√Rahasia Editing Podcast Klub Buku KLIP
Header catatantirta.com

Rahasia Editing Podcast Klub Buku KLIP

Bismillah,
Serpihan cerita bersama di KBK, Klub Buku KLIP.

Kegiatan Klub Buku KLIP atau yang lebih dikenal dengan sebutan KBK merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan di dalam KLIP. KBK mengudara setiap satu bulan sekali. Tidak ada tanggal pasti untuk KBK mengudara. Satu yang pasti dari KBK adalah bicara tentang buku. Ya, KBK menjadi media bagi para anggota KLIP yang ingin berbagi buku yang telah selesai dibaca. Setiap member KLIP bebas menceritakan segala sisi dari sebuah buku. Tujuannya adalah sebagai tempat menyampaikan ulasan sebuah buku dan juga memberikan pilihan buku bacaan bagi anggota lain. 

Klub Buku KLIP atau KBK menggunakan aplikasi telegram video sebagai media untuk bertemu secara daring. Pertemuan dalam KBK ini direkam dan dipublikasikan menggunakan podcast. Jadi, setiap hasil dari kumpulan rebiew buku oleh anggita KLIP disimpan dalam bentuk suara dan dibagikan menggunakan podcast agar bisa dinikmati oleh orang lain khususnya para anggota KLIP.

Ada yang berbeda dari KBK bulan november 2022 ini. Bukan buku yang dibahas pada pertemuan KBK. Melainkan seluk beluk pembuatan podcast di KBK. Kak Risna menjadi narasumber dalam ruang berbagi di bulan November ini.
Kak Risna merupakan sosok dibalik suksesnya podccast KBK. Beliau adalah penggagas lahirnya podcast KBK.

Berawal dari keinginan untuk berbagi ulasan buku yang dilakukan oleh member KLIP agar bisa dinikmati oleh banyak orang, kak Risna mengusulkan agar setiap pertemuan KBK bisa direkam dan disimpan dengan baik. Hasil rekaman tersebut kemudian dipublikasikan agar bisa disebarluaskan kebermanfaatannya. Akhirnya lahirlah podcast KBK sebagai media publikasi ulasan buku.

Dalam proses pembuatan podcast itu sendiri, kak Risna dan tim KBK bekerja sama mengolah hasil rekaman pertemuan KBK. Bersama dengan mba Alfi, kak Risna berhasil mengedit rekaman KBK yang berdurasi sekitar tiga jam menjadi lebih singkat, praktis, bermutu, dan enak didengar.

Aplikasi yang digunakan untuk mengolah hasil rekaman KBK adalah audacity. Aplikasi ini gratis dan bisa dijalankan di laptop. Audacity dapat diinstal dengan mudah di laptop. Penggunaannya adalah untuk mengedit suara seperti menghapus, menambahkan, atau memindahkan posisi suara agar menghasilkan rangkaian suara yang lebih menarik.

Mengapa hasil rekaman pertemuan KBK perlu diedit sebelum dipublikasikan di podcast?

Hasil rekaman suara disetiap program KBK perlu diedit sebab durasi yang terjadi ketika ulasan buku dilakukan mencapai tiga jam. Selama tiga jam tersebut, tidak semua percakapan berisi intisari dari ulasan buku. Ada saja pembahasan yang kwluar dari topik yang dibicarakan. Hal ini terjadi sebab setiap pertemuan KBK dilakukan dengan suasana yang santai, menyenangkan, dan program KBK sendiri memang tak menuntut proses ulasan yang formal. 

Ada banyak perbincangan seru dalam setiap pertemuan KBK bulanan. Meskipun target dari KBK adalah mengulas sebuah buku, namun dalam prosesnya tak semulus itu. Ada saja obrolan yang keluar dari topik. Ya, namanya juga sesi berbagai bahagia, jadi pasti sambung menyambung setiap kali ada buku yang dibahas. Saling menanggapi dan juga berbagi pengalaman inilah yang seringkali pembicaraan keluar dari konteks ulasan buku. 
Nah, obrolan yang keluar dari topik ulasan buku inilah yang oerly diedit atau dibuang agar podcast KBK menjadi lebih ringkas, rapi, dan menarik.

Selama sesi ruang berbagi bersama kak Risna, ada beberapa point penting yang bisa diambil kesimpulannya, yaitu :
1. Jangan takut untuk melakukan sesuatu yang baru.
2. Belajarlah, praktekkan dan cari tahu jika ingin berhasil dalam melakukan sesuatu yang kamu pelajari.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta