√Khabi Khusi Khabi Gham, Bollywood Terbaik Sepanjang Masa
Header catatantirta.com

Khabi Khusi Khabi Gham, Bollywood Terbaik Sepanjang Masa

Foto diambil dari google


Bismillah,

Rasanya sudah lama sekali tidak menonton film India alias Bollywood. Dulu di tahun 90-an, film-film Bollywood menduduki peringkat tertinggi di dunia perfilm-an Indonesia. Bagi kalian yang besar di tahun 90-an dan millenial pasti dekat sekali dengan musik dan tarian India. Hampir setiap film India dicover ke versi Indonesia. Dunia sinetron Indonesia dibuat mirip dengan selingan lagu dan tari pada setiap episodenya.

Sebuah film yang paling populer pada masa itu berjudul Khabi Khusi Khabi Gham. Menceritakan kisah kasih sayang dalam keluarga. Hubungan antara anak dengan orang tua, adik dengan kakaknya, pertemanan dan juga cinta pada pasangannya. Pemeran dalam film ini tidak kaleng-kaleng. Para artis Bollywood papan atas memainkannya bersama. 

Cerita bermula saat Rohan pulang dari tugas belajarnya. Tokoh Rohan ini diperankan oleh Hritik Rosan. Perawakannya tinggi, tegap, gagah, dan tampan. Seorang adik yang manja dan sangat dekat dengan kakaknya. Rohan kembali ke rumah setelah hampir sepuluh tahun. Ia penasaran mengapa kakaknya pergi dari rumah. Tanpa sengaja cerita itu terdengar olehnya saat dua neneknya sedang berbincang. Dari sinilah kisah pecahnya sebuah keluarga dimulai.

Adegan film berputar balik ke sepuluh tahun yang lalu. Nenek menceritakan kehadiran Rahul menjadi pelengkap keluarga besar mereka. Rahul bukanlah anak kandung di keluarga Raichand. Ia dibawa ke rumah besar itu saat berusia dua tahun. Kehidupan indah dan bahagia lahir setelah kehadiran Rahul di tengah-tengah mereka. Semua kasih sayang tercurah pada Rahul. Hingga pada usianya yang ke sembilan, ayah dan ibu memberitahu bahwa Rahul bukanlah anak kandung mereka. Ayah diperankan oleh artis senior Bollywood yaitu Amitha Bachan. Dengan perawakan yang tinggi, ia masih gagah dan tampan meski usianya sudah lanjut. Ayah dan ibu merasa bahwa Rahul harus tahu. Namun, meski Rahul hanyalah anak angkat dalam keluarga, Rahul tetap anak sulung dan tidak akan terganti. Ayah berpesan bahwa status Rahul tidak akan dibahas lagi. Tidak akan ada yang berubah dari kenyataan yang telah diungapkan. Rahul tetaplah anak pertama mereka dan semua kasih sayang akan tetap sama sepanjang masa. Kehidupan semakin lengkap saat Rohan lahir. Kebahagiaan keluarga Raichand makin sempurna.

Kenangan tentang Rahul kembali diceritakan saat perayaan Diwali. Rahul diperankan oleh bintang papan atas Bollywood, Shahrukh Khan. Ini adalah perayaan terakhir bersama Rahul. Kasih sayang tulus seorang ibu diperlihatkan di sini. Saat Rahul pulang dari perjalanan jauh, ibu merasakan kehadirannya melalui pijakan kaki pertamanya di halaman rumah. Sajian lagu dan tarian pertama diputar menemani perayaan Diwali. Selalu takjub menonton pertunjukan lagu dan tari Bollywood.

Pertemuan cinta pertama

Rahul mengunjungi bibinya yang sakit. Tak sengaja bertemu dengan Anjeli. Wanita cantik dan sederhana yang diperankan oleh aktris papan atas Kajool ini membuat Rahul berbinar bahagia. Kisah cinta pun bermula hingga akhirnya mereka menikah di hari kematian ayah Anjeli.

Pernikahan Rahul dan Anjeli mendapat penolakan dari Yash, ayah Rahul. Rahul sebelumnya telah dijodohkan dengan Naina. Pemeran Naina adalah bintang Bollywood Rani Mukeerji. Naina adalah anak teman Yash yang berasal dari keluarga terpandang. Latar belakang Anjeli juga menjadi alasan tak diterima pernikahannya dengan Rahul.

Yash sangat kecewa hingga mengungkit masa lalu. Mengingkari ucapannya sendiri yang tak akan membicarakan lagi asal muasal Rahul. Rasa lecewa Yash membuatnya mengeluarkan kata-kata yang menyakiti Rahul hingga Rahul pun sedih. Rahul merasa ia tak lagi dianggap anak di keluarga Raichan. Rahul pun pergi bersama Anjeli. Meninggalkan rumah dan keluarga yang telah membesarkannya dengan penuh cinta.

Kepergian Rahul membuat ibu sangat terpukul. Kesedihan seorang ibu yang kehilangan anak dan dipisahkan begitu saja. Ibu yang kemudian menjadi sangat murung. Bahkan seluruh keluarga menjadi sangat sedih.

Kembali ke masa sekarang

Setelah mendengar kisah kepergian kakaknya, Rohan pun bertekad membawa kembali Rahul. Rohan mencari Rahul hingga ke Inggris dan menemukannya. Rohan bekerja sama dengan Pooja, adik dari Anjeli. Mereka mempertemukan ayah, ibu, dan Rahul. Pertemuan yang sangat memgharukan antara ibu dan Rahul. Namun, semua sirna saat melihat ayah. Rahul pergi, begitupun ayah yang kecewa karena merasa dibohongi oleh Rohan.

Perdebatan pun terjadi antara Rohan dan ayah. Sikap ayah menunjukkan bahwa ia masih sangat menyayangi anak sulungnya, Rahul. Keyakinan ini membuat Rohan tak ingin berhenti membawa kakaknya kembali pulang. Hingga terdengar kabar duka bahwa nenek telah meninggal dunia. Nenek ingin sekali bertemu dengan Rahul sampai akhirnya ajal menjemput.

Saat upacara kematian nenek, Rahul pun datang. Adegan demi adegan berikutnya sangat menguras air mata. Tak henti kita disajikan adegan penuh haru dan juga cinta. 

Cinta ayah pada anaknya melebihi rasa kecewanya. Cinta anak pada ayahnya pun lebih besar dari apapun di dunia. Cinta inilah yang membuat semua pertahanan kecewa luluh. Pelukan rindu antara ayah dan Rahul menjadi hancurnya benteng keangkuhan yang selama ini berdiri.

Keluarga Raichan kembali utuh. Keluarga yang hangat dan penuh cinta telah kembali memenuhi rumah mereka. Film terlaris ini ditutup dengan upacara pernikahan Rohan dan Pooja. Ya, mereka menjalin kasih dan berjuang bersama mempersatukan keluarga. Mereka yang berhasil merangkul semuanya.

Khabi Khusi Khabi Gham

Kadang suka, kadang Duka

Begitulah perjalanan kehidupan ini, selalu ada cerita dan kenangan.


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta