√Mang Ajo, Kuliner Lokal Khas Nusantara
Header catatantirta.com

Mang Ajo, Kuliner Lokal Khas Nusantara



Bismillah

Berkumpul bersama keluarga paling  menyenangkan ketika ditemani sajian yang lezat dan mengenyangkan. Ditambah suasana tempat yang menyenangkan  membuat acara keluarga semakin seru dan berkesan. Ada beberapa hal yang  yang perlu diperhatikan sebelum menentukan resto mana yang akan menjadintempat untuk berkumpul bersama keluarga.

Bagi kami yang masih memiliki anak-anak, catatan penting ketika memilih sebuah tempat makan keluarga adalah resto yang menyediakan play ground atau arena bermain. Minimal ada prosotan atau seluncuran dan ayunan yang bisa dijadikan media bermain anak saat menunggu makanan atau setelah makan. Ini menjadi pilihan kami agar anak-anak tetap kondusif dan menghindari gadget. Biasanya anak-anak akan bosan ketika menunggu makanan dan meminta handphone. Nah sebagai pengalihan yang paling ampuh adalah play ground ini.

Salah satu resto favorit pilihan keluarga kami yaitu Resto dan Pemancingan Mang Ajo. Mang Ajo merupakan resto keluarga bertema pemancingan dan rumah makan berbentuk saung atau pondok. Resto dan Pemancingan Mang Ajo terletak di daerah Karawang, lebih tepatnya di jalan akses tol Karawang Barat, Margakaya kecamatan Teluk Jambe Barat, Karawang Barat. Waktu tempuh sekitar 45 menit dari rumah kami. Jadi, lumayan dekat dan jalanannya pun lancar bebas hambatan.

Resto dan pemancingan Mang Ajo memiliki banyak fasilitas menarik yang menjadi keunggulannya yaitu :

1. Luas

Resto dan pemancingan Mang Ajo memiliki wilayah yang luas. Lokasinya yang luas membuat para pengunjung senang berasa di sana. Selain datang untuk makan, para pengunjung juga piha refreshing alias melepas penat. Rimbunnya pepohonan membuat suasana teduh dan tenang.

2. Parkir

Area parkir di Resto dan Pemancingan Mang Ajo sangatlah luas. Baik parkir kendaraan roda dua maupun roda empat tersedia luas dan juga sejuk. Pepohonan di sana menghalangi panasnya sinar matahari sehingga dapat meredam panasnya kendaraan saat parkir.

3. Asri

Hampir seluruh wilayah Mamg Ajo tertutupi oleh pepohonan yang rindang. Lahan parkir berada diantara tanaman mangga dan lainnya. Begitu pula deagan area bagian dalam resto. Seluruh saung dan pemancingan berada sangat dekat dengan pohon-pohpn yang cukup besar. Meskipun ada beberapa tempat yang terasa panas terutama di dekat kolam, tetapi tak mengurangi sejuknya tempat di sisi lainnya.

4. Play ground

Di dalam area resto terdapat banyak wahana play ground yang bisa dipakai oleh pengunjung. Selain wahana gratis, ada juga wahana berbayar yang bisa dimanfaatkan oleh para pengnjung. Harga cukup masuk akal dan masih terbilang terjangkau sesuai dengan jenis permainannya. Wahana gratis yaitu prosotan/seluncuran, ayunan, jungkat-jungkit, dan bola putar. Sedangkan wahana berbayar ada mandi bola, trampolin, dan melukis gambar.

5. Alat pancing

Pihak resto menyediakan alat pancing yang bisa disewa oleh pengunjung. Selain itu juga ada pakan ikan yang bisa digunakan untuk memancing. Harga sewa pancing dan paket pakan ikan pun wajar saja tak berlebihan.

6. Penjualan ikan

Bagi oara pengunjung resto yang datang untuk membawa pulang ikan hasil pancingan, pihak resto menyediakan alat timbangan unuk menimbang ikan. Apabila pengunjung ingin membawa pulang ikan dalam keadaan mati dan bersih, maka bisa menggunakan jasa pihak resto untuk membersihkan dan memotong ikan yang berhasil didapatkan. Apabila pemgunjung ingin membawa ikan dalam keadaan hidup, maka disediakan juga penambahan oksigen yang membantu ketahana ikan sampai beberapa jam. Nah, penambahan oksigen ini terkena biaya sekitar Rp.10.000.

7. Aneka menu nusantara

Menu andalan dari resto dan pemancingan Mang Ajo adalah ikan bakar. Ikan yang disediakan yaitu jenis bawal, gurame, mas, dan juga Nila. Pengunjung bebas memilih ikan mana yang ingin dinikmati. Selain ikan bakar juga ada cah kangkung, mendoan, tahu, tempe, dan aneka sajian minuman hangat serta dingin dengan es yang menyegarkan. Harga makanan di sini bisa dibilang ramah kantong. Masih sesuai dengan jenis hidangan yang disediakan. Jadi, sangat cocok jika membawa banyak anggota keluarga. Oh ya, Mang Ajo juga bisa disewakan untuk acara gatering atau sejenisnya. Ada berbagaj paket yang ditawarkan. Tinggal memilih sesuai kebutuhan.

8. Musala

Ada dua musala yang disediakan oleh pihak resto Mang Ajo. Kedua musala ini cukup luas dan bersih. Mukena dan sarung yang disediakan juga banyak dan  wangi. Kemudia tempat wudunya tidak berdekatan dengan toilet. Ini dapat mengurangi kemungkinan najis yang terbawa.

9. Toilet

Fasilitas utama dari sebuah tempat wisata adalah toilet. Nah resto Mang Ajo menyediakan toilet yang cukup banyak. Letak toilet tersebar di banyak titik sehingga memudahkan para pengunjung ketika hendak ke kamar kecil. Toiletnya juga gratis.

Keluarga kami biasanya datang ke resto sekitar pukul 11 siang. Waktu yang tepat untuk makan siang bersama keluarga. Menu favorit kami di resto ini adalah ikan gurame bakar, mendoan, cah kangkung, dan es kelapa utuh.

Sambil menunggu pesanan diantar, biasanya kami akan menemani anak-anak bermain di play ground baik yang gratis maupun berbayar. Anak-anak betah jika sudah bertemu dengan prosotan dan ayunan. Sementara anak-anak main, suami akan sibuk menyusun alat pancing yang sengaja ia bawa dan membeli pakan. Beliau menyalurkan hobi mancingnya meski hanya sejenak. 

Ketika anak-anak bermain dan suamu bersiao memancing, maka saya sibuk menjadi tim dokumentasi. Merekam setiap aktivitas dan kebersamaan kami menjadi bagian dari rasa syukur dan kebahagiaan tersendiri. Terkadang saya juga ikut melempar kail pancing sebab penasaran bagaimana rasanya menarik ikan dari kolam.

Kami senang makan bersama di resto dan pemancingan Mang Ajo karena beberapa faktor yaitu harga semua makan di resto ini terjangkau dan sesuai dengan isi kantong kami. Tempat yang luas dan suasanan menyenangkan menjadi bonus setiap kami datang ke sini. Akan ada banyak cerita yang bisa kami bawa pulang dan menjadi teman perjalanan di masa lain.


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta