√Menggali Potensi di Kampung Ananda
Header catatantirta.com

Menggali Potensi di Kampung Ananda

Dokumentasi Pembukaan Kampung Ananda

Bismillah,

Setiap ibu ingin melihat anaknya tumbuh dan berkembang dengan segala kebaikan. Begitupun saya yang ingin sekali mengetahui berbagai potensi diri yang ada pada sulung. Tujuannya adalah agar dapat memberi arahan dan fasilitas yang tepat untuk kemajuannya di masa datang.

Berbinarnya saya ketika ada informasi tentang kegiatan untuk anak di Kampung Komunitas. Kegiatan tersebut adalah terkait dunia anak yang diwadahi dalam Kampung Ananda. Kegiatan ini dikhususkan untuk anak-anak dari member Ibu Profedional di seluruh Indonesia, bahkan mancanegara. 

Kehadiran Kampung Ananda di Komunitas Ibu Profesional bertujuan sebagai wadah atau tempat anak-anak untuk bermain dan menjelajah berbagai bidang ilmu dan kreatifitas. Kegiatan di Kampung Ananda akan berlangsung selama satu tahun. Ya, dua belas bulan yamg sudah terbayang akan penuh dengan keseruan dan juga kejutan.

Tema yang pertama kali diangkat di Kampung Ananda adalah STEAM yaitu Sains, Technology, Enginering, Art, and Mathematics. Tanpa ragu saya langsung mendaftarkan sulung melalui form pendaftaran yang telah dilampirkan oleh panitia. Ketika mengisi form pendaftaran, saya mengalami kesulitan meng-upload sertifikat Kampung Komunitas. Lalu dengan bantuan teman dari IP Bekasi, akhirnya bisa mendaftar tepat waktu. Terima kasih ya, mba Ing.

Setelah proses pendaftaran selesai, tak lama kami mendapat pemberitahuan terkait keberhasilan mendaftar. Baru beberapa hari kemudian, datang juga email yang berisi link whatsapp grup khusus untuk Play Ground di Kampung Ananda. Wag ini bertujuan agar kami para orangtua dapat saling berkomunikasi dan berdiskusi ketika mendampingi anak-anak bermain bersama di Kampung Komunitas.



Tak lupa kami mewakili anak-anak untuk memperkenalkan diri mereka dengan melampirkan twibbon dari tim Kampung Ananda. Saling sapa dan salam kenal membuat kami terasa lebih dekat dan akrab. Selain sesi perkenalan, ada tata tertib yang disampaikan oleh tim Kampung Ananda. Kami para member harus menaatinya agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan bahagia.

Tibalah saatnya Launching Kampung Ananda yang diadakan pada hari sabtu, 29 Januari 2022, pukul 10.00 wib. Pembukaan resmi Kampung Ananda ini dipandu oleh para Chapterone. Chapterone adalah sebutan untuk para pendamping atau penjaga di Kampung Ananda yang akan menemani selama bermain dan menjelajahi Kampung Ananda.

Launching Kampung Ananda berjalan lamcar. Anak-anak sangat antusias menyimak dan mengikuti setiap sesi dalam acara tersebut. Mereka juga tertib sehingga acara yang diadakan dengan media Zoom tersebut berjalan lancar dan sukses.

Nah, aktifitas menggunakan Zoom ini merupakan hal yang tidak biasa bagi sulung. Meski sebelumnya sudah sering melihat saya meetingg zoom dan juga ia pernah melakukannya, tetapi sulung masih merasa sungkan dan canggung. Bukan karena tidak bisa menggunakan aplikasi Zoom, tetapi lebih pada rasa percaya dirinya yang belum terbentuk saat berhadapan dengan banyak orang yang belum dikenal. Perlu ada waktu penjajakan agar sulung mulai percaya diri dan santai ketika berinteraksi dengan orang lain yang baru pertama kali ditemui. Meski mereka adalah anak-anak sebaya dengannya, namun sulung masih menjadi pemerhati dan mencoba menyesuaikan diri.

Saya merasa ini sebuah respon yang wajar. Akan tetapi, perlu diasah agar sulung dapat meningkatkan rasa percaya dirinya sehingga dapat bergaul dan bermain dengan bahagia.

Terima kasih tim Kampung Ananda.

Semangat untuk satu tahun kedepan.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta