√Enam Keunikan Blog The Hardi's Family
Header catatantirta.com

Enam Keunikan Blog The Hardi's Family

enam keunikan blog The Hardi's Family


Bismillah

Enam Keunikan Blog The Hardi’s Family

Bicara soal blog yang unik, catatan saya kali ini tentang seorang blogger istimewa. Beliau adalah seorang perempuan cantik yang punya hobi nulis, masak dan nonton.  Berbagai catatan hasil menulisnya diabadikan di blognya yang unik bernama The hardi’sFamily. Apasih keunikan blog The Hardis family ini?
Yuk, Simak sampai selsai

Pemilik Blog The Hardi's Family bernama lengkap Rizky Arya Lestari dengan panggilan kesayangan Kikie. Beliau merupakan seorang ibu rumah tangga yang gemar menulis. Saat ini telah memiliki dua orang anak yang memenuhi hari-hari bahagianya. Putri pertamanya duduk di kelas satu sekolah dasar. Sedangkan putra kedua berusia tiga tahun dua bulan. Blog yang sedang beliau kelola ini adalah blog kedua dari teh Kiky. Sebelumnya beliau memiliki blog yang isinya bermacam tema. Kali teh kiky ingin fokus pada blog yang isinya sesuai dengan keinginannya.

Ada enam keunikan blog The Hardis Family :

  1. Nama blog 
  2. Logo blog
  3. Animasi Keluarga
  4. Niche blog
  5. Tagline blog
  6. Kontributor blog

1. Nama blog

Nama blog the Hardi's family diambil dari nama suami teh Kiky yang bernama Hardiansyah. Nama The Hardi's Family sengaja digunakan sebab mewakili keluarga mereka yaitu keluarganya pak Hardi. Seperti halnya sebuah keluarga pasti banyak aktivitas yang ada di dalamnya. Blog The Hardi's Family ini memang sengaja dibuat untuk mendokumentasikan aktivitas yang terjadi di dalam keluarga. Blog ini juga menjadi media portofolio keluarga yang nantinya bisa digunakan sebagai tolak ukur pencapaian yang sudah didapat di dalam keluarga.

Keunikan The Hardi's Family
Logo The Hardi's Family


2. Logo blog

Keunikan The Hardis Family selanjutnya terletak pada logo yang dipakai. Teh Kiky menggunakan gambar sebuah rumah yang di bagian tengahnya berbentuk hati. Gambar rumah yang di dalamnya terdapat hati ini ,menunjukkan bahwa setiap rumah merupakan tempat yang menyenangkan, menentramkan, dan memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota di dalamnya. Ketika di dalam keluarga sudah saling terikat maka akan tumbuh rasa saling melengkapi sehingga menjadi keluarga yang utuh dan kompak.

3. Animasi keluarga

Selain menggunakan logo rumah dengan gambar hati di dalamnya, blog The Hardis Family juga menambahkan animasi yang menghiasi header blog. Gambar ini berupa animasi seorang ibu, ayah, anak laki-laki, dan anak perempuan. Empat orang yang ada digambar tersebut mewakili jumlah anggota keluarga dari The Hardi's Family. Animasi ibu yang menggunakan hijab nan anggun dan menawan mewakili teh Kiky. Kemudian gambar laki-laki dewasa yang sedang memangku anak perempuan adalah ayah atau suami teh Kiky. Lalu gambar anak perempuan dengan hijab biru muda sedang duduk di pangkuan ayah adalah anak pertama teh Kiky. Sedangkan yang terakhir yaitu gambar anak laki-laki di pangkuan ibu adalah anak kedua dari teh Kiky. 
Gambar yang dipakai mencerminkan anggota keluarga Hardi. Sekali lihat pati langsung terbaca kalau blog ini adalah blog yang berisi catatan keluarga. Logo dan gambar  yang diapkai sangat mencerminkan isi blog. Jadi sangat memudahkan pembaca atau pengunjung blog untuk mengenal lebih dekat.


4. Niche blog

Berdasar keterangan dari teh Kiky, blog yang beliau kelola mengangkat tema dokumentasi keluarga / porto folio keluarga dan family lifestyle. Tema ini menjadi andalan blog teh Kiky. Beliau ingin mendokumentasikan kegiatan keluarga sebagai catatan atau jejak cerita yang kelak bisa dikenang bersama keluarga. Selain itu, dari dokumentasi ini juga diharapkan bisa menjadi insight dan manfaat bagi keluarga lain.

"The Foundation Everything is A Good Family"


5. Tagline blog

Ketika bertanya tentang tagline blog, saya mendapat jawaban yang luar biasa dari teh Kiky. Tagline blog The Hardi's Family adalah " The Foundation Everything is A Good Family ". Secara sederhana tagline atau jargon blog The Hardi's Family menyatakan bahwa pondasi atau dasar dari segala sesuatu adalah berasal dari keluarga yang baik. Apabila kehidupan keluarganya baik, maka akan baik pula adab dan perilaku seseorang.

6. Kontributor blog

Ini dia keunikan utama dari blog The Hardi's Family. Kontributor blog The Hardi's Family adalah seluruh anggota dari keluarga teh Kiky. Artinya baik ibu, ayah, kakak, maupun adik boleh mengisi blog sesuai dengan keinginannya. Alasan utamanya adalah karena setiap anggota keluarga mempunyai peranan yang penting di dalam keluarga. Beliau ingin semua anggota keluarga ikut berperan aktif dalam mengelola blog The Hardi's Family. Setiap anggota keluarga juga bebas menyampaikan apapun agar tercipta keluarga yang baik, nyaman, dan menyenangkan.

Perbincangan saya Bersama the Kiky semakin seru. Walaupun tidak bertatap muka langsung dan hanya melalui pesan singkat di platform Whatsapp, tetapi rasanya kami sudah sangat dekat. Apalagi kami memang berada di salah satu grup literasi yang sama. Obrolan kami jadi lebih santai dan menyenangkan.

Ibu cantik yang satu ini sudah memulai aktifitas bloggingnya di tahun 2016. Berawal dari hobi menulis, beliau mengisi blog lamanya dengan  kegiatan yang sedang dijalani. Blog lama teh Kiky menjadi media untuk tugas menulis, kegiatan komunitas, dan juga job dari klien, serta lomba tertentu. Ketika mengelola blog, teh Kiky merasa ada banyak ilmu blogging yang belum ia ketahui. Beliau pun mencari dan menggali informasi tentang blogging untuk mengupgrade diri dalam mengelola blog. Akhirnya beliau dipertemukan dengan Blogspedia. Beruntung sekali rasanya bisa mengikuti coaching atau pelatihan yang diadakan oleh blogspedia. Banyak ilmu blogging yang diajarkan sehingga para blogger pemula bisa menambah pengetahuannya tentang dunia blogging.

Selama ini banyak hal yang tidak kami ketahui tentang blogging. Mulai dari logo, header blog, permalink, description, optimalisasi tulisan, SEO, dan masih banyak yang lainnya. Kami tidak paham bahwa sebuah blog perlu memperhatikan banyak hal apabila ingin menjadi blog yang bagus dan bisa dibaca oleh semua orang. Banyak pertanyaan bagaimana caranya membuat blog yang nyaman dibaca dan memiliki pembaca atau pengunjung yang banyak. Rejekinya, kami menemukan jawaban dari semua pertanyaan seputar blogging di blogspedia.


Blog Catatan Tirta
Catatan Tirta


Tak hanya the Kiky yang beruntung, saya pun salah satu dari orang yang sangat bahagia bisa ikut belajar di blogspedia coaching #4. Blog saya di Catatan Tirta terlihat sangat cupu dan jauh dari kata bagus. Saat bergabung dengan Blogspedia, saya sangat antusias menyimak dan mempraktekkan materi yang disampaikan. Founder blogspedia yaitu mba Marita Ningtyas sangat luar biasa. Beliau membagi ilmunya secara cuma-cuma alias gratis. Pelatihan blogging di blogspedia tidak dipungut biasa sepeserpun. Cukup dengan keseriusan dan tanggungjawab selama mengikuti blogspedia coaching, maka berbagai ilmu blogging bisa menjadi catatan penting saat mengelola blog.

Terima kasih tak terhingga kami sampaikan untuk mba Marita dan seluruh coach di blogspedia coaching 4 yang telah bersedia berbagi ilmu dan pengalamannya pada kami.

Terima kasih atas waktu dan tenaga yang dicurahkan untuk mendampingi kami mempelajari serba-serbi blogging.

Sukses selalu untuk Blogspedia, untuk Catatan Tirta, dan juga untuk The Hardi's Family.


 

4 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. Masya Allah, Mbak Dwi makasih sudah menjadi partner yang luar bisa dalam tugas ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, yuk saling bergandengan bertumbuh bersama

      Hapus
  2. Well prepared banget ya konsep blognyaa, bagus ❤️❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mba Putri. Kita memang harus prepare supaya bisa berjalan sesuai rencana

      Hapus