√BUMI ( Review Buku )
Header catatantirta.com

BUMI ( Review Buku )



Bismillah

Buku yang akan saya ceritakan ini adalah novel fiksi yang sejatinya diperuntukkan bagi remaja.  Namun, novel yang disebut sebagai Serial Bumi ini, sangat menarik bagi saya yang sudah memiliki dua orang putri. Sang penulis sangat mahir menggambarkan situasi yang sedang terjadi sampai-sampai imajinasi tingkat tinggi yang tak.pernah terpikirkan.

Baik, berikut data utama dari buku ini.

Judul                      : Bumi

Penulis                  : Tere Liye

Tahun terbit         : 2014

Penerbit                : PT. Gramedia Pustaka Utama

Nomor ISBN         : 978620332956

Jumlah halaman : 440 halaman

Harga Buku          : Rp. 103.000;00

Siapa yang tidak kenal seorang penulis hebat bernama Tere Liye? Sayang sekali jika belum mengenal beliau.

Tere Liye bukanlah nama sebenarnya, itu adalah na pena. Nama asli Terw Liye adalah Darwis. Beliau kelahiran tanah Sumatera pada tahun 1979. Sejak tahun 2005, beliau menggeluti dunia kepenulisan dan telah melahirkan puluhan buku hingga sekarang.

Buku berjudul BUMI ini merupakan buku pertama dari serial Bumi. Buku bergenre fiksi ini sebenarnya dipersembahkan untuk remaja dengan rentang usi di atas 13 tahun. Namun, buku ini banyak disukai oleh orang dewasa usia puluhan seperti saya. Banyak teman seusia saya yang membaca serial Bumi ini hingga tak sabar unuk terus mengikuti buku laknjutannya. Hal ini membuktikan bahwa buku ini sangat menarik dan wajib bertengger di rak buku koleksi kamu semua.

Berawal dari tokoh utama bernama Raib. Seorang remaja perempuan berusia 15 tahun yang baru saja menginjak kelas X atau disebut juga kelas 1 SMA. Raib terlihat seperti remaja perempuan pada umumnya. Raib remaja yang agak pemalu. Penampilannya sederhana dengan rambut panjang memghiasi wajah caniknya. Ia memiliki keluarga yang bahagia. Seorang mama dengan keterampilan mengurus rumah tangga yang cekatan. Semua pekerjaan rumah mampu diselesaikan dengan baik. Menyajikan masakan lezat yang selalu ditunggu di meja makan. Tak kalah hebat dari mama, Raib memiliki seorang papa dengan kesibukan sebagai pekerja di sebuah perusahaan. Papa yang selalu ceria dan sering menasehati Raib melalui berbagai cerita yang diungkapkan ketika mengantar Raib ke sekolah.

Namun, di balik kehidupan Raib yang berjalan biasa saja, ada yang spesial dari Raib yaitu ia bisa menghilang. Ya, Raib bisa menghilanh. Tubuhnya menjadi tak kasat mata ketika Raib menangkupkan kedua tangannya ke wajah. Peristiwa ini sudah terjadi ketika Raib berusia dua tahun. 

Bagaimana reaksi orangtuanya ketika Raib menutup wajah dengan kedua tangannya untuk menghilang? Ini hal yang tak terduga, kalian akan tahu ketika membaca bukunya. Hehehehe.

Selain kemampuan menghilang, Raib juga memiliki kucing spesial. Dua ekor kucing yang diberi nama si Putih dan si Hitam. Kedua kucing tersebut didapatkan ketika Raib berulang tahun yang ke sembilan. Anehnya, kedua orangtua Raib hanya melihat satu ekor kucing saja. Sedangkan satu lainnya tak pernah dianggap ada. Kecuali Raib yang sangat yakin bahwa ia memiliki dua ekor kucing yaitu si Putih dan si Hitam.

Keseruan novel fiksi ini dimulai ketika Raib lupa membawa buku PR Matematikanya. Hukuman dari miss. Selena selaku guru matematika yang tegas tak dapat dihindari.  Sialnya Raib dihukum bersama dengan murid lain yang bernama Ali. Sosok Ali yang tak pernah serius mengikuti pelajaran, pakaian yang tak rapi dan rambut yang selalu berantakan. Namun jangan salah, bahwa sejatinya Ali adalah murid paling pandai di sekolah. Ali akan menjadi salah satu teman baik Raib yang akan selalu berada di dekat Raib selama seri Bumi berlangsung.

Selain Ali, Raib memiliki teman satu meja yang bernama Seli. Bukan cuma teman satu meja, Seli adalah teman terbaik Raib. Teman yang rela mempertaruhkan dirinya demi melindungi Raib. Tak akan membiarkan Raib dalam kesusahan apapun itu. Seli juga punya kemampuan yang tak terpikirkan sebelumnya. Kekuatan yang akan terus berkembang seiring berjalannya petualangan bersama Raib dan Ali. Ya, Raib, Seli, dan Ali menjadi teman sepetualangan sepanjang serial Bumi ini.

Berawal dari kedatangan sosok misterius yang muncul di sekolah, di rumah, dan juga kejadian runtuhnya gardu listrik yang tak terduga. Disusul dengan kehadiran Miss. Selena yang nantinya akan menjadi penuntun dan juga pelindung Raib.

Buku Bumi menceritakan bahwa di dunia ini bukan hanya manusia biasa yang hidup. Tetapi ada dunia lain yang berjalan beriringan meski tak terlihat. Petualang ke dunia lain dituangkan dalam perjalan Raib dan teman-temannya menembus dunia yang berbeda. Dunia atau yang disebut dengan Klan yang menjadi tempat tinggal bagi makhluk lainnya. Klan yang menjadi tempat tinggal Raib, Seli, dan Ali adalah Klan Bumi. Mereka akan berpetualang ke Klan lain dengan banyak peristiwa tak terduka.

Seperti apa keseruan petualangan Raib, Seli, dan Ali ke berbagai Klan? 

Ayo, segera baca buku Bumi dan jelajahi Klan lain.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta