√Cara Beli Domain di Niagahoster Cepat dan Mudah
Header catatantirta.com

Cara Beli Domain di Niagahoster Cepat dan Mudah

Cara beli domain di niagahoster cepat dan mudah


Cara Beli Domain di Niagahoster Cepat dan Mudah

Hai, Sahabat Tirta.

Catatan kali ini Tirta ingin berbagi pengalaman cara beli domain di Niagahoster cepat dan mudah. Sebelum meluncur ke proses beli membeli, Tirta mau sedikit berbagi tentang dunia Domain.
Yuk, merapat kita belajar bareng.

A. Pengertian Domain

Dalam sebuah blog tentu memiliki identitas atau nama blog. Kita umpamakan saja bahwa blog merupakan sebuah rumah. Setiap rumah tentu berdiri pada sebuah lahan yang cukup luas. Lahan ini disebut hosting. Beruntungnya bagi para pengguna blogspot, lahan blognya gratis diberikan cuma-cuma oleh goggle. Jadi tidak perlu membeli hosting agar bisa beraktivitas di blog spot.

Lanjut ya,

Setiap rumah tentu memiliki Alamat. Rumah kita yaitu blog memiliki alamat yang disebut domain.
Pada sistem pengelolaan komputer mengolah data dengan kode-kode biner atau angka tertentu. Namun dengan kecanggihan teknologi kode-kode tersebut diolah menjadi nama yang lebih mudah digunakan. Termasuk deretan angka untuk alamat blog yang sudah diubah menjadi domain. Jadi, kita tidak perlu pusing membuat dan menuliskan barisan angka tersebut. Cukup dengan menuliskan nama sesuai domain yang kita buat.

B. Fungsi Domain

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa domain merupakan alamat dari sebuah blog. Domain sendiri terbentuk dari deretan angka yang diolah melalui sistem komputasi sehingga diubah menjadi nama yang disebut domain. Melaui domain, kita akan lebih mudah mengakses ke berbagai blog atau website tertentu tanpa harus mengetik deretan angka. Sistem komputasi mempernudah setiap proses dalam komputer. Nikmati dan manfaatkan kemudahan itu untuk segala kebaikan.

Dalam sebuah domain ada dua elemen penyusun yaitu nama situs dan ekstensinya.
Nama situsnya adalah catatantirta

Ekstensinya yaitu .com

Untuk dapat memiliki domain, kamu harus mendaftarkannya terlebih dahulu ke ICANN/Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Salah satu caranya yaitu dengan beli domain di Niagahoster.

C. Jenis-Jenis Domain

Ada beberapa jenis domain yaitu :
  • Top Level Domain (TLD)
  • Second Level Domain
  • Third Level Domain

1. Top Level Domain

Top Level Domain atau TLD merupakan tile domain tertinggi dalam struktur DNS (Domain Name Systerm) di internet. TLD yang banyak digunakan .com ; .org ; .net ; dan .edu. Saat ini ada tiga jenis TLD yaitu :
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD)
  • Generic Top Level Domain (gTLD)
  • Country Code Top Level Domain

a. Country Code Top Level Domain

ccTLD yaitu domain yang berdasarkan penamaan geografis suatu negara.
Contohnya :
.id untuk Indonesia,
.us untuk United States
.au untuk Australia.

Domain ccTLD dapat didaftarkan dan dimiliki oleh siapapun meskipun bukan warga negara yang bersangkutan. Misalnya jika kamu tinggal di Indonesia, tetapi kamu bisa membuat domain website dengan ekstensi .au yang merupakan ccTLD untuk Australia.

b. Generic Top Level Domain

gTLD merupakan domain umum tanpa kode negara yang dapat digunakan oleh siapapun. GTLD biasanya digunakan oleh pihak-pihak tertentu sebagai identitas.

Contoh : .edu untuk website institusi pendidikan (edukasi).
Contoh gTLD lainnya adalah .mil (militer), .gov (pemerintah), .org (lembaga nirlaba dan organisasi), dan .net yang awalnya dibuat untuk penyedia layanan internet.

2. Second Level Domain

Sebuah domain disusun oleh 3 kerangka yaitu subdomain, Second-Level Domain atau yang biasa disingkat dengan SLD, kemudian terakhir ada Top-Level Domain atau TLD
~ Second-Level Domain adalah salah satu bagian dari kerangka domain.
~ Subdomain: Bagian paling depan atau sisi kiri alamat URL disebut dengan subdomain, contohnya yaitu “www”.
~ Second-Level Domain: SLD berada di bagian tengah dan menjadi bagian yang paling penting dari sebuah domain. Setiap nama website yang berada di tengah seperti google, facebook, twitter, dan lainnya merupakan contoh dari SLD.
~ Top Level Domain: Terakhir, sebuah domain akan ditutup dengan TLD. Contoh dari TLD seperti.com,.co.id,.org.

Contoh lengkapnya : www.catatantirta.com
www adalah subdomain
catatantirta adalah SLD
.com adalah TLD

3. Third Level Domain

Third Level Domain juga dikenal dengan sebutan sub domain. Sub domain digunakan untuk keperluan tertentu.
Third Level Domain (TLD) terletak di depan Second Level Domain, dalam hal ini adalah "www". Third Level Domain sendiri juga digunakan untuk memisahkan website halaman utama dengan subpage yang mengandung konten lain di luar halaman utama website. Sebagai contoh, news.google.com, domain "news" disini digunakan pada laman baru diluar website utama yang sengaja dibuat untuk melakukan publikasi berita dan informasi ter-update di situs Google.

D. Kelebihan Blog dengan Top Level Domain (TLD)

1. Domain mewakili Nhice Blog

Domain merupakan nama blog yang mewakili isi dari blog / nhice blog. Ketika pengguna/pembaca melihat nama blog maka biasanya langsung tabu isi dari blog tersebut.

2. Branding Blog

Langkah awal membangun personal branding dengan blog adalah membangun blog yang bagus dengan Domain Top Level Domain. Dengan adanya TLD maka blog menjadi lebih menarik dan terlihat profesional.

3. Blog Mudah Diingat

Melalui domain yang unik dan menarik, maka blog kita akan lebih mudah diingat oleh pengguna-pembaca.

4. Eksistensi blog

Saat blog sudah memiliki TLD, maka tingkat eksistensi blog semakin meningkat. Domain menjadi salah satu daya tarik SEO sehingga sangat berpengaruh pada eksistensi blog di mata google atau mesin pencari lainnya.

5. Meningkatkan Peluang Sponsor dan Job dari Klien

Dengan menggunakan domain Top Level Domain, menjadikan blog kita tidak dipandang sebelah mata. Terbukti dengan menggunakan domain TLD saya pun berkesempatan mendapatkan beberapa sponsored post dan Job review. Dan dengan menggunakan domain TLD membuat pembayaran atas sponsored post dan Job review berbeda dengan blog yang belum menggunakan domain .com atau .net.

6. Terlihat lebih profesional

Dengan menggunakan domain .com / .net membuat blog semakin profesional bagi para pengunjung. Dengan menggunakan Domain TLD pula, memberikan nilai kepercayaan bagi para pembaca terhadap blog kita.

E. Kekurangan TLD

1. Membeli Top Level Domain (TLD)

Setiap kelebihan tentunya ada juga kekurangan. Begitu pula dengan Top Level Domain. Apabila ingin memiliki TLD, seorang blogger harus merogoh kocek untuk membeli Top Level Domain. Harga untuk setiap TLD berbeda-beda. Semua tergantung ekstensi yang ingin digunakan.

Apakah itu .com ; .id ; .org, semua dibandrol dengan harga yang berbeda.

Para blogger bisa membeli TLD di beberapa penyedia seperti Niagahoster, Dewa Web, ataupun Rumah Web. Semuanya menawarkan Top Level Domain dengan harga yang berbeda.

2. Perpanjang Top Level Domain

Penggunaan TLD setelah dibeli umumnya memiliki masa aktif 1 tahun. Setelah masa aktif selesai, maka harus memperpanjang agar dapat digunakan terus menerus. Lagi-lagi para blogger harus memgeluarkan biaya tak sedikit untuk tetap menggunakan TLD. Tapi Sahabat jangan khawatir sebab dengan bekerja keras dan memaksimalkan blog yang ada maka menghasilkan cuan. Nah, penghasilan inilah yang bisa dipakai untuk membiayai blog agar tetap eksis dan berkualitas.

F. Tips Membuat Nama Domain

1. Singkat

Gunakan nama yang singkat sebagai domain blog kalian. Hal ini berkaitan dengan salah satu parameter SEO on Page yaitu panjang maksimal Url artikel adalah 75 karakter dimulai dari huruf h di 'https'. Apabila domain blog terlalu panjang, maka kemungkinan akan panjang pula Url yang dihasilkan. Akan sulit mengatur permalink artikel apabila Url nya terlalu panjang.

2. Bermakna

Nama blog menjadi perwakilan dari isi blog atau nhice blog. Gunakan nama yang bermakna sebagai domain agar bisa mencerminkan isi dari blog atau mewakili kalian sebagai pemilik blog.

3. Tanpa Angka dan Simbol

Domain yang mengandung angka dan simbol sering dianggap spam oleh mesin pencari. Maka dari itu, hindari penggunaan angka dan simbol dalam domain.

4. Unik dan Mudah Diingat

Domain blog merupakan nama yang akan diketik oleh pengunjung di mesin pencarian. Semakin unik domain makan akan mudah diingat dan menjadi daya tarik tersendiri.

G. Cara Beli Domain di Niagahoster

Ini pengalaman perdana Tirta beli domain di Niagahoster. Pertama kali mengetahui Niagahoster dari coach Marita di materi ke 7 program Blogspedia Coaching 4. Ada beberapa penyedia domain yang disampaikan oleh beliau. Berdasarkan pengalaman coach Marita selama membeli domain, Niagahoster menjadi penyedia domain yang cepat dan mudah. Berdasarkan rekomendasi tersebut, Tirta memutuskan untuk beli domain di niagahoster.

Panduan lengkap bisa baca di sini : "cara memasang TLD "

Awalnya sempat bingung ketika memulai langkah beli domain di niagahoster. Apalagi ada beberapa teman yang mengalami kendala saat beli domain di niagahoster. Namun, dari beberapa tutorial yang dibagikan coach Marita dan coach Yuni akhirnya mantap melangkah.

"Awali setiap lakumu dengan Basmallah. Insya Allah, kemudahan mengiringi."

Bismillahiirahmaanirrahiim

Langkah-Langkah beli domain di Niagahoster Cepat dan Mudah

Berikut panduan singkat cara beli domain di Niagahoster :

1. Masuk web Niagahoster

Halaman depan niagahoster untuk beli domain di niagahoster


Sahabat Tirta bisa langsung klik link berikut : Niagahoster

2. Pilih menu Domain, lalu pilih menu Cari & Cek Domain

Menu domain di niagahoster untuk cek domain yang tersedia


3. Masukkan nama Domain yang Sahabat siapkan

Memasukkan nama domain yang akan dibeli dan mengecek ketersesiaan nama domain


Cek ketersediaan nama domain tersebut. Setelah melakukan pengecekan nama Domain, Sahabat akan diberi beberapa pilihan nama domain.

4. Pilih nama Domain sesuai dengan harga yang tertera

Jenis domain dan harganya dapat dipilih sesuai keinginan


Setiap nama domain memiliki harga yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh ekstensi yang bermacam-macam. Dari pengalaman para blogger, ekstensi .com lebih banyak dipilih karena cenderung memberi kesan komersil. Ekstensi .com juga berpengaruh pada SEO blog di mesin pencarian. Blog dengan ekstensi .com lebig dipercaya dan mudah terbaca di mesin pencarian.

5. Pilih durasi paket atau masa aktif domain

Rincian domain yang akan dibeli di niagahoster sebelum pembayaran


Umumnya durasi domain berlaku selama satu tahun. Selebihnya Sahabat bisa melakukan perpanjangan.

6. Buat akun di Niagahoster



Menu ini optional saja alias tidak wajib. Sahabat bisa melewatinya dan langsung ke tahap berikutnya.

7. Pembayaran / Invoice



Sahabat Tirta bisa menentukan metode pembayaran beli domain di Niagahoster. Ada banyak pilihan cara tinggal pilih yang paling cepat dan mudah. Pada bagian pembayaran ini juga terdapat detail invoice yaitu berisi harga domain, pajak, dan diskon (jika ada). Teliti kembali totalnya, lalu pilih menu buat Tagihan Pembayaran.

8. Proses pembayaran



Sahabat bisa langsung melakukan proses pembayaran. Ketika pembayaran sudah berhasil, maka akan muncul notifikasinya.

9. Error sistem



Apabila muncul erros sistem setelah proses pembayaran, sahabat bisa langsung cek email. Notifikasi keberhasilan beli domain di Niagahoster akan masuk di email.

10. Kembali ke Niagahoster



Buka kembali web Niagahoster dan login dengan email agar lebih mudah. Setelah itu pilih menu kelola yang sejajar dengan nama Domain yang telah aktif.

11. Pilih menu DNS di sisi kiri



12. Buka akun blog Sahabat, lalu masuk ke menu setting / pengaturan



Pilih Domain Custom, kemudian tulis nama Domain yang baru saja dibeli. Setelah itu pilih simpan dan akan muncul dua kode CNAME. Dua kode CNAME ini yang selanjutnya diinput ke DNS di Niagahoster pada langkah 10.

13. Buka kembali Niagahoster di menu DNS



Isi CNAME dari dua kode yang ada di blog.
Pada kolom CNAME isi dengan kode urutan pertama yang ada di blog.
Untuk kolom tipe A, isi dengan kode urutan kedua yang ada di blog.
Jangan lupa simpan atau update.

14. Langkah selanjutnya kembali ke blog Sahabat



Ulangi langkah no. 12 lalu pilih simpan. Pada tahap ini, lanjutkan dengan mengaktifkan menu Alihkan domain atau Redirect Domain. Domain baru yang aktif sudah otomatis menggantikan domain lama dari blog Sahabat. Butuh waktu beberapa saat sampai proses pengalihan. Jangan cemas saat blog Sahabat belum bisa diakses. Cukup sabar menunggu hingga proses Redirect selesai lalu coba buka blog lagi.

15. Aktifkan HTTPS



Agar blog Sahabat bisa diakses di mesin pencarian manapun, sebaiknya segera aktifkan fitur HTTPS pada blog.

16. Selesai



Selamat berbahagia atas Top Level Domain yang baru saja aktif
Selamat datang blog dengan domain yang baru.

Langkah-langkah yang Tirta lakukan ketika beli Domain di Niagahoster adalah mengikuti petunjuk yang disediakan oleh Niagahoster. Sahabat bisa membaca lengkapnya di sini :

Alhamdulillah, blog Catatan Tirta sudah resmi dengan TLD yang baru yaitu www.catatantirta.com
Semoga dengan domain ini Tirta bisa membuat karya-karya yang bermanfaat bagi Sahabat semua.
Buat Sahabat Tirta yang ingin punya blog yang makin kece dengan TLD, bisa langsung coba cara beli domain di Niagahoster cepat dan mudah ini.

Selamat mencoba.











4 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. Balasan
    1. Masya Allah, Alhamdulillah Teh. Selamat juga ya Teh sudah TLD

      Hapus
  2. Alhamdulillah. Lengkap banget kak penjelasannya. Semoga tetap Istiqomah menulisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya mba. Semangat!

      Hapus