaBuBa (Baca Buku Bareng). BaBuBa dilakukan sekitar dua tahun lalu. Saat itu anak sulung sedang senang membaca dan ingin mengajak teman-temannya untuk ikut mencintai buku. Namun, kali ini Rumah Belajar Cahaya memfasilitasi bermain bebas ala mereka. Ada tiga aktivitas yang disediakan yaitu mewarnai, membaca, dan berkreasi denga sedotan.

Sebelum kegiatan Main Bareng diselenggarakan, Rumah Belajar Cahaya membuat eflyer sederhana sebagai media kampanye atau iklan. Tidak ada target anak yang akan datang pada aktivitas ini, namun jumlah yang datang cukup banyak. Ada sekitar 15 anak yang mengikuti Main Bareng di hari pertama.

Kegiatan mewarnai menjadi incaran anak-anak. Kami menyediakan kertas yang sudah ada sketsa gambarnya dan juga krayon. Jadi, anak-anak hanya datang bermodal semangat dan rasa bahagia. Dokumentasi kegiatan Main Bareng bisa dilihat di sini : Liburan Seru di Rumah Belajar Cahaya 


Serunya Mewarnai bersama

Hari pertama kegiatan ini, anak-anak terlihat senang. Mereka bebas memilih warna untuk digoreskan pada objek yang dipilih. Mereka pun saling bercengkrama, bercerita, dan juga saling memberi masukan terkait warna yang dipilih. Saat mewarnai gambar, motorik anak-anak terlatih. Imajinasi dan kreativitas mereka pun terasah. Satu hal lagi yang menjadi manfaat dari aktivitas ini yaitu, anak-anak saling berinteraksi dan mengasah empati dan peduli terhadap teman sebaya. Mereka juga bebas bermain dan menciptakan gembira.

Selepas mewarnai selesai, anak-anak mengambil dan membaca buku pilihan mereka. Kembali mereka saling memberi masukan saat yang lain memilih buku. Adapula yang membantu anak lain membaca karena belum lancar membaca. Satu dengan yang lain saling mengisi gelas-gelas bahagia mereka. Membaca menambah kosakata dan mengasah literasi anak. Ada saja kata yang belum mereka ketahui maksud atau artinya. Lalu mereka saling bertukar informasi. Membagi pengetahuan yang dimiliki sehingga terjadi komunikasi yang baik dan menyenangkan.

Kegiatan Main Bareng ini rencananya akan dilakukan selama anak-anak liburan sekolah semester pertama. 

Rumah Belajar Cahaya mencoba berbagi manfaat dengan memfasilitasi kegiatan anak berupa mewarnai, mambaca, dan berkreasi .

Semoga bisa konsisten.






#kelasliterasiibuprofesional


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta