√Tips Berkendara di Jalan Saat Mudik Hari Raya Lebaran
Header catatantirta.com

Tips Berkendara di Jalan Saat Mudik Hari Raya Lebaran

Bismillah

Hari raya lebaran atau Idulgmfitri menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman. Perjalanan ke kampung halaman menjadi moment yang seru dan menyenangkan. Meski harus melewati kemacetan sepanjang perjalanan, namun semuanya menjadi tantangan yang membahagiakan.

Perjalalanan ke kampung halaman dengan menggunakan jalur darat perlu persiapan yang cukup agar semua berjalan lancar. Ada beberapa tips agar perjalanan darat ke kampung halaman  bisa berjalanan mulus dan selamat.

1. Jaga kesehatan
Sebelum berangkat mudik, pastikan anda dalam keadaan sehat. Apabila sedang mengalami gangguan kesehatan, mak segera lakukan pengobatan agar dapat berkendara dengan nyaman, aman, dan selamat.

2. Cek kesiapan kendaraan
Kesiapan kendaraan sangat penting. Ķu9 perawatan sebelum kendaraan digunakan. Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik dan dapat digunakan untuk melakukan perjalanan yang jauh dan penuh tantangan. 

3. Isi bahan bakar kendaraan
Usahakan tangki bahan bakar kendaraan terisi penuh. Ini dilakukan untuk antisipasi antrian panjang di pengisian bahan bakar yang biasanya akan selalu penuh sesak oleh para pemudik.

4. Kartu e money
Saat ini kartu e-money menjadi sebuah kebutuhan. Berbagai fasilitas umum sudah menghunakan e-miney sebagai media pwmbayaran digital. Isi e-money secukupnya agar memudahlan pembayara  saat perjalanan mudik terutama ketika menggunakan jalan tol.

5. Bekal makanan ringan
Saat melakukan perjalanan pulang kampung atau mudik yang sellau ide tik denhan kemacetan, makan anda perlu memyiapkan makanan ringan. Makanan ringan ini akan sangat dibutuhkan ketika kemavetan melanda. Rasa bosan dan lapar ketika macet dspat diantisipasi dengan makan jajanan atau makanan ringan agar kondisi psikis lebih tenang dan menyenangkan

6. Panduan map atau rute
Gunakan aplikasi pethnjuk peta saat berkendara. Hal jni dapat mempermudah pemikikan jalur atau jalan yang tepat sehinhga dapat terhindar dari kemacetan. Selain itu, panduan dari rute ini akan sangat membantu ketima harus mencari jalan yang lancar sehingga oerjalanan pulang kampung bisa lekas sampai.

7. Hindari bahu jalan
Seringkali terjafu kecelakaan akibat adanya kendaraan lain yang berhenti di bahu jalan. Srlama mudik, setiap irang ingin segera sampai ke tempat tujuan lebih cepat dan aman. Bahu jalan seringjali digunakan sebagai pilihan jalur yang lancar. Sayabgnya, ada saja kendaraan yang berhenti di bahu jalan. Hal ini sebenarnya sangat berbahaya. Kecelakaan bisa saja terjadi akibat penggunaan jalur bahu jalan yang tidak benar. Agar terhindar dari dari kecelakaan yang tidaj terduag, maka lebih baik menjauhi bahu jalan dan gunakan jalur yang sesuai.

Nah itah beberapa tips berkendara saat pulang kampung untuk merayakan lebaran bersama sanak keluarga di kampung halaman. 
Jadikan aktifitas mudik sebagai bavian darj perjalanan yang nyaman dan menyenangkan demgan persiapan yang tepat, efektif, dan efisien.

Selamat mudik.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta